Jumat, 23 November 2012

Kisi-kisi UTS genap kls. 3


KISI-KISI UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS : V


STANDAR
KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR
BENTUK SOAL

NO.
SOAL
PG
ISIAN
URAIAN











3. Memahami kebebasan berorganisasi

3.1 Mendeskripsikan pengertian organisasi.
3.1.1.      Menyebutkan arti organisasi

V



V
1
1
3.1.2.      Membedakan arti organisasi pemerintah dengan non pemerintah

V


V

2
1
3.1.3.      Menuliskan sekurang-kurangnya 2 pengurus dalam organisasi
V


3
3.1.4.      Menuliskan pasal 28E ayat 3 tentang setiap orang mempunyai kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat
V


V

4
2
3.1.5.      Menyebutkan siapa saja yang terlibat dalam organisasi
V




V
5
2
3.1.6.      Menyebutkan salah satu asas yang terdapat dalam organisasi
V

V

6
3
3.2 Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat
3.2.1.                   Menyebutkan contoh organisasi di sekolah
V


V
7
3
3.2.2.                   Menuliskan struktur organisasi di sekolah
V


V
8
4
3.2.3.                   Menulis tugas dan kewajiban tiap pengurus
V
V


V

9
10
4
3.2.4.                   Menuliskan sifat-sifat pengurus yang baik
V


11
3.2.5.                   Menyebutkan beberapa bentuk organisasi di masyarakat
V

V

12
5
3.2.6.                   Menuliskan ketua RT/RW di wilayahnya
V

V

13
6
3.3 Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.
3.3.1.      Menuliskan tujuan organisasi di sekolah
V


V

14
7
3.3.2.      Menyebutkan tugas ketua dalam organisasi
V


V

15
8
3.3.3.      Menyebutkan tugas sekretaris dalam organisasi
V


V


16
9
3.3.4.      Menyebutkan tugas bendahara dalam organisasi
V


V
17
5
3.3.5.      Menyebutkan peranan komite sekolah dalam organisasi sekolah
V

V

18
10
3.3.6.      Menunjukkan peran serta organisasi di sekolah
V


19
3.3.7.      Menjelaskan perlunya kita sebagai manusia menjadi anggota organisasi
V


20
KISI-KISI UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS : V

STANDAR
KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO.
SOAL
PG
ISIAN
URAIAN
5.         Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.
5.1. Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan

5.1.1.    Menulis ringkasan cerita dalam beberapa kalimat
V

V



V
1
1
1
5.1.2.    Memberikan tanggapan tentang isi cerita
V
V





V
2
3
2
5.1.3.    Menjelaskan amanat yang terkandung dalam cerita
V
V




4
5
5.2. Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema latar, amanat)
5.2.1.     Menuliskan tokoh-tokoh dalam cerita
V
V





V
6
7
3
5.2.2.     menjelaskan tema yang terkandung dalam cerita
V

V


8
2
5.2.3.     Menyebutkan latar cerita
V
V


V



V
9
10
3
4
5.2.4.     Mengungkapkan amanat yang terkandung dalam cerita
V

V


V
11
4
5




6.  Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama,
6.1. Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
6.1.1.    Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang ditemukan teman 
V

V

12
5
6.1.2.    Menanggapi tentang persoalan yang ditemukan teman 
V

V

13
6
6.1.3.    Memberikan pendapat tentang hal yang faktual
V

V

14
7
6.1.4.    Menuliskan alasan secara logis
V

V

15
8
6.2. Memerankan tokoh dalam drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
6.2.1.    Menyebutkan ciri-ciri naskah drama
V

V

16
9
6.2.2.    Menuliskan penggunaan tanda titik dua (:) dalam menulis naskah drama
V


V

17
10
6.2.3.    memerankan tokoh drama pendek dengan lafal, intonasi dan ekspresi sesuai karakter tertentu
V



18
6.2.4.    Membaca naskah drama pendek dengan lafal yang benar
V


19
6.2.5.        Bermain peran sesuai dengan karakter dalam naskah drama
V


20
KISI-KISI UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS : V
STANDAR
KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO.
SOAL
PG
ISIAN
URAIAN

















5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.




5.1. Mengubah                   pecahan ke bentuk persen dan decimal serta sebaliknya

5.1.1.    Mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk persen dan sebaliknya

V
V
V



V
V






V
1
2
3
1
2
1
5.1.2.    Mengubah persen ke pecahan decimal
V
V
V
V




V





V
4
5
6
7
3
2
5.2. Menjumlah dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
5.2.1.    Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan
V
V
V






V
V






V
8
9
10
4
5
3
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan       
     
5.3.1.     Menentukan hasil perkalian berbagai bentuk pecahan
V
V
V
V




V




11
12
13
14
6
5.3.2.     Menentukan hasil pembagian berbagai bentuk pecahan
V
V
V



V
V



V
15
16
17
7
8
4
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah per-bandingan dan skala       
5.4.1.    Menjelaskan arti skala

V
V
V





V
V





V
18
19
20
9
10
5

KISI-KISI UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS : V

STANDAR
KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO.
SOAL
PG
ISIAN
URAIAN
















5.Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya





5.1. Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
5.1.1.   Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetik dan yang tidak magnetic.
V

V

1
1
5.1.2.   Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan
V



2
5.1.3.   Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
V

V

3
2
5.1.4.   Membuat magnet
V


V
4
1
5.2.   Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat.
5.2.1.   Mengidentifikasi bebagai jenis pesawat sederhana, misal pengungkit, bidang miring, katrol serta roda
V


V
5
2
5.2.2.   Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, katrol serta roda
V

V

6
3
6.1. Mendeksipsikan sifat-sifat cahaya          
     
5.3.1.   Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, gelap)
V

V


7
4
5.3.2.   Mendemonstrasikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung dan cekung)
V


V
8
3
5.3.3.   Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus)
V

V

9
5
5.3.4.   Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesek
V

V

10
6
5.3.5.   Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari
V

V

11
7
5.3.6.   Membandingkan kecepatan jatuh dua buah benda (yang berbeda berat, bentuk dan ukuran) dari ketinggian tertentu
V



V
12
4
5.3.7.   Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah
V

V

13
8
5.3.8.   Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi bumi
V


V
14
5
5.3.9.   Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan
V

V

15
9
6.2 Membuat suatu karya/ model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana  dengan menerapkan sifat-sifat cahaya          
6.2.1.   Menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misalnya periskop, lensa sederhana
V




16
6.2.2.   Memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai




6.2.3.   Menggunakan bahan/ benda

V

10
6.2.4.   Membuat karya model yang sesuai dengan rancangan
V


     17
6.2.5.   Menguji hasil karyanya
V


18
6.2.6.   Memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya model yang terbaik
V


19
6.2.7.   Menerapkan prinsip keselamatan kerja
V


20

KISI-KISI UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS : V

STANDAR
KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO.
SOAL
PG
ISIAN
URAIAN





2.Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.  Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
2.1. Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
2.1.1.    Menceritakan sebab-sebab jatuhnya daerah-daerah Nusantara kedalam kekuasaan Pemerintah Belanda
V
V
V



V




1
2
3
1
2.1.2.    Menjelaskan sumber kerja  paksa dan penarikan pajak yang memberatkan Indonesia
V
V
V



V
V

4
5
6
2
3
2.1.3.    Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
V
V
V



V
V





V
7
8
9
4
5
1
2.1.4.    Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
V
V
V



V
V





V
10
11
12
6
7
2
2.1.5.    Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga Romusha oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
V
V
V



V




V
13
14
15
8
3
2.2 Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan IndonesiA.
2.1.1.     Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
V
V
V



V




V
16
17
18
9
4
2.1.2.     Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh persiapan kemerdekaan
V
V


V



V
19
20
10
5
KISI-KISI UJIAN SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS : III
STANDAR
KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR
BENTUK SOAL
NO.
SOAL
PG
ISIAN
URAIAN

















5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.




5.1. Mengubah                   pecahan ke bentuk persen dan decimal serta sebaliknya

5.1.3.    Mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk persen dan sebaliknya

V
V
V



V
V






V
1
2
3
1
2
1
5.1.4.    Mengubah persen ke pecahan decimal
V
V
V
V




V





V
4
5
6
7
3
2
5.2. Menjumlah dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
5.2.2.    Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan
V
V
V






V
V






V
8
9
10
4
5
3
5.3 Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan       
     
5.3.3.     Menentukan hasil perkalian berbagai bentuk pecahan
V
V
V
V




V




11
12
13
14
6
5.3.4.     Menentukan hasil pembagian berbagai bentuk pecahan
V
V
V



V
V



V
15
16
17
7
8
4
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah per-bandingan dan skala       
5.4.2.    Menjelaskan arti skala

V
V
V





V
V





V
18
19
20
9
10
5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar