KISI-KISI UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN
PELAJARAN 2012 / 2013
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS : V
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO.
SOAL
|
||
PG
|
ISIAN
|
URAIAN
|
||||
3. Memahami kebebasan berorganisasi
|
3.1
Mendeskripsikan pengertian organisasi.
|
3.1.1. Menyebutkan arti organisasi
|
V
|
V
|
1
1
|
|
3.1.2. Membedakan arti organisasi
pemerintah dengan non pemerintah
|
V
|
V
|
2
1
|
|||
3.1.3. Menuliskan sekurang-kurangnya 2
pengurus dalam organisasi
|
V
|
3
|
||||
3.1.4. Menuliskan pasal 28E ayat 3
tentang setiap orang mempunyai kebebasan berserikat, berkumpul, dan
mengeluarkan pendapat
|
V
|
V
|
4
2
|
|||
3.1.5. Menyebutkan siapa saja yang
terlibat dalam organisasi
|
V
|
V
|
5
2
|
|||
3.1.6. Menyebutkan salah satu asas
yang terdapat dalam organisasi
|
V
|
V
|
6
3
|
|||
3.2 Menyebutkan
contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
|
3.2.1.
Menyebutkan
contoh organisasi di sekolah
|
V
|
V
|
7
3
|
||
3.2.2.
Menuliskan
struktur organisasi di sekolah
|
V
|
V
|
8
4
|
|||
3.2.3.
Menulis
tugas dan kewajiban tiap pengurus
|
V
V
|
V
|
9
10
4
|
|||
3.2.4.
Menuliskan
sifat-sifat pengurus yang baik
|
V
|
11
|
||||
3.2.5.
Menyebutkan
beberapa bentuk organisasi di masyarakat
|
V
|
V
|
12
5
|
|||
3.2.6.
Menuliskan
ketua RT/RW di wilayahnya
|
V
|
V
|
13
6
|
|||
3.3 Menampilkan
peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.
|
3.3.1. Menuliskan tujuan organisasi di
sekolah
|
V
|
V
|
14
7
|
||
3.3.2. Menyebutkan tugas ketua dalam
organisasi
|
V
|
V
|
15
8
|
|||
3.3.3. Menyebutkan tugas sekretaris
dalam organisasi
|
V
|
V
|
16
9
|
|||
3.3.4. Menyebutkan tugas bendahara
dalam organisasi
|
V
|
V
|
17
5
|
|||
3.3.5. Menyebutkan peranan komite
sekolah dalam organisasi sekolah
|
V
|
V
|
18
10
|
|||
3.3.6. Menunjukkan peran serta
organisasi di sekolah
|
V
|
19
|
||||
3.3.7. Menjelaskan perlunya kita
sebagai manusia menjadi anggota organisasi
|
V
|
20
|
KISI-KISI UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN
PELAJARAN 2012 / 2013
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : V
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO.
SOAL
|
||
PG
|
ISIAN
|
URAIAN
|
||||
5. Memahami
cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara
lisan.
|
5.1.
Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan
secara lisan
|
5.1.1.
Menulis ringkasan cerita dalam beberapa
kalimat
|
V
|
V
|
V
|
1
1
1
|
5.1.2.
Memberikan tanggapan tentang isi cerita
|
V
V
|
V
|
2
3
2
|
|||
5.1.3.
Menjelaskan amanat yang terkandung dalam
cerita
|
V
V
|
4
5
|
||||
5.2.
Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema latar, amanat)
|
5.2.1.
Menuliskan tokoh-tokoh dalam cerita
|
V
V
|
V
|
6
7
3
|
||
5.2.2.
menjelaskan tema yang terkandung dalam cerita
|
V
|
V
|
8
2
|
|||
5.2.3.
Menyebutkan latar cerita
|
V
V
|
V
|
V
|
9
10
3
4
|
||
5.2.4.
Mengungkapkan amanat yang terkandung dalam
cerita
|
V
|
V
|
V
|
11
4
5
|
||
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara
lisan dalam diskusi dan bermain drama,
|
6.1.
Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan
memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
|
6.1.1.
Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang
ditemukan teman
|
V
|
V
|
12
5
|
|
6.1.2.
Menanggapi tentang persoalan yang ditemukan
teman
|
V
|
V
|
13
6
|
|||
6.1.3.
Memberikan pendapat tentang hal yang faktual
|
V
|
V
|
14
7
|
|||
6.1.4.
Menuliskan alasan secara logis
|
V
|
V
|
15
8
|
|||
6.2. Memerankan tokoh dalam drama dengan
lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
6.2.1.
Menyebutkan ciri-ciri naskah drama
|
V
|
V
|
16
9
|
||
6.2.2.
Menuliskan penggunaan tanda titik dua (:)
dalam menulis naskah drama
|
V
|
V
|
17
10
|
|||
6.2.3.
memerankan tokoh drama pendek dengan lafal,
intonasi dan ekspresi sesuai karakter tertentu
|
V
|
18
|
||||
6.2.4.
Membaca naskah drama pendek dengan lafal yang
benar
|
V
|
19
|
||||
6.2.5.
Bermain peran sesuai dengan karakter dalam
naskah drama
|
V
|
20
|
KISI-KISI
UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
MATA PELAJARAN
: MATEMATIKA
KELAS : V
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO.
SOAL
|
||
PG
|
ISIAN
|
URAIAN
|
||||
5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita
pendek anak yang disampaikan secara lisan.
|
5.1. Mengubah
pecahan ke bentuk persen dan decimal serta
sebaliknya
|
5.1.1.
Mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk persen
dan sebaliknya
|
V
V
V
|
V
V
|
V
|
1
2
3
1
2
1
|
5.1.2.
Mengubah persen ke pecahan decimal
|
V
V
V
V
|
V
|
V
|
4
5
6
7
3
2
|
||
5.2.
Menjumlah dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
|
5.2.1.
Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan
pecahan
|
V
V
V
|
V
V
|
V
|
8
9
10
4
5
3
|
|
5.3
Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
|
5.3.1.
Menentukan hasil perkalian berbagai bentuk
pecahan
|
V
V
V
V
|
V
|
11
12
13
14
6
|
||
5.3.2.
Menentukan hasil pembagian berbagai bentuk
pecahan
|
V
V
V
|
V
V
|
V
|
15
16
17
7
8
4
|
||
5.4
Menggunakan pecahan dalam masalah per-bandingan dan skala
|
5.4.1.
Menjelaskan arti skala
|
V
V
V
|
V
V
|
V
|
18
19
20
9
10
5
|
KISI-KISI
UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
MATA PELAJARAN
: ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS : V
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
BENTUK SOAL
|
NO.
SOAL
|
||
PG
|
ISIAN
|
URAIAN
|
||||
5.Memahami hubungan
antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
|
5.1. Mendeskripsikan hubungan
antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek,
gaya magnet)
|
5.1.1.
Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetik
dan yang tidak magnetic.
|
V
|
V
|
1
1
|
|
5.1.2.
Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus
beberapa benda melalui percobaan
|
V
|
2
|
||||
5.1.3.
Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam
kehidupan sehari-hari.
|
V
|
V
|
3
2
|
|||
5.1.4.
Membuat magnet
|
V
|
V
|
4
1
|
|||
5.2.
Menjelaskan
pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih
cepat.
|
5.2.1.
Mengidentifikasi bebagai jenis pesawat sederhana,
misal pengungkit, bidang miring, katrol serta roda
|
V
|
V
|
5
2
|
||
5.2.2.
Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai
pengungkit, katrol serta roda
|
V
|
V
|
6
3
|
|||
6.1.
Mendeksipsikan sifat-sifat cahaya
|
5.3.1.
Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai
berbagai benda (bening, berwarna, gelap)
|
V
|
V
|
7
4
|
||
5.3.2.
Mendemonstrasikan sifat-sifat cahaya yang mengenai
cermin datar dan cermin lengkung (cembung dan cekung)
|
V
|
V
|
8
3
|
|||
5.3.3.
Membandingkan gerak benda pada permukaan yang
berbeda-beda (kasar, halus)
|
V
|
V
|
9
5
|
|||
5.3.4.
Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau
memperbesar gaya gesek
|
V
|
V
|
10
6
|
|||
5.3.5.
Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan
oleh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari
|
V
|
V
|
11
7
|
|||
5.3.6.
Membandingkan kecepatan jatuh dua buah benda (yang
berbeda berat, bentuk dan ukuran) dari ketinggian tertentu
|
V
|
V
|
12
4
|
|||
5.3.7.
Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan
benda bergerak ke bawah
|
V
|
V
|
13
8
|
|||
5.3.8.
Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi
bumi
|
V
|
V
|
14
5
|
|||
5.3.9.
Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya
dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan
|
V
|
V
|
15
9
|
|||
6.2 Membuat
suatu karya/ model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya
|
6.2.1.
Menentukan model yang akan dibuat dengan
menerapkan sifat-sifat cahaya, misalnya periskop, lensa sederhana
|
V
|
16
|
|||
6.2.2.
Memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang
sesuai
|
||||||
6.2.3.
Menggunakan bahan/ benda
|
V
|
10
|
||||
6.2.4.
Membuat karya model yang sesuai dengan rancangan
|
V
|
17
|
||||
6.2.5.
Menguji hasil karyanya
|
V
|
18
|
||||
6.2.6.
Memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan
karya model yang terbaik
|
V
|
19
|
||||
6.2.7.
Menerapkan prinsip keselamatan kerja
|
V
|
20
|
KISI-KISI
UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
MATA
PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS : V
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO.
SOAL
|
||
PG
|
ISIAN
|
URAIAN
|
||||
2.Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia. Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia
|
2.1. Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
2.1.1.
Menceritakan sebab-sebab jatuhnya
daerah-daerah Nusantara kedalam kekuasaan Pemerintah Belanda
|
V
V
V
|
V
|
1
2
3
1
|
|
2.1.2.
Menjelaskan sumber kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan
Indonesia
|
V
V
V
|
V
V
|
4
5
6
2
3
|
|||
2.1.3.
Menceritakan perjuangan para tokoh daerah
dalam upaya mengusir penjajah Belanda
|
V
V
V
|
V
V
|
V
|
7
8
9
4
5
1
|
||
2.1.4.
Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
|
V
V
V
|
V
V
|
V
|
10
11
12
6
7
2
|
||
2.1.5.
Menceritakan sebab dan akibat pengerahan
tenaga Romusha oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
|
V
V
V
|
V
|
V
|
13
14
15
8
3
|
||
2.2
Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan
IndonesiA.
|
2.1.1.
Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam
mempersiapkan kemerdekaan
|
V
V
V
|
V
|
V
|
16
17
18
9
4
|
|
2.1.2.
Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh
persiapan kemerdekaan
|
V
V
|
V
|
V
|
19
20
10
5
|
KISI-KISI UJIAN SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2012
/ 2013
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS : III
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
BENTUK
SOAL
|
NO.
SOAL
|
||
PG
|
ISIAN
|
URAIAN
|
||||
5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita
pendek anak yang disampaikan secara lisan.
|
5.1. Mengubah
pecahan ke bentuk persen dan decimal serta
sebaliknya
|
5.1.3.
Mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk persen
dan sebaliknya
|
V
V
V
|
V
V
|
V
|
1
2
3
1
2
1
|
5.1.4.
Mengubah persen ke pecahan decimal
|
V
V
V
V
|
V
|
V
|
4
5
6
7
3
2
|
||
5.2.
Menjumlah dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
|
5.2.2.
Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan
pecahan
|
V
V
V
|
V
V
|
V
|
8
9
10
4
5
3
|
|
5.3
Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
|
5.3.3.
Menentukan hasil perkalian berbagai bentuk
pecahan
|
V
V
V
V
|
V
|
11
12
13
14
6
|
||
5.3.4.
Menentukan hasil pembagian berbagai bentuk
pecahan
|
V
V
V
|
V
V
|
V
|
15
16
17
7
8
4
|
||
5.4
Menggunakan pecahan dalam masalah per-bandingan dan skala
|
5.4.2.
Menjelaskan arti skala
|
V
V
V
|
V
V
|
V
|
18
19
20
9
10
5
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar