SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama
/ No. absen : 13
– 09 - 2012
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kompetensi Dasar : 1.1.Mendiskripsikan
Negara Kesatuan Republik Indonesia
1.2.Menjelaskan
pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Uji Kompetensi : 1
Kelas / Semester : V / 1
|
Nilai
|
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c,
atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berbentuk ….
a. kepulauan
|
b. benua
|
c. daratan
|
d. lautan
|
2. Perbedaan antarsuku di
Indonesia apabila tidak dijaga akan menimbulkan ….
a. kebahagiaan
|
b. konflik
|
c. kesedihan
|
d. perdamaian
|
3. Kemerdekaan bangsa Indonesia diraih berkat adanya ….
a. keprihatinan yang tinggi
|
c. dendam kepada penjajah
|
b. persatuan dan kesatuan
|
d.
penderitaan bangsa Indonesia
|
4. Bangsa kita memberi
kesempatan budaya bangsa lain untuk masuk dengan cara ….
a. disenangi dan cocok
|
c. berasal dari negara Timur
|
b. sesuai kepribadian kita
|
d. dapat
memajukan bangsa
|
5. Ciri negara yang mempunyai ketahanan yang kuat adalah ….
a. mempunyai TNI dan Polri
|
c. rakyatnya bersatu
|
b. banyak suku bangsa
|
d. rakyatnya kaya
|
6. Memelihara ketahanan nasional
diawali dengan ketahanan ….
a. orang perorang
|
c. generasi mendatang
|
b. generasi pendahulu
|
d.
golongan pergolongan
|
7. Ketahanan nasional tercipta karena kita memegang teguh pada kebenaran
dan ….
a. kekuasaan
|
b. keserakahan
|
c. kehormatan
|
d.
keadilan
|
8. Agar masyarakat aman dan tenteram, maka semua warga masyarakat harus
taat ….
a. kepada pemuka agama
|
c. kepada aturan yang berlaku
|
b. kepada pejabat setempat
|
d. kepada
pemuka masyarakat
|
9. Negara Kesatuan Rebuplik
Indonesia terbentuk pada tanggal ….
a. 17 Agustus 1945
|
b. 17 Agustus 1954
|
c. 18 Agustus 1945
|
d. 18
Agustus 1954
|
10. Gerakan pemberontakan yang
dilakukan oleh Partai Komunis disebut ….
a. RMS
|
b. GAM
|
c. G30S/PKI
|
d. PRRI
|
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
11. Apakah yang dimaksud dengan
negara?
12. Bagaimanakah terjadinya
Negara Kesatuan Republik Indonesia?
13. Sebutkan ciri-ciri suatu bangsa!
14. Sebutkan 5 fungsi yang sesuai dengan negara Indonesia
menurut E. Mirriam Budiardjo!
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama
/ No. absen : 10
– 09 - 2012
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar : 1.1.
Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang,
nelayan, karyawan dll) dengan
memperhatikan santun berbahasa.
1.2. Mengidentifikasi unsur cerita tentang rakyat yang didengarnya
|
Uji Kompetensi :
1
Kelas / Semester : V / 1
|
Nilai
|
I. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1.
Penulisan
judul Karangan yang benar adalah ….
a. Seminggu di Telaga Biru c. Seminggu di telaga biru
b. Seminggu Di Telaga Biru d. Seminggu Di telaga Biru
2. Pencemaran udara disebabkan
oleh ... .
a. hujan b. pelangi c. burung-burung d. asap kendaraan bermotor
3. Yang bukan merupakan cara menjaga kebersihan lingkungan adalah ... .
a. menguras bak kamar mandi b. meludah sembarangan
c. membuang sampah pada tempatnya d. menyapu halaman
4. Tanda seru digunakan dalam
kalimat ... .
a. tanya b. perintah c. pengandaian d. negatif
5. Dongeng tentang kehidupan binatang disebut ... .
a. fabel b. legenda c. mitos d. hikayat
6. Berikut ini merupakan kata tidak baku, kecuali ....
a. narasumber b. nara pidana c. nara sumber d. surat ijin
7. Lingkungan yang bersih tidak
mengakibatkan ... .
a. sakit b. sehat c.
bahagia d. segar
8.
Dengan
semangat yang tinggi, ia membanting tulang menggali parit di lereng bukit.
Arti dari ungkapan membanting
tulang adalah ….
a.
Bekerja
menggali parit b. Bekerja keras c. Bekerja sendiri d.
Bekerja kuat
9.
Penulisan kata
depan di bawah ini yang benar adalah ….
a.
Ibu membeli
ikan di pasar c. Bapak bekerja di
sawah
b.
Bibi membeli
baju ditoko d. Baju adik di jual
oleh ibu.
10.Penulisan bilangan yang tepat terdapat pada ….
a.
Rp2.500,00 b. Rp.2.500,- c.
Rp. 2.500,- d.
Rp. 2.500,00
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
1.
Apa yang dimaksud tokoh antagonis ?
2. Sebutkan 4 unsur yang ada pada cerita !
3.
Bapak kepala
desa turun tangan menjaga keamanan desa.
Makna ungkapan turun tangan dalam kalimat di atas adalah ..........
Makna ungkapan turun tangan dalam kalimat di atas adalah ..........
4. Tuliskan 3 pertanyaan apabila kita menemui nara sumber
petani !
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama
/ No. absen : 10
– 09 - 2012
Mata Pelajaran : Matematika
Kompetensi Dasar : 1.1.Melakukan
operasi hitung bilangan bulat, …
1.2.Menggunakan faktor prima …
1.3.Melakukan
operasi hitung campuran
1.4.Menghitung perpangkatan dan
akar
1.5.Menyelesaikan masalah …
|
Uji Kompetensi : 1
Kelas / Semester : V / 1
|
Nilai
|
I. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1.Secara umum sifat komutatif pada penjumlahan dapat
ditulis ....
a. a x b = b x a
b. a – b = b – a c. a + b
= b - a d. a : b = b : a
2. 5 x ( 13 + 27 ) = ( 5 x 13 ) + ( 5 x n ), n adalah
....
a. 27 b. 13 c. 23 d. 5
3. Taksiran ke puluhan terdekat dari 29 + 44 adalah
....
a. 60 b. 70 c. 80 d. 90
4. 9,3 dibulatkan ke satuan terdekat menjadi ....
a. 10 b. 9,2 c.
9,1 d. 9
5. Taksiran terdekat untuk 43 x 28 adalah ....
a. 800
b. 100 c.
1100 d. 1200
6. Berikut ini
yang merupakan bilangan prima adalah ....
a. 32 b.
22 c. 12 d. 2
7. Faktor prima
dari 75 adalah ....
a. 3 dan 5 b. 2 dan
3 c. 2 dan 5 d. 5 dan 7
8. Faktorisasi
prima dari 450 adalah ....
a. 2 x 3 x5 b. 2 x
32 x 5 c.
2 x 3 x52
d. 2 x 32 x52
9. FPB dari 12,
16, dan 20
a. 2 b. 4 c. 6 d. 8
10. KPK dari 12 dan 15 adalah ....
a. 45
b. 60 c. 120 d.
180
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
11. Membilang loncat dua-dua dari -5 sampai dengan 7,
bilanganbilangan yang disebutkan adalah . . . .
12. Kemarin suhu udara di kota A adalah 7°C. Hari ini suhu
udara di kota A turun 12°C.
Berapa suhu udara hari ini?
13. Kemarin suhu udara di kota B adalah -4°C. Hari ini suhu udara di kota B
menjadi -10°C.
a. Naik atau turunkah suhu udara di kota B?
b. Berapakah perubahan suhu udara itu?
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama / No.
absent : 15
– 09 - 2012
Mata Pelajaran : Ilmu pengetahuan Alam
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan
manusia
1.2. Mengidentifikasi fungsi pernapasan
hewan …
1.3. Mengidentifikasi fungsi
organ pencernaan …
1.4. Mengidentifikasi organ
peredaran darah manusia
1.5. Mengidentifikasi gangguan pada organ
peredaran …
|
Uji Kompeyensi : 1
Kelas/Semester : V / 1
|
Nilai
|
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c,
atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Kita bernapas menghirup . . .
.
a. oksigen b. karbon dioksida c. hemoglobin d. uap air
2. Hidung merupakan salah satu alat pernapasan yang berfungsi . . . .
a. sebagai tempat penyaringan
udara
b. sebagai tempat keluar masuknya
udara
c. untuk saluran udara pernapasan
d. untuk menyerap oksigen
3. Rambut hidung dan selaput
lender berguna untuk . . . .
a. menyaring udara yang
masuk b.
mengikat oksigen
c. membasahi pangkal
tenggorok d.
mengeluarkan kotoran
4. Cabang-cabang bronkus disebut . . . .
a. bronkiolus
b. faring c.
trachea d.
paru-paru
5. Ujung bronkiolus yang
merupakan kantung berdinding tipis disebut . . . .
a. bronkus
b. trachea c.
alveolus d. batang tenggorok
6. Pertukaran udara
pernapasan pada manusia berlangsung di dalam . . . .
a. bronkiolus
b. bronkus c.
alveolus d.
trakhea
7. Gangguan
pernapasan yang dapat disebabkan oleh udara yang tercemar yaitu . . . .
a. bronkitis
b. asma c.
TBC d.
influenza
8. Gangguan pernapasan yang
disebabkan oleh virus, yaitu . . . .
a. asma b.
polip c.
influenza d. sesak
napas
9. Pertukaran udara pernapasan
pada ikan terletak pada . . . .
a. tutup insang b. lembar-lembar insang c. daun insang d. mulut
10.Cacing bernapas menggunakan .
. . .
a. paru-paru b. insang c. trakhea d. kulit
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
11. Ujung bronkiolus berupa
kantung berdinding tipis disebut . . . .
12. Pangkal tenggorokan disebut .
. . .
13. Otot yang membatasi rongga
perut dan rongga dada disebut . . . .
14. Percabangan bronkus disebut .
. . .
15. Gangguan pernapasan karena penyempitan saluran
pernapasan disebut . . . .
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama / No.
absen : 13
– 09 - 2012
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kompetensi Dasar : 1.1.
Mengenal makna peninggalan …
1.2. Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada
masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
|
Uji Kompeyensi : 1
Kelas / Semester : V / 1
|
Nilai
|
I. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1.
Kerajaan Hindu tertua
di Indonesia adalah kerajaan . . . .
a. Majapahit
b. Kutai c. Mataram lama d. Singasari
2. Berikut ini candi peninggalan Agama Hindu
adalah candi . . .
a. Prambanan
b. Muaran Takus c. Pawon d.
Tikus
3. Candi
Borobudur salah satu peninggalan sejarah Agama . . .
a. Hindu b. Animisme c. Budha d. Kong hu cu
4. Di
Sriwijaya terdapat perguruan tinggi agama Budha , maha guru yang terkenal adalah . . . .
a. I Tsing b.
Sakyakirti c.
Dapunta Hyang d. Putra Dewa
5. Mapandes
adalah upacara potong . . . .
a. gigi b. Rambut c. kuku d. Tumpang
6. Bhineka
Tunggal Ika diambil dari kitab . . . .
a. Arjuna
Wiwaha b. Negara Kertagama c. Sotasoma d.
Barata Yuda
7. Kitab
Bustan Al Salatin yang berisi riwayat
sultan – sultan Aceh di karang oleh ....
a. Nuruddi
ar roini b. Sunan Giri c. Nurul ar roini d. Nuruddin
8. Kerajaan
Islam pertama di Indonesia adalah . . . .
a. Goa tallo b.
Demak c. Samodra Pasai d. Banten.
9. Raden Mas
Syahid adalah nama asli dari . . . .
a. Sunan
Ampel b. Sunan Klijaga c. Sunan Giri d. Sunan Bonang.
10. Masfid
Baiturrahman Aceh dibangun oleh . . . .
a. Sultan Riyat Syah b.
Sultan Malik Al Saleh c. Sultan Ahmad d.
Sultan Iskandar Muda.
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban
yang tepat !
11.
Sebutkan 3 candi
peninggalan Budha !
12.
Prasasti
Ciaruteun merupakan salah satu
peninggalan kerajaan . . .
13.
Candi
Prambanan disebut juga candi . . . .
14.
Patung Prajna
paramita sebagai perwujudan dari . . . .
15. Sebutkan nama tiga dewa yang tergabung dalam Trimurti !
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama
/ No. absen : 04 – 10 - 2012
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kompetensi Dasar :
1.3.Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI
|
Uji Kompetensi :
2
Kelas / Semester : V / 1
|
Nilai
|
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c,
atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Secara astronomis Indonesia
terletak pada ....
a. 6o LU – 11 o LS dan 95 o BT – 141o BT
b. 6o LU – 11 o LU dan
95 o BT – 141o BT
c. 6o LU – 11 o LS dan 65 o BT
– 141o BT d. 6o LS – 11 o LS
dan 95 o BT – 141 o BT
2. Wilayah ujung utara
Indonesia ialah ....
a. Merauke b. Sabang c. Gorontalo d. Sangihe dan Talaud
3. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Hal
ini tertulis dalam UUD 1945 pasal ....
a. 1 ayat 1
b. 4
ayat 1 c. 1 ayat 2 d. 2 ayat 2
4. Batas wilayah Indonesia diukur sejauh 12 mil dari garis pangkal
adalah salah satu isi ....
a. Deklarasi Djuanda b. Konvensi Hukum Laut Internasional
c. Hukum Laut Hindia Belanda d.
Zona Ekonomi Eksklusif
5. Ketahanan nasional merupakan daya tahan suatu negara untuk menghadapi
....
a. kudeta negara b. pemberontakan c. ancaman dan gangguan d. musuh negara
1. Lagu “Indonesia Raya”
diciptakan oleh ….
a. L. Manik b. Ibu Kasur c. W. R. Soepratman d. C. Simanjuntak
2. Lagu “Indonesia Raya”
menggambarkan tentang ….
a. Persatuan dan kesatuan bangsa
Indonesia b. Keindahan Negara
Indonesia
c. Perjuangan merebut kemerdekaan d. Rasa syukur atas
nikmat kemerdekaan
3. Kemerdekaan Indonesia
merupakan ….
a. Hadiah dari penjajah Jepang b.
Hasil perjuangan bangsa Indonesia
c. Hasil perjuangan dan rahmat
Tuhan Yang Maha Esa d. Anugerah
Tuhan Yang Maha Esa
4. Titik kulminasi sejarah
perjuangan bangsa Indonesia dalam mendirikan negara ditandai dengan ….
a. Sumpah Pemuda b. Pancasila c. Proklamasi d. UUD 1945
5. Pentingnya bersatu ditunjukkan
pada ….
a. Tiada gading yang tak
retak b. Bersatu kita
teguh bercerai kita runtuh
c.
Bhinneka Tunggal Ika d.
Bercermin di kaca retak
II.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1.
Untuk menjaga
keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah dengan ….
2. Tentara Nasional Indonesia (TNI) terdiri atas angkatan
…, …, dan ….
3. Sebagai pelajar, untuk mengisi kemerdekaan adalah
dengan ….
4.
Sumpah Pemuda dikumandangkan pada tanggal ….
5.
Teks Sumpah Pemuda itu berisi tentang satu …, …, dan ….
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN
PENILAIAN
Nama / No. absen : 05
– 10 - 2012
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Uji Kompetensi :
2
Kompetensi Dasar : 2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya
2.2
Menceritakan hasil pengamatan/ kunjungan dengan bahasa runtut, baik, dan
benar
2.3. Berwawancara
sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dll) dengan
memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
|
Uji Kompetensi :
2
Kelas / Semester : V /1
|
Nilai
|
I. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Salah satu hal penting
yang harus dipersiapkan oleh pewawancara sebelum melakukan kegiatan wawancara,
yaitu ....
a. makan yang banyak b. tidur
c. menyusun jawaban d. menyusun daftar pertanyaan
2. Berikut ini merupakan bentuk perubahan raut muka saat membaca puisi, kecuali
....
a. marah b.
gembira c.
meloncat d. sedih
3. Puisi “Perjalanan” sebaiknya
dibaca dengan ekspresi ....
a. sedih b.
riang c. gembira d.
senang
4. Kegiatan membaca dan mendengarkan rata-rata untuk mendapat-kan . . . .
a. informasi b.
kesenangan c.
kesengsaraan d. kesusahan
5. Menulis karangan biasanya
didahului dengan pembuatan . . . .
a. puisi b. daftar pusta
c. kerangka karangan d. daftar isi
6. Penggunaan kata hubung tetapi
yang paling tepat yaitu ....
a. Andi murid yang pandai tetapi
tidak sombong.
b. Pak Udin orang kaya tetapi
mobilnya rusak.
c. Rini belajar matematika,
tetapi Anton belajar sejarah.
d. Pita murid kelas lima,
tetapi rumahnya jauh.
7. Berikut ini merupakan tanggapan terhadap penjelasan tokoh, kecuali
. . . .
a. nasihat b.
saran c. kritik d.
mendiamkan
8. Tolong, ada pencuri! Kalimat
tersebut diucapkan dengan intonasi ....
a. biasa b.
tinggi c. sedang
d. rendah
9. Gunakan sabuk pengaman saat mengendarai mobil! Kalimat tersebut termasuk
bentuk kalimat ....
a. perintah b.
Tanya c. langsung d. anjuran
10. Ketepatan tinggi rendahnya
suara atau lagu kalimat disebut ....
a. not b.
lafal c. intonasi d.
teks
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
1. Wawancara adalah ….
2. Supaya wawancara dapat berjalan lancar, pewawancara harus menyusun
daftar ….
3. Memparafrasakan cerita berarti
mengubah cerita menjadi ….
4. Kata tetapi digunakan untuk menyatakan … dari kalimat awalnya.
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama
/ No. absen : 05
– 10 – 2012
Mata Pelajaran :
Matematika
Kompetensi Dasar : 2.1.Menulis
tanda waktu dengan mengguna-
kan notasi 24 jam
2.2.Melakukan operasi hitung
satuan waktu
2.3.Melakukan pengukuran sudut
2.4.Mengenal satuan jarak dan kecepatan
2.5.Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak dan kecepatan
|
Uji
Kompetensi : 2
Kelas
/ Semester : V / 1
|
Nilai
|
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang
tepat !
1.
Pukul 16 sama dengan pukul … sore
a.
2 b. 4 c. 3 d. 5
2.
Pukul 2 siang sama dengan pukul ….
a.
12 b. 14 c. 13 d.
24
3.
Waktu tengah malam adalah pukul ….
a.
24 b. 13 c. 22 d.
10
4.
30 menit = … detik
a.
180 b. 1800 c. 60 d. 900
5.
3 jam = … menit
a.
90 b. 900 c. 180 d.
1800
6. 2 jam + 15 menit + 1800 detik
= … menit
a. 1827 b.
1835 c. 1817 d. 165
7. 2 dasawarsa + 3 windu + 12 bulan = … tahun
a. 17 b.
35 c.
242 d.
45
8. 1 abad + 5 dasawarsa + 2 windu = … tahun
a. 166 b. 180 c.
128 d.
107
9. Sudut yang besarnya kurang
dari 900 disebut sudut ….
a. siku-siku b. tumpul c. lancip d.
sama sisi
10. Umur kakek katanya sudah setengah abad lebih 4 windu. Berapa tahun
sebenarnya umur kakek?
a. 140 tahun c. 28 tahun c. 120 tahun d. 82
tahun
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
1.
Pukul 15 sore sama dengan pukul ….
2.
4 dasawarsa + 1 windu + 24 bulan = … tahun.
3.
2 abad + 6 dasawarsa + 1 windu = … tahun.
4.
Sudut yang besarnya kurang dari 900 disebut sudut ….
5. 4 tahun + 4 semester + 3 caturwulan = … tahun
SDN MOJOJEJER II MOJOWARNO
JOMBANG
INSTRUMEN
PENILAIAN
Nama / No.
absent : 13
– 10 - 2012
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kompetensi Dasar : 2.1. Mengidentifikasi cara
tumbuhan hijau membuat makanan
2.2. Mendeskripsikan
ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
|
Uji Kompeyensi : 2
Kelas / Semester : V / 1
|
Nilai
|
I. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Bagian sel tumbuhan yang mengandung zat hijau daun disebut
….
a. kloroplas b. klorofil c.
kloroform d.
klorin
2. Sagu menyimpan cadangan
makanan di dalam ….
a. buah b. biji c.
umbi d. batang
3. Bahan utama fotosintesis
tumbuhan hijau adalah ….
a. air dan karbon dioksida c.
oksigen dan karbon dioksida
b. air dan karbohidrat d.
air dan karbohidrat
4. Hasil fotosintesis
dimanfaatkan oleh ….
a. semua bagian tumbuhan b. akar c.
batang d.
daun
5. Dalam fotosintesis, cahaya
matahari berfungsi sebagai ….
a. penerangan b. sumber energi c. pemanas d. penunjuk waktu
6. Tumbuhan yang menyimpan cadangan
makanan di dalam umbi adalah ….
a. pisang b. anggur c.
bawang merah d. kacang
kedelai
7. Bagian tumbuhan yang bertugas
menyerap air dari dalam tanah adalah .…
a. ujung akar b. ujung batang c. rambut akar d. ujung daun
8. Kacang tanah menyimpan cadangan makanan di dalam ….
a. batang b. biji c.
buah d.
umbi
9. Secara alami, fotosintesis
terjadi pada waktu .…
a. sepanjang hari b. pagi hari c. siang hari d. malam hari
10.Berikut ini adalah tumbuhan yang tunasnya dimanfaatkan sebagai sayuran
adalah ….
a. bambu b. kol c.
sawi d. papaya
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
11. Proses fotosintesis
menghasilkan … dan ….
12. Bagian daun yang menjadi
tempat keluar masuknya udara disebut ….
13. Air dari dalam tanah
diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan melalui ….
14. Hasil fotosintesis diedarkan
ke seluruh bagian tumbuhan melalui ….
15. Wortel dan kentang menyimpan cadangan makanan di
dalam ….
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama / No.
absen : 04 – 10 - 2012
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar : 1.3. Mengenal keragaman kenampakan alam &
buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan mgunakan peta/atlas/
globe dan media lainnya
|
Uji Kompetensi
: 2
Kelas / Semester : V/1
|
Nilai
|
I. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Padang rumput alami yang
baik untuk peternakan umumnya terdapat di daerah ... .
a. Nusa Tenggara Timur b. Jawa
Barat c. Sumatera
Selatan d. Papua
2. Teluk Bayur adalah pelabuhan
yang terdapat di Provinsi ... .
a. Kalimantan Barat b. Sulawesi Barat c. Jawa Barat d. Sumatra Barat
3. Sungai terpanjang di Pulau
Sumatra, adalah ... .
a. Sungai Asahan b. Sungai Siak c. Sungai Musi d. Sungai Batanghari
4. Gunung tertinggi di Pulau
Jawa, adalah Gunung ... .
a. Tangkuban Perahu b. Merbabu c. Merapi d. Semeru
5. Cagar Alam Kawah Ijen terdapat
di Provinsi ... .
a. Jawa Timur b. Jawa Barat c. Jawa Tengah d. Yogyakarta
6. Petani tadah hujan mulai
menanam padi pada awal musim ... .
a. kemarau b. hujan c.
semi d. gugur
7. Garis katulistiwa melewati
kota ... .
a. Medan b. Pontianak c.
Jakarta d.
Greenwich
8. Banyaknya uap air yang
terkandung di udara, disebut ... .
a. kelembaban udara b. suhu udara c. tekanan udara d. temperatur udara
9. Angin yang bertiup dari laut
ke darat disebut angin ... .
a. laut b. darat c.
pantai d.
malam
10. Industri yang sangat
tergantung pada cahaya matahari adalah ... .
a. pembuatan garam c.
pembuatan barang elektronik
b. pembuatan pupuk d. pembuatan pakaian
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
1. Di Indonesia ada dua musim,
yaitu ... dan ... .
2. Warna biru pada peta
menunjukkan tempat itu adalah ... .
3. Danau terbesar di Indonesia
adalah Danau ... .
4. Pulau terbesar di Indonesia
adalah Pulau ... .
5. Lapangan terbang Ngurah Rai terdapat di ... .
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama
/ No. absen : 08
– 11 - 2012
Mata Pelajaran
: Pendidikan
Kewarganegaraan
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengenal
bentuk-bentuk keputusan bersama
|
Uji Kompetensi
: 3
Kelas / Semester : V / 1
|
Nilai
|
I. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1.
Kekuasaan membentuk undang-undang disebut kekuasaan ….
a. eksekutif
|
b. legislatif
|
c. yudikatif
|
d. eksaminatif
|
2.
Peraturan yang dibuat oleh pemerintah pusat disebut ….
a. peraturan pusat
|
b. peraturan wilayah
|
c. peraturan daerah
|
d. peraturan desa
|
3. Pemerintah membentuk lembaga
yang menangani kasus korupsi, yaitu Komisi Pemberantas Korupsi melalui UU No.
….
a. 30 tahun 2002
|
b. 31 tahun 2002
|
c. 32 tahun 2002
|
d. 33 tahun 2002
|
4. Setiap warga terikat oleh
peraturan perundang-undangan, karena Negara Indonesia adalah negara hukum
sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 pasal … ayat ....
a. pasal 1 ayat 1
|
b. pasal 1 ayat 3
|
c. pasal 1 ayat 2
|
d. pasal 1 ayat 4
|
5. Orang yang melanggar peraturan akan mendapatkan ….
a. hadiah
|
b. piala
|
c. sanksi
|
d. pujian
|
6. Peraturan daerah terdiri atas
peraturan daerah tingkat provinsi dan peraturan daerah tingkat ….
kabupaten/kota
a. kabupaten/desa
|
b. kecamatan/desa
|
c. kabupaten/kota
|
d. kota / desa
|
7. Perda artinya ….
a. perang dagang b. peraturan daerah c. pemerintah daerah
d. peraturan dagang
8. Kepala daerah menetapkan
peraturan daerah atas persetujuan ….
a. rakyat
|
b. DPRD
|
c. MPR
|
d. DPD
|
9. Tempat bagi pejalan kaki
disebut ….
a. zebra cross
|
b. trotoar
|
c. etalase
|
d. halte
|
10.Pemakaian seragam di sekolah selain menanamkan jiwa persatuan juga
menanamkan sikap ….
a. keteladanan
|
b. kesederhanaan
|
c. kebanggaan
|
d. keadilan
|
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
11. Pemerintahan kabupaten dipimpin oleh seorang ….
12. Gubernur adalah pemimpin dari pemerintahan ….
13.
Keputusan keluarga dilaksanakan oleh ....
14. Kelengkapan yang harus dibawa oleh pengendara kendaraan bermotor
adalah ….
15. Tidak berbohong merupakan salah satu contoh pelaksanaan norma ….
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama
/ No. absen : 16
– 11 - 2012
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Uji Kompetensi :
2
Kompetensi Dasar : 3.1.Membaca teks percakapan
dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.2 Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75
kata per menit
3.3.Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat
|
Uji Kompetensi :
3
Kelas / Semester : V /1
|
Nilai
|
I. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Ragam kegiatan membaca
dalam hati yang dilaksanakan dalam waktu yang relatif singkat dan cepat untuk
memahami isi bacaan secara benar menurut garis besarnya disebut membaca....
a. bersuara b. cepat c.
sekilas d. teknik
2. Berikut ini tidak termasuk
hal yang perlu diperhatikan dalam membaca puisi adalah ....
a. intonasi b. alur c.
mimik d. pernapasan
3. Rani : “Bagus sekali pemandangan alam di tempat ini!”
Ekspresi yang tepat dalam pembacaan teks tersebut adalah ....
a. terharu b. sedih c.
gembira d. muram
4. Prosa dapat dibedakan
menjadi dua macam, yaitu ....
a. hikayat dan roman c.
prosa panjang dan pendek
b. prosa lama dan baru d.
roman dan fabel
5. Pak tani tinggal di sebuah
pedesaan yang subur. ... Pak tani tinggal? Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tanya
di atas adalah ....
a. bagaimana b.
kapan c. di mana d.
mengapa
6. Orang yang dapat dimintai keterangan tentang suatu
peristiwa disebut ....
a. wartawan b.
narasumber c. aktris d. guru
7. Penulisan judul cerita yang benar adalah ....
a. Jangan tebangi hutan negeriku b. Jangan Tebangi Hutan Negeriku
c. Jangan tebangi Hutan negeriku d. JANGAN
TEBANGI HUTAN NEGERIKU
8. Penggunaan tanda seru (!) yang tepat, yaitu ....
a. Ini uang siapa! b. Di mana rumahmu! cb. Siapa namamu! d. Jangan pergi ke tempat
itu!
9. “Mudah-mudahan banjir cepat surut”. Kalimat tersebut
mengungkapkan ....
a. harapan b.
keharusan c. permintaan d.
kemampuan
10. Ayam
jantan mulai berkokok. Arti dari penggalan cerita tersebut adalah ....
a. malam
hari b.
pagi hari c. siang hari d.
sore hari
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
Buatlah masing-masing kalimat yang berisi pernyataan
berikut ! Jangan lupa gunakan tanda seru (!)
1. ajakan :
2. larangan :
3. emosi :
4. perintah :
5. pujian :
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama / No.
absen : 14 – 11 - 2012
Mata Pelajaran :
Matematika
Kompetensi Dasar : 6.1.
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
6.2.
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
6.3.
Menentukan jaring-jaring berbagai bagun
ruang sederhana
|
Uji Kompetensi
: 3
Kelas / Semester : V / 1
|
Nilai
|
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c,
atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Gambar di
bawah ini merupakan bentuk bangun . ….
a. Segi tiga sama kaki b. segi banyak c. bujur sangkar d. trapesium
sama kaki
2. Bangun datar
di samping ini namanya adalah ….
a. trapesium b. belah ketupat c. jajar genjang d. layang-layang
a
3. t Luas bangun di samping adalah ....
b
a. L
= × t × (a + b) b. L
= × t + (a + b) c. L
= × t × (a x b) d. L
= × t + (a x b)
4. 10 cm Luas trapesium di samping adalah ....
8
cm
15 cm a.
100 cm2 b.
120 cm2 c. 110 cm2
d. 130 cm2
5. Banyak
rusuk pada bangun di samping adalah ....
a. 6 b.
4 c. 5 d.
3
6. Rumus luas bangun layang
– layang di samping yang benar adalah ….
a. L = × d1 × d2 b. L = × d1 + d2 c.
L = + d1 × d2 d.
L = × d1 - d2
7.
Jika sebuah layang-layang yang panjang diagonalnya 4 dm dan 6 dm, maka luas
layang-layang adalah ….
a. 11 dm b. 12 dm c. 13 dm d. 14 dm
8. Sebuah hiasan dinding berbentuk trapesium,
panjang sisi sejajar masing-masing a)8 cm dan b)7 cm. Jika tingginya 4 cm, maka
luas hiasan dinding itu adalah … cm2.
a. 10 b. 20 c. 30 d. 40
9.
Adi membuat layang-layang menggunakan rangka bambu yang panjangnya 20 cm dan 10
cm. Luas layang-layang tersebut adalah … cm2.
a. 100 b. 110 c. 120 d. 130
10.
Sebuah trapesium memiliki luas 148 cm2. Jika panjang sisi sejajarnya
15 cm dan 22 cm, maka tinggi trapesium itu adalah ….
a. 8 cm b. 10 cm c. 9 cm d. 12
cm
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN
PENILAIAN
Nama / No.
absent : 15 – 11 - 2012
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kompetensi Dasar :
3.1.Mengidentifikasi
penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
3.2.Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan ling-kungan
tertentu untuk mempertahankan hidup
|
Uji Kompeyensi : 3
Kelas / Semester : V/ 1
|
Nilai
|
I. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya
disebut ....
a. fotosintesis b. adaptasi c. morfologi d. biologi
2. Berikut adalah
pengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya, kecuali ....
a. ovivar b. herbivor c. karnivor d. omnivor
3. Herbivora adalah sebutan untuk
hewan pemakan ....
a. tumbuhan b. daging c.
telur d. jeroan
4. Ciri yang paling menonjol dari kelompok hewan pemakan daging karnivor
adalah memiliki ....
a. kepala yang lebar b. sayap yang panjang c. kaki yang pendek d. taring yang tajam
5. Berikut adalah hewan pemakan
daging, kecuali ....
a. serigala b. singa c. kuda d. harimau
6. Tikus adalah hewan pemakan
segala maka tikus dimasukkan dalam kelompok hewan ....
a.
herbivora b. omnivor c.
karnivor d.
ovovivivar
7. Serangga yang memiliki mulut pengisap madu yang dapat dijulurkan dan
digulung adalah ....
a. lalat b. nyamuk c. kupu-kupu d. lebah
8. Hewan ini bukan menggigit tapi
menusuk kemudian menghisap darah sebagai makanannya adalah ....
a. lalat b. nyamuk c. kupu-kupu d. lebah
9. Sapi, domba, dan rusa
melindungi diri dengan menggunakan ....
a. mengeluarkan bau b. mengeluarkan racun c. kuku yang tajam d. tanduk
10.Hewan yang melindungi diri
dengan kamuflase adalah ....
a. bunglon b. kuda c. cecak d. trenggiling
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
11. Sebutkan pengelompokkan hewan
menurut jenis makanannya!
12. Sebutkan contoh hewan yang
melindungi diri dengan alat tubuhnya!
13. Sebutkan ciri-ciri tumbuhan
yang hidup di gurun!
14. Apa yang dimaksud meranggas?
15. Sebutkan pengelompokkan tumbuhan berdasarkan tempat
hidupnya!
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama
/ No. absen : 08 – 11 - 2012
Mata
Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar : 1.4 Menghargai keragaman suku dan
budaya di Indonesia
|
Uji
Kompetensi : 3
Kelas
/ Semester : V
/ 1
|
Nilai
|
I. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Berikut ini yang termasuk
ciri fisik suatu suku bangsa, adalah ... .
a. warna kulit b. bahasa daerah c. pakaian d. tarian adat
2. Kerapan sapi berasal dari
daerah ... .
a. Makasar b. Madura c.
Malang d. madiun
3. Suku bangsa yang tinggal
di wilayah Sumatera Barat adalah ... .
a. Minangkabau b. Betawi c. Makassar d. Ambon
4. Suku Tengger tinggal di wilayah ... .
a. Jawa Timur b. Yogyakarta c.
Jawa Barat d. Banten
5. Suku Toraja banyak tinggal di wilayah ... .
a. Sumatera Selatan b. Kalimantan Selatan c. Sulawesi
Selatan d. Maluku Selatan
6. Suku Asmat/Dani tinggal di Pulau ... .
a. Sumatra b. Sulawesi c.
Kalimantan d. Papua
7. Rumah adat yang
berasaldari Yogyakarta adalah ... .
a. joglo
b. limas c.
lamin d. anjungan
8. Berikut ini yang
merupakan hasil kebudayaan berupa gagasan adalah ... .
a. kerajinan anyaman b. perhiasan c. rumah d. ilmu pengetahuan
9. Sikap kita terhadap suku budaya daerah lain adalah ... .
a. menghindari b. menghormati c. memusuhi
d. merendahkan
10. Kesenian Reog berasal dari ... .
a. Pacitan b. Ponorogo c. Papua d. Palembang
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
1. Sebutkan suku yang ada di Jawa Timur !
2. Suku Betawi berasal dari Provinsi ... .
3. Arti dari Bhineka Tunggal Ika adalah ... .
4. Suku Sasak tinggal di Provinsi ... .
5. Debus adalah seni pertunjukan
dari daerah ... .
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama
/ No. absen : 13 – 12 - 2012
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kompetensi Dasar : 2.2. Memberikan
contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak,
anti korupsi, lalu lintas, larangan
merokok
|
Uji
Kompetensi : 4
Kelas
/ Semester : V
/ 1
|
Nilai
|
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c,
atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Pernyataan pasal 1 ayat 3
UUD 1945 menegaskan bahwa negara Indonesia ....
a. berbentuk republik b.
dikepalai seorang presiden
c. negara hokum d.
negara demokrasi
2. Peraturan
perundang-undangan mempunyai sifat ....
a. memaksa b.
mengikat warga, kecuali pejabat negara
c. mengikat semua
warga d.
mengikat pejabat negara dan keluarga
3.
Peraturan perundang-undangan tertinggi di Indonesia dan tidak boleh ada
peraturan di bawahnya yang bertentangan dengannya ialah ....
a. Pancasila b. UUDS 1950 c. keputusan presiden d. UUD 1945
4. Peraturan
perundang-undangan dibuat dengan tujuan untuk ....
a. dipatuhi b.
melindungi negara dari serangan mush
c. menjamin kebebasan d.
menjaga ketertiban masyarakat
5. Undang-Undang Dasar 1945
telah mengalami amandemen sebanyak ....
a. 6 kali b. 4 kali c. 5 kali d. 8 kali
6. Berikut contoh
perundang-undangan di tingkat pusat, kecuali ....
a. UU Lalu Lintas b. UU Antikorupsi c. UU Pajak d.
Perda Ketertiban Kota
7.
Melakukan monitor terhadap penyelenggaraan pemerintahan negara adalah tugas
dari ....
a. Dirjen Pajak b. KPK c. BPK d.
Mahkamah Agung
8.
Peraturan perundangan yang dibuat persiden dalam keadaan genting, memaksa, dan
darurat adalah ....
a. instruksi presiden b. peraturan
pemerintah pengganti undang-undang
c. keputusan presiden d.
undang-undang
9. Peraturan daerah disusun
oleh DPRD dengan minta persetujuan ….
a. warga b. kepala desa c. camat d.
kepala daerah
10. Undang-undang Dasar 1945
sebagai hukum....
a. adat b. dasar tertulis c. kebiasaan d. tidak tertulis
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
1.
Peraturan
Perundang-Undangan Pusat dibuat oleh DPR bersama …..
2.
Peraturan
Perundang-Undangan Daerah Provinsi I dibuat oleh DPRD Provinsi bersama …..
3. Peraturan
Perundang-Undangan Daerah Kabupaten dibuat oleh DPRD Kabupaten bersama …..
4. Peraturan
Perundang-Undangan Kota dibuat oleh DPRD Kota bersama …..
5. Peraturan Desa
dibuat oleh BPD bersama …..
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN
PENILAIAN
Nama
/ No. absen : 14 – 12 - 2012
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Uji Kompetensi :
2
Kompetensi Dasar : 4.1 Menuliskan karangan
berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dengan penggunaan
ejaan
4.2 Menulis surat undangan
(ulang tahun, acara agama,
kegiatan
sekolah, kenaikan kelas, dll) dengan
kalimat efektif
4.3. Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan
memperhatikan isi serta perannya
|
Uji Kompetensi : 4
Kelas / Semester : V /1
|
Nilai
|
I. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Penulisan tanggal surat yang tepat adalah ....
a. Jakarta, 1
September ’03 b.
Jakarta, 1/09/03
c. Jakarta, 1
September 2003 d.
jakarta, 1 september 2003
2. Tersebutlah seorang raja yang ... di negeri
Tiangkerasen.
Kata yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah ....
a. menguasai b.
kuasa c.
berkuasa d. kuasai
3. - Anak itu nakal
-
….
-
Anak itu nakal tetapi pintar
Kalimat
yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ….
a.
Anak itu pintar b. Anak pintar c. Pintar anak itu d. Anak itu pintar sekali
4. Ia mempunyai segalanya … selalu merasa kekurangan.
Kata
penghubung yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ….
a.
dan b. bahkan c.
tetapi d. serta
5. Berapa panjang tongkat ini? Jawaban yang
tepat untuk pertanyaan tersebut adalah ....
a. lima ratus rupiah
b. kayu c.
dua meter d. bambu
6. Orang yang memberikan penjelasan mengenai
informasi yang kita butuhkan disebut ....
a. narator b. narasumber c. narasi d. narapidana
7. "Maaf, lain kali
kalau buang sampah jangan di selokan, buanglah di tempat sampah."
Kritikan di atas
tentang ….
a. minta maaf b.
besok jangan membuang sampah
c. buang sampah pada
tempatnya d.
larangan membuang sampah di selokan
8. Halaman sekolahmu kotor tetapi
teman-temanmu yang piket menyapu malah asyik bermain.
Yang kamu lakukan adalah
....
a. ikut bermain b.
mengkritiknya
c. membuang sampah di
halaman d.
biarkan saja
9. ... pendapatmu tentang masalah tersebut? Kata
tanya yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ....
a. apakah b. berapa c.
adakah d.
bagaimana
10. Mudah-mudahan kamu
selamat sampai tujuan. Kalimat tersebut berisi ....
a. ajakan b. perintah c. harapan d. permohonan
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
Buatlah surat undangan ulang tahunmu sendiri !
SDN MOJOJEJER II MOJOWARNO
JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama / No.
absen : 14
– 12 - 2012
Mata Pelajaran :
Matematika
Kompetensi Dasar : 6.4.
Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
6.5. Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
|
Uji Kompetensi :
4
Kelas / Semester : V / 1
|
Nilai
|
I.
Isilah titik-titik berikut ini.
1.
Volume kubus di samping adalah….
2.
Volume balok di samping adalah….
3.
Volume = ….. cm3
4.
Volume = …. Cm3
5.
Kubus yang volumenya lebih sedikit adalah ….
6.
Volume bangun di samping adalah…. Cm3
7.
Volume bangun di samping adalah …. Cm3
8.
Volume bangun di samping adalah…. cm3
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN
PENILAIAN
Nama
/ No. absent : 15
– 12 - 2012
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kompetensi Dasar : 4.1. Mendeskripsikan hubungan
antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang kain, dan kertas
4.2. Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan
sifat benda, baik sementara maupun tetap
|
Uji Kompetensi : 4
Kelas / Semester : V/1
|
Nilai
|
I. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1.
Urutan yang benar berdasarkan struktur bahan adalah ....
a. benang-serat-tali b. serat-benang-tali c. tali-serat-benang d.
tali-serat-benang
2.
Berikut ini benang yang dapat diuraikan menjadi serat-serat yang lebih kecil, kecuali
….
a. benang wol b.
benang katun c. tali senar d. benang sutra
3.
Jenis benang untuk membuat pakaian adalah ….
a. benang wol, benang sutra, dan senar b. benang katun, benang
sutra, dan senar
c. benang wol, benang katun, dan senar d. benang wol, benang katun,
dan benang sutra
4.
Berikut ini jenis kertas yang paling lembut adalah ….
a. kertas tissue b. kertas buram c. kertas HVS d. kertas manila
5.
Berikut ini barang-barang yang terbuat dari kain, kecuali ….
a. taplak meja b. baju c. celana d. kalender
6. Berikut ini peristiwa pembekuan adalah ….
a. uap air didinginkan b. air dijemur di
bawah matahari
c. air dipanaskan di atas kompor d.
air dimasukkan ke dalam freezer
7. Peragian terjadi pada ….
a. air menjadi es b. singkong menjadi tapai c. nasi menjadi bubur d. kertas menjadi abu
8. Berikut ini perubahan benda yang disengaja
manusia, kecuali ….
a. pembakaran b.
pemanasan c.
perkaratan d.
pembekuan
9. Perubahan wujud dari padat
menjadi gas disebut ….
a. menguap b. menyublim c.
mencair d. menyublim
10. Berikut ini perubahan benda yang bersifat
sementara adalah ....
a. kayu dibakar b.
margarin yang dicairkan
c. es batu dicairkan d. telur yang
direbus
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
1. Berilah empat contoh
perubahan benda yang disengaja manusia.
2. Apakah yang terjadi jika
air dipanaskan?
3. Berilah dua contoh
perubahan benda yang bersifat sementara.
4. Berilah dua contoh
perubahan benda yang bersifat tetap.
5. Mengapa kayu yang dibakar
termasuk perubahan tetap?
SDN MOJOJEJER II
MOJOWARNO JOMBANG
INSTRUMEN PENILAIAN
Nama / No.
absen : 13 – 12 - 2012
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kompetensi Dasar : 1.5
Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
Uji
Kompetensi : 4
Kelas
/ Semester : V
/ 1
|
Nilai
|
I. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat !
1. Negara kita tanahnya subur dan menghasilkan banyak produk pertanian.
Maka negara kita disebut negara ... .
a. maritim b.
agraris c. modern d.
tradisional
2. Usaha meningkatkan hasil pertanian dengan memperba-nyak jenis tanaman
pada suatu lahan pertanian disebut ... .
a. intensifikasi b. diversifikasi c. ekstensifikasi d.
rehabilitasi
3. Berikut ini yang merupakan hasil tanaman perkebunan berumur panjang
atau tahunan adalah ... .
a. cengkeh, lada, dan karet b.
jagung, tebu, dan tembakau
c. kedelai, tembakau, dan karet d. jagung, tebu, dan teh
4. Hewan-hewan berikut ini yang termasuk ternak unggas adalah ... .
a. ayam, itik, dan burung b.
sapi, kerbau, dan kuda
c. kambing, domba, dan kelinci d. ayam, kambing, dan domba
5. Penanaman kembali lahan gundul karena penebangan hutan secara
sembarangan disebut ... .
a. rehabilitasi
b. reproduksi c. reboisasi d. intensifikasi
6. Segala usaha untuk mengolah atau memanfaatkan mineral demi kesejahteraan
manusia disebut ... .
a. penggalian b. pengeboran c.
pengilangan d.
pertambangan
7. Berikut ini yang bukan
kegiatan produksi adalah ... .
a. menanam padi c. membuat meja dan kursi
b. bepergian naik bus d.
memelihara ikan
8. Kegiatan memakai barang atau
jasa disebut kegiatan ... .
a. konsumsi b. produksi c.
distribusi d. pemborosan
9. Kegiatan menyalurkan barang-barang kebutuhan dari produsen ke konsumen
disebut kegiatan ... .
a. konsumsi b. produksi c. distribusi d. perdagangan
10. Berikut ini yang merupakan
kegiatan distribusi adalah ... .
a. menanam durian c. membuat tempe
b. memakai sepatu d. mengangkut hasil pertanian
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang tepat !
1. Kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan uang / barang guna memenuhi
kebutuhan hidup disebut kegiatan ... .
2. Ekstensifikasi adalah usaha
meningkatkan hasil pertanian dengan cara ... .
3. Teh, kopi, cengkeh, lada, karet, kelapa, dan kelapa sawit termasuk
tanaman perkebunan berumur ... atau ... .
4. Ayam, itik, entok, dan burung
termasuk ternak... .
5. Dilakukan sebagai usaha sampingan,
menggunakan peralatan sederhana, modalnya kecil, dan membutuhkan banyak
pekerjaan tangan merupakan ciri industri ... .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar