RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SDN Mojojejer II
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Matematika
|
Kelas /
Semester
|
:
|
V / I
|
Waktu
|
:
|
1 x 35 menit (
1 x pertemuan )
|
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami dan Menggunakan Faktor dan Kelipatan
Dalam Pemecahan Masalah
B. KOMPETENSI DASAR
1.2
Menentukan kelipatan dan faktor bilangan
C. INDIKATOR
Kognitif :
1.
Menjelaskankan pengertian bilangan prima
2.
Menentukan bilangan prima antara 1 s/d 100
Afektif :
a. Perilaku
berkarakter :
Sportif dalam
berkompetisi antar kelompok dan saling menghargai dan menghormati pendapat
teman
b. Keterampilan sosial :
Melakukan
komunikasi meliputi bertanya, berpendapat, kerjasama dan diskusi dalam kelompok.
Psikomotor :
1. Terampil mendemonstrasikan
cara mencari bilangan prima dengan menggunakan rumus saringan Eratosthenes.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif :
1.
Dengan tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan
pengertian bilangan prima
2.
Dengan diberikan bagan angka, siswa dapat menentukan
bilangan prima antara 1 sampai dengan 100
Afektif :
1.
Perilaku
berkarakter :
Pada saat mengerjakan tugas baik secara individu maupun kelompok siswa
dapat bersaing dengan jujur tanpa menyontek atau bertanya pada kelompok lain.
2. Keterampilan sosial :
Dengan terlibat dalam kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa
melalui bertanya, berpendapat, kerjasama dan diskusi, siswa dapat melaksanakan
tugas mempresentasikan hasil kerja kelompok.
Psikomotor :
1.
Dengan terlibat
secara aktif dalam pembelajaran, siswa mampu menunjukkan bilangan prima
E. MATERI PEMBELAJARAN
Cara Mencari Bilangan Prima dengan
Saringan Eratosthenes
Definisi dari bilangan prima yaitu bilangan bulat
yang hanya mempunyai tepat dua faktor yang berbeda, dengan kata lain hanya bisa
habis dibagi oleh tepat dua bilangan yaitu 1 dan bilangan itu sendiri.
Salah satu cara mudah mencari bilangan prima adalah
dengan menggunakan saringan Eratosthenes. Saringan Eratosthenes adalah suatu
cara untuk menemukan semua bilangan prima diantara 1 dan suatu angka n.
Saringan ini ditemukan oleh Eratosthenes, seorang ilmuwan Yunani kuno. Cara ini
merupakan cara paling sederhana dan paling cepat untuk menemukan bilangan
prima.
Cara mencari bilangan prima dengan saringan eratosthenes adalah
- Urutkan angka 1 sampai n. Disini n = 100
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
32
|
33
|
34
|
35
|
36
|
37
|
38
|
39
|
40
|
41
|
42
|
43
|
44
|
45
|
46
|
47
|
48
|
49
|
50
|
51
|
52
|
53
|
54
|
55
|
56
|
57
|
58
|
59
|
60
|
61
|
62
|
63
|
64
|
65
|
66
|
67
|
68
|
69
|
70
|
71
|
72
|
73
|
74
|
75
|
76
|
77
|
78
|
79
|
80
|
81
|
82
|
83
|
84
|
85
|
86
|
87
|
88
|
89
|
90
|
91
|
92
|
93
|
94
|
95
|
96
|
97
|
98
|
99
|
100
|
- Coret angka 1
- Lingkari angka 2 dan coret kelipatannya
- Lingkari angka 3 dan coret kelipatannya
- Lingkari angka 5 dan coret kelipatannya
- Lingkari angka 7 dan coret kelipatannya
Dari langkah-langkah di atas agar anak lebih
mudah memahaminya maka di sini saya sedikit memberi tambahan dalam setiap
langkah, yaitu :
- Urutkan angka 1 sampai 100
- Coret angka 1
- Lingkari angka 2 dengan spidol warna merah dan coret kelipatannya
- Lingkari angka 3 dengan spidol warna biru dan coret kelipatannya
- Lingkari angka 5 dengan spidol warna hijau dan coret kelipatannya
- Lingkari angka 7 dengan spidol warna hitam dan coret kelipatannya
Dari langkah diatas akan didapatkan sebagai berikut:
(Angka pada tabel yang diwarnai adalah angka yang dicoret)
Jadi bilangan prima dari 1 sampai 100 adalah :
2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 29, 31, 37, 41, 43, 47, 53,
59, 61, 67, 71, 73, 79, 83, 89, dan 97
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Model Pembelajaran : Tanya jawab, Pengamatan, Diskusi dan
Pemberian Tugas
2.
Metode Pembelajaran : Metode Kooperatif tipe STAD
G. LANGKAH - LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
PEMBELAJARAN
|
FASE
|
KEGIATAN
GURU
|
KETERLAKSANAAN
|
||
Ya
|
Tidak
|
||||
Kegiatan Awal
( 10 menit )
|
Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa
|
·
Mengkondisikan siswa untuk belajar
|
|
|
|
· Guru
mengajak siswa mengucapkan
yel-yel matematika (dengan tepuk tangan) khas kls.4 secara klasikal “Penjumlahan
prok-prok-prok, pengurangan prok-prok-prok, perkalian prok-prok-prok, pembagian
prok-prok-prok, Matematika Yes!” selanjutnya mengadakan
apersepsi dengan mengajukan pertanyaan mengenai yel-yel yang telah di ucapkan tadi.
|
|
|
|||
·
Menyampaikan tujuan pembelajarn
|
|
|
|||
Kegiatan Inti
( 45 menit )
|
Mempresentasikan
Informasi
|
·
Menggali informasi tentang bilangan prima
|
|
|
|
Mengorganisa-sikan
siswa dalam kelompok
|
·
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
belajar, 4-5 orang setiap kelompok dengan kemampuan beragam.
·
Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok untuk dikerjakan
dengan kelompoknya
|
|
|
||
|
Membantu
kelompok bekerja dan belajar
|
·
Menjelaskan langkah-langkah kegiatan dalam
menyelesaikan Lembar Kerja Siswa dan membimbing setiap kelompok dalam mengerjakan LKS.
|
|
|
|
|
|
·
Guru berkeliling mengadakan penilaian proses
sambil memberikan bimbingan bila ada kesulitan
|
|
|
|
|
|
·
Masing-masing wakil kelompok mempresentasikan
hasil kerja kelompok secara bergantian dan kelompok lain menanggapi hasil
presentasi mereka.
|
|
|
|
·
Membimbing siswa membuat kesimpulan
|
|
|
|||
Kegiatan Akhir
( 15 menit )
|
Evaluasi
|
·
Melakukan evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LP
|
|
|
|
Memberikan
penghargaan
|
·
Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
|
|
|
||
· Guru
memberi tugas rumah kepada siswa untuk
membuat kliping tentang barang ekspor dan impor
|
|
|
|||
H. MEDIA / ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media
: Kartu bilangan
2.
Alat :
Gunting, Kertas, Lem
3.
Sumber belajar : Mustakim Burhan.Ary Astuty. 2008, Ayo Belajar Matematika
untuk SD/MI Kelas 2. BSE Jakarta. Pusat perbukuan Depdiknas,
hal. 51-53
4.
LKS dan Kunci LKS
5.
LP Dan kunci LP
I. PENILAIAN
1.
Tekhnik Penialian :
a.
Tes
b.
Unjuk kerja
2.
Bentuk Instrumen Penialain :
a.
LKS
b.
LP
Mengetahui
Asesor
Drs. Mungit Soedianto, MP.d
NIA : 07150027018
|
|
Jombang,
7 Agustus 2012
Guru
Kelas IV
……………………………………
Nopes :
12-0504-027-1-1133
|
Lampiran 1
LEMBAR
KEGIATAN SISWA 1
A.
Kelompok : ………….
B.
Nama Anggota :
1. ………….
2.
………….
3.
………….
4.
………….
C.
Tujuan :
Menentukan bilangan kelipatan 2, 3, 5 dan 7
Menuliskan bilangan prima antara 1
sampai 50 / 100
D.
Bersama dengan kelompok kalian lihatlah tabel bilangan
dibawah ini kemudian kerjakan dan ikuti langkah-langkah pengerjaannya !
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
32
|
33
|
34
|
35
|
36
|
37
|
38
|
39
|
40
|
41
|
42
|
43
|
44
|
45
|
46
|
47
|
48
|
49
|
50
|
51
|
52
|
53
|
54
|
55
|
56
|
57
|
58
|
59
|
60
|
61
|
62
|
63
|
64
|
65
|
66
|
67
|
68
|
69
|
70
|
71
|
72
|
73
|
74
|
75
|
76
|
77
|
78
|
79
|
80
|
81
|
82
|
83
|
84
|
85
|
86
|
87
|
88
|
89
|
90
|
91
|
92
|
93
|
94
|
95
|
96
|
97
|
98
|
99
|
100
|
Coret
angka 1
1.
Lingkari angka 2 dengan spidol warna merah dan coret kelipatannya
2.
Lingkari angka 3 dengan spidol warna biru dan coret
kelipatannya
3.
Lingkari angka 5 dengan pensil
dan coret kelipatannya
4.
Lingkari angka 7 dengan spidol warna hitam dan coret kelipatannya
5.
Bilangan berapa saja yang tidak mendapat tanda selain
angka 1?
6.
Bilangan-bilangan yang kamu tulis pada soal no. 6 dapat
dibagi dengan bilangan berapa saja ?
Lampiran 3
Kunci LKS 1
KELOMPOK
1.
Bilangan kelipatan 2 selain angka 2 yang diberi warna
merah :
4,
6, 8, 10, 12, 14, 16, 18, 20, 22, 24, 26, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 44,
46, 48, 50
2.
Bilangan kelipatan 3 selain angka 3 yang diberi warna
biru :
6,
9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, 30, 33, 36, 39, 42, 45, 48
3.
Bilangan kelipatan 5 selain angka 5 yang diberi warna
hijau :
5,
10, 15, 20, 25, 30, 35, 40, 45, 50
4.
Bilangan kelipatan 7 selain angka 7 yang diberi warna
hitam :
14,
21, 28, 35, 42, 49
5.
Bilangan yang tidak mendapat tanda selain angka 1 :
2,
3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 29, 31, 37, 41, 43, dan 47
6.
Bilangan-bilangan pembagi :
2 = 1, 2
|
13 = 1, 13
|
31 = 1, 31
|
3 = 1, 3
|
17 = 1, 17
|
37 = 1, 37
|
5 = 1, 5
|
19 = 1, 19
|
41 = 1, 41
|
7 = 1, 7
|
23 = 1, 23
|
43 = 1, 43
|
11 = 1, 11
|
29 = 1, 29
|
47 = 1, 47
|
Pensekoran :
Jumlah Skor yang diperoleh
NA = X 100
Jumlah Skor maksimal
|
Contoh :
60
NA
= X
100
60
6000
= 100
60
|
Catatan :
Setiap soal betul nilainya 10
|
Keterangan
Penilaian kerja kelompok dan rentang
nilai :
a. Amat Baik : 90 - 100
b. Baik : 70 - 89
c. Cukup : 60 - 69
d. Kurang Baik : 30 - 59
Lampiran 5
A.
Skor Penilaian
Penilaian diskusi kelompok
Nama Kelompok : …
No
|
Nama Siswa
|
Kerjasama
|
Keberanian
Berpendapat
|
Keberanian
Bertanya
|
Ketepatan
Berpendapat
|
Jumlah
Skor
|
||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
1
|
2
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
Sangat Bagus : 9
- 10
Bagus : 7
- 8
Cukup Bagus : 5 - 6
Sedang : 3
- 4
Kurang bagus : 1
- 2
Lampiran 2
LEMBAR
PENILAIAN
INDIVIDU
Nama :
Kelas :
Mata
Pelajaran :
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang
benar !
1.
Apakah yang dimaksud dengan bilangan prima ?
2.
Tulislah bilangan prima antara 10 sampai dengan 30 !
3.
Tulislah bilangan prima antara 30 sampai dengan 50 !
4.
Mengapa bilangan 13 disebut bilangan prima ?
Tempat Jawaban :
NILAI
|
TTD
GURU
|
TTD ORANG TUA
|
|
|
|
Lampiran 4
Kunci LEMBAR penilaian
1.
Bilangan yang tepat mempunyai 2 faktor
2.
23 dan 29
3.
41, 43, dan 47
4.
Karena hanya mempunyai 2 faktor ( 1 dan 13 )
Pensekoran :
No.SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1.
|
Bilangan yang tepat mempunyai 2 faktor
|
25
|
2.
|
23 dan 29
|
25
|
3.
|
41, 43, dan 47
|
25
|
4.
|
Karena hanya mempunyai 2 faktor ( 1 dan 13 )
|
25
|
SKOR AKHIR
|
100
|
MEDIA PEMBELAJARAN
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
32
|
33
|
34
|
35
|
36
|
37
|
38
|
39
|
40
|
41
|
42
|
43
|
44
|
45
|
46
|
47
|
48
|
49
|
50
|
51
|
52
|
53
|
54
|
55
|
56
|
57
|
58
|
59
|
60
|
61
|
62
|
63
|
64
|
65
|
66
|
67
|
68
|
69
|
70
|
71
|
72
|
73
|
74
|
75
|
76
|
77
|
78
|
79
|
80
|
81
|
82
|
83
|
84
|
85
|
86
|
87
|
88
|
89
|
90
|
91
|
92
|
93
|
94
|
95
|
96
|
97
|
98
|
99
|
100
|
Langkah-langkah pengerjaannya :
1.
Coret angka 1
2.
Lingkari angka 2 dengan spidol warna merah dan coret
kelipatannya
3.
Lingkari angka 3 dengan spidol warna biru dan coret
kelipatannya
4.
Lingkari angka 5 dengan spidol warna hijau dan coret
kelipatannya
5.
Lingkari angka 7 dengan spidol warna hitam dan coret kelipatannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar