Kamis, 15 November 2012

RPP BHS, INDONESIA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :   5 / 2
Alokasi Waktu             :        X 35 menit

A.    Standar Kompetensi   
      5.   Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan

B.     Kompetensi Dasar      
5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan 

CINDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat menjelaskan cerita tentang peristiwa dan memberikan  komentar/saran yang logis dengan bahasa yang santun
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
  1. Tanpa membuka buku, siswa dapat memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
1.      Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
2.      Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.      Keterampilan Sosial
1.      Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
§  Peristiwa yang terjadi di sekolah

F.  Model dan Metode Pembelajaran
  1. Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
  2. Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ  Untuk membangkitkan Motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekolah
Kegiatan Inti (       menit)
2.






3.





4.

Mempresentasikan Informasi
ÿ  Siswa menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut melalui kegiatan ceramah dan tanya jawab
ÿ  Menanggapi. penjelasan nara sumber.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Siswa memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
ÿ  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

Kegiatan Akhir (      menit )
5.








6.
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR

H.       PENILAIAN
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa
·  Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan Guru
·  Siswa menanggapi suatu masalah di sekitar
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Coba jelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah dengan runtut
·  Berikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun terhadap peristiwa yang terjadi di sekolah !
                                        
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   5 / 2
Alokasi Waktu             :         X 35 menit

A.    Standar Kompetensi  
5.   Mendengarkan
Memehami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
B.     Kompetensi Dasar   
5.1  Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)
CINDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat menjelaskan memahami dan menceritakan kembali isi cerita pendek dengan bahasa sendiri.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.      Tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan memahami dan menceritakan kembali isi cerita pendek dengan bahasa sendiri.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
§  Cerita pendek anak
F.  Model dan Metode Pembelajaran
  1. Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
  2. Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ  Untuk membangkitkan Motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekolah
Kegiatan Inti (       menit)
2.






3.







4.

Mempresentasikan Informasi
ÿ  Siswa menentukan latar cerita dengan mengutip.kalimat atau paragraf yang mendukung melalui kegiatan latihan dan penugasan.
ÿ  Menanggapi. penjelasan nara sumber.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Siswa menentukan tema cerita melalui kegiatan latihan dan penugasan
ÿ  Siswa menentukan amanat yang terkandung dalam cerita latihan dan penugasan.
ÿ  Siswa menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri melalui kegiatan ceramah dan penugasan.
ÿ  Siswa memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

Kegiatan Akhir (      menit )
5.








6.
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR

C.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
§  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum dan Standar Isi 2006

D.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mendengarkan pembaca cerita.
·  Siswa dapat bertanya jawab tentang isi cerita yang di dengar
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Jelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya !
·  Tentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung !
·  Tentukan tema ceritanya !
·  Jelaskan amanat atau pesan yang terkandung dalam cerita !
·  Ceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri !

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke             :   3
Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

A.    Standar Kompetensi  
       6.  Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
B.     Kompetensi Dasar    
6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan piiihan kata dan santun berbahasa.
CINDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang logis.
Afektif
F Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
§  Tanpa membuka buku, siswa dapat mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang logis.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.      Keterampilan Sosial
1.      Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
1.      Persoalan faktual
F.  Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
2.      Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ  Untuk membangkitkan Motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekolah
Kegiatan Inti (       menit)
2.








3.





4.

Mempresentasikan Informasi
ÿ  Siswa menanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topik melalui kegiatan ceramah dan tanya jawab.
ÿ  Siswa memberikan pendapat dan saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang dikemukakan teman melalui ceramah dan tanya jawab.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Siswa memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
ÿ  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
ÿ  Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman melalui kegiatan diskusi dan latihan.

Kegiatan Akhir (      menit )
5.








6.
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
2.      Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum dan Standar Isi 2006
E.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Siswa dapat mencermati persoala atau masalah yang diajukan
·  Siswa dapat menanggapi masalah yang di diajukan
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Coba identifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman !
·  Tanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topik !
·  Coba berikan pendapat san saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan factual yang dikemukakan teman!
·  Berilah kesimpulan dari pokok-pokok yang dikemukakan teman !

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   5 (lima) / 2 (dua)
Alokasi Waktu             :            X 35 menit

A.    Standar Kompetensi   
6.   Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama

B.     Kompetensi Dasar     
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang tepat.
.
CINDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat memerankan tokoh drama dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.  Tanpa membuka buku, siswa dapat Siswa dapat memerankan tokoh drama dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
1.      Drama pendek         

F.  Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
2.      Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ  Untuk membangkitkan motivasi beiajar, siswa membaca teks drama pendek.
ÿ  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti (       menit)
2.




3.




4.

Mempresentasikan Informasi
ÿ  Siswa membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas melaiui kegiatan latihan dan demontrasi.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Siswa memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai karakter tokoh melaiui kegiatan ceramah, iatihan, dan demontrasi.
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
ÿ  Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman melalui kegiatan diskusi dan latihan.

Kegiatan Akhir (      menit )
5.








6.
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR

H.     Alat/Bahan/Sumber Beiajar
3.      Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Naskah drama, dan Standar Isi 2006

I.            Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Memeran-kan tokoh drama
·  Mengung-kapkan pendapat tentang drama
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Bacalah dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.
·  Perankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai :       karakter tokoh!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

A.    Standar Kompetensi
       7.   Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak

B.     Kompetensi Dasar 
7.1  Membandingkan isi dua teks yang  dibaca dengan membaca sekilas

CINDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat membandingkan isi dua teks melalui membaca sekilas
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.  Tanpa membuka buku, siswa dapat Siswa membandingkan isi dua teks melalui membaca sekilas Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
1.      Berbagai teks

F.  Model dan Metode Pembelajaran
2.      Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
4.      Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ  Untuk membangkitkan motivasi beiajar, siswa membaca teks drama pendek.
ÿ  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti (       menit)
2.




3.


4.

Mempresentasikan Informasi
ÿ  Siswa membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas melaiui kegiatan latihan dan demontrasi.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Siswa membandingkan isi kedua teks dengan teliti
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
ÿ  Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan.

Kegiatan Akhir (      menit )
5.








6.
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.      Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Berbagai buku pengetahuan dan sastra, dan Standar isi 2006.

C.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Membaca dua bacaan
·  Mencatat persamaan dan perbedaan dari kedua bacaan
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Bacalah dua teks yang bertema sama!           
·  Jelaskan garis besar isi teks yang kamu baca !                                                            
Bandingkan isi antar teks dengan memberikan alasannya !



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu             :         X 35 menit

A.    Standar Kompetensi
       7.   Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak

B.     Kompetensi Dasar
7.2   Menemu-kan informasi secara cepat dari  berbagai  teks khusus (buku petunjuk  telepon, jadwal perjalanan daftar acara, menu dll

CINDIKATOR  
Kognitif
1.   Siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat serta menjelaskannya dengan tepat.
2.            Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.  Tanpa membuka buku, siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat serta menjelaskannya dengan tepat
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
Jadwal perjalanan, sarana transportasi, susunan acara, kamus, buku petunjuk telefon, ensklopedia
F.  Model dan Metode Pembelajaran
3.      Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
5.      Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ  Untuk membangkitkan motivasi beiajar, siswa membaca teks drama pendek.
ÿ  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti (       menit)
2.




3.


4.

Mempresentasikan Informasi
ÿ  Siswa membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas melaiui kegiatan latihan dan demontrasi.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Siswa membandingkan isi kedua teks dengan teliti
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
ÿ  Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan.

Kegiatan Akhir (      menit )
5.








6.
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR
H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar
Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , serta Standar isi 2006.

I.   Penilalan
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Membaca jadwal siaran lelevisi
·  Menjawab pertanyaan
·  Menjelas-kan jadwal dalam bentuk kalimat
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Coba temukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman
·  Jelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam bentuk uraian atau narasi !
·  Tuliskan jadwal perjalanan kereta api dari bentuk narasi ke dalam bentuk bagan !



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke             :   7
Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

A.    Standar Kompetensi 
       7.   Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak

B.     Kompetensi Dasar   
7.2      Menemu-kan informasi secara cepat dari  berbagai  teks khusus (buku petunjuk  telepon, jadwal perjalanan daftar acara, menu dll

CINDIKATOR  
Kognitif
1.   Siswa dapat menjawab peratanyan
2.   Siswa dapat menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.      Tanpa membuka buku, siswa dapat menjawab peratanyan
2.      Tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
Daftar susunan acara
F.  Model dan Metode Pembelajaran
4.      Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
5.         Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ  Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa mernbaca berbagai teks khusus.
ÿ  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang unit pembelajaran.
Kegiatan Inti (       menit)
2.


3.


4.

Mempresentasikan Informasi
ÿ  Siswa dapat menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Siswa membandingkan isi kedua teks dengan teliti
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
ÿ  Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan.

Kegiatan Akhir (      menit )
5.








6.
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar
Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Teks cerita dan Standar isi 2006.

I.   Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Membaca jadwal siaran lelevisi
·  Menjawab pertanyaan
·  Menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Coba identifikasi isi cerita anak !
·  Jelaskan isi cerita anak di atas !
·  Buatlah kesimpulan dari isi cerita anak !

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          :   5 / 2
Alokasi Waktu             :           X 35 menit

A.    Standar Kompetensi 
       7.   Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak

B.     Kompetensi Dasar   
7.3 Menyim-pulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat

C.    Tujuan Pembelajaran** 
1.   Siswa dapat mendengarkan cerita dan bertanya jawab dgn baik.
2.      Siswa dapat menuliskan kesimpulan

CINDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat mendengarkan cerita dan bertanya jawab dgn baik.
2.      Siswa dapat menuliskan kesimpulan
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.      Tanpa membuka buku, siswa dapat mendengarkan cerita dan bertanya jawab dgn baik
2.      Tanpa membuka buku, siswa dapat menuliskan kesimpulan
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
Cerita anak
F.  Model dan Metode Pembelajaran
1.   Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
2.      Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib naslonal secara bersama-sama.
ÿ  Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa mernbaca berbagai teks cerita anak.
Kegiatan Inti (       menit)
2.



3.



4.

Mempresentasikan Informasi
ÿ  Siswa rnengidentifikasi isi cerita anak melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
ÿ  Siswa menyimpulkan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secaara efisien
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ  Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
ÿ  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
ÿ  Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan.

Kegiatan Akhir (      menit )
5.








6.
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.        Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Teks cerita dan Standar isi 2006.

I.   Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Membaca cerita
·  Menjawab pertanyaan
·  Menuliskan kesimpulan isi cerita
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Tuliskan kesimpulan isi cerita!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

A.     Standar Kompetensi 
       8.   Menulis
Mengungkapkan pikiran , perasaan, informasi, dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.

B.     Kompetensi Dasar    
8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan

CINDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat meringkas isi buku dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.   Tanpa membuka buku, siswa dapat meringkas isi buku dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
Buku pengetahuan dan cerita.
F.  Model dan Metode Pembelajaran
1.   Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
3.      Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib naslonal secara bersama-sama.
ÿ  Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai buku pengetahuan dan cerita-cerita anak.
Kegiatan Inti (       menit)
2.



3.



4.

Mempresentasikan Informasi
ÿ  Siswa rnengidentifikasi isi cerita anak melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
ÿ  Siswa menyimpulkan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secaara efisien
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ  Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
ÿ  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
ÿ  Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan.

Kegiatan Akhir (      menit )
5.








6.
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar
Teks Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , serta Standar Isi 2006.
I.   Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Memahami langkah-langkah dalam kegiatar meringkas
·  Membaca saksama bacaan yang akan diringkas
·  Meringkas bacaan atau buku
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Tulislah pokok-pokok dari isi buku !
·  Tulislah ringkasan buku dalam beberapa kalimat!
                      

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

A.    Standar Kompetensi  
       8.   Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.

B.     Kompetensi Dasar    
8.2   Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan,  konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

CINDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat menulis laporan pengamatan atau kunjungan dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.   Tanpa membuka buku, siswa dapat menulis laporan pengamatan atau kunjungan dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
Sistematika penyusunan laporan.            
F.  Model dan Metode Pembelajaran
1.   Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
4.      Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa
ÿ  Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa menyiapkan rancangan laporan
Kegiatan Inti (       menit)
2.



3.








4.

Mempresentasikan Informasi
ÿ  Siswa rnengidentifikasi isi cerita anak melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
ÿ  Siswa menyimpulkan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secaara efisien
ÿ  Siswa menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
ÿ  Siswa memperbaiki tulisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik melalui kegiatan tanya jawab, diskusi dan penugasan.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ  Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
ÿ  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
ÿ  Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan.

Kegiatan Akhir (      menit )
5.








6.
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar
Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , dan Standar Isi 2006.

I.   Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Menyusun laporan peristiwa
·  Menyampaikan laporan secara lisan
·  Memperbaiki tulisan laporan
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Tulislah laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) !
·  Coba perbaiki tuiisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :   5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke             :   10
Alokasi Waktu             :   2 X 35 menit

A.    Standar Kompetensi 
       8.   Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.

B.     Kompetensi Dasar      
8.3       Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.

CINDIKATOR  
Kognitif
2.      Siswa dapat menulis laporan pengamatan atau kunjungan dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.   Tanpa membuka buku, siswa dapat menulis laporan pengamatan atau kunjungan dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
b.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
Puisi.            
F.  Model dan Metode Pembelajaran
1.   Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
5.      Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa
ÿ  Untuk membangkitkan motivasi belajar, siswa diajak menyanyi
Kegiatan Inti (       menit)
2.




3.





4.

Menyajikan Informasi
ÿ  Guru menyajikan informasi kepada siswa tentang puisi
ÿ  Siswa rnengidentifikasi isi puisi melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
ÿ  Siswa menyimpulkan isi puisi melalui kegiatan ceramah dan penugasan
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secaara efisien
ÿ  Siswa menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ  Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
ÿ  Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
ÿ  Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan.

Kegiatan Akhir (      menit )
5.








6.
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

H.  Alat/Bahan/Sumber Belajar 
Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Naskah puisi,dan Standar Isi; 2006.

I.  Penilaian

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
·  Membaca contoh puisi
·  Menulis puisi
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Tentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman !
·  Tulislah puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar