Kamis, 15 November 2012

RPP IPS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   V/ 2
Alokasi Waktu             :            x 35 menit
                                         
A.  STANDAR KOMPETENSI
ÿ   Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan Indonesia
B.  KOMPETENSI DASAR
2.1    Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang
C.  INDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat menjelaskan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.      Tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang
Afektif
a.   Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
b.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
§  Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
§  Peranan sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia

F.  Model dan Metode Pembelajaran
1.   Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
2.   Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama, kedua dan ketiga

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa
ÿ  Menjelaskan mekanisme pembelajaran yang akan dilakukan
Kegiatan Inti (       menit)
2.


3.





4.

Menyajikan Informasi
ÿ  Siswa dapat memahami peta konsep tentang perang dunia ke 2
ÿ  Memahami istilah perang dunia ke 2
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
ÿ  Siswa menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ  Menjelaskan sebab meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia
ÿ  Tanya jawab seputar tokoh-tokoh Islam yang menentang kedatangan Belanda
ÿ  Mengajak siswa memperhatikan peta pendaratan pasukan Jepang ke Indonesia
ÿ  Mengadakan tanya jawab mengenai lembaga-lembaga bentukan Jepang
ÿ  Menjawab pertanyaan tentang sebab akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang
ÿ  Guru menguji keterampilan  dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ  Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar


Kegiatan Akhir (      menit )

5.



6.
Evaluasi
ÿ  Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ  Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan soal-soal latihan tentang magnet
Memberikan penghargaan
ÿ  Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen kehadiran siswa
ÿ  Menjelaskan mekanisme pembelajaran yang akan dilakukan
Kegiatan Inti (       menit)
2.

3.





4.

Menyajikan Informasi
ÿ  Siswa dapat memahami peta konsep tentang peranan pemuda
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
ÿ  Siswa menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ  Menjelaskan secara singkat latar belakang munculnya pergerakan nasional
ÿ  Menugaskan siswa untuk membuat profil riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional, seperti RA Kartini, Dewi Sartika, Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker
ÿ  Menugasri siswa membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di provinsi tempat tinggalnya
ÿ  Melakukan diskusi kelas tentang peristiwa sumpah pemuda (konggres pemuda I dan II)
ÿ  Menugaskan siswa membuat catatan mengenal peranan tiga tokoh penting dalam peristiwa sumpah pemuda
ÿ  Menugaskan setiap siswa menjawab pertanyaan dan kesimputan mengenai peranan sumpah pemuda dalam mempersatukan Indonesia
ÿ  Guru menguji keterampilan  dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ  Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar


Kegiatan Akhir (      menit )

5.



6.
Evaluasi
ÿ  Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ  Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan soal-soal latihan tentang magnet
Memberikan penghargaan
ÿ  Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

H.     Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat Peraga   :   Gambar, Peta
§  Sumber          :   Pengetahuan Sosial
I.          Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
§  Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat
§  Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
§  Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
§  Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
§  Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional
§  Membuat laporan tentang  tokoh pejuang yang ada di provinsinya
§  Menceritakan peristiwa sumpah pemuda
§  Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
§  Menceritakan peranan tokoh  dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
Tertulis

Uraian
Jelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   V/ 2
Alokasi Waktu             :               x 35 menit

A.       STANDAR KOMPETENSI
2.  Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan Indonesia
B.        KOMPETENSI DASAR
2.2  Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
C.   INDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
Afektif
b.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.      Tanpa membuka buku, siswa dapat menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
Afektif
a.   Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
ÿ  Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
§  Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara
F.  Model dan Metode Pembelajaran
1.   Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
2.   Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama, kedua dan ketiga
Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
ÿ  Bertanya jawab. dengan siswa mengenai tokoh yang terlibat dalam perang kemerdekaan
Kegiatan Inti (       menit)
2.

3.





4.

Menyajikan Informasi
ÿ  Siswa dapat memahami peta konsep tentang peranan pemuda
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
ÿ  Siswa menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ  Menjelaskan usaha dan kerja keras para tokoh datam mempersiapkan kemerdekaan
ÿ  Memberi tugas melakukan studi pustaka secara berkelompok üntuk mencari lembaga-lembaga bentukan Jepang dalam persiapan mencapai kemerdekaan
ÿ  Menugaskan siswa mendiskusikan perlunya perumusan dasar negara bagi Indonesia
ÿ  Menugaskan siswa mengenai tokoh-tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan
ÿ  Menugaskan siswa untuk menuliskan bagaimana cara menghargai para pahlawan
ÿ  Guru menguji keterampilan  dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ  Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar


Kegiatan Akhir (      menit )

5.



6.
Evaluasi
ÿ  Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ  Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan soal-soal latihan tentang magnet
Memberikan penghargaan
ÿ  Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

H.   Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat               :   Gambar
§  Sumber          : Pengetahuan Sosial
I.      Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
§  Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
§  Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan   kemerdekaan
§  Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh   dalam mempersiapkan kemerdekaan
Tertulis

Uraian
Jelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas /  Semester         :   V/ 2
Alokasi Waktu             :               x 35 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
2.  Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan Indonesia
B.    KOMPETENSI DASAR
2.3   Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
C.   INDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.      Tanpa membuka buku, siswa dapat menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
Afektif
a.   Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
b.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
§  Proklamasi kemerdekaan Indonesia
F.  Model dan Metode Pembelajaran
1.   Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
2.   Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama, kedua dan ketiga
Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
ÿ  Bertanya jawab. dengan siswa tentang proklamasi kemerdekaan
Kegiatan Inti (       menit)
2.

3.





4.

Menyajikan Informasi
ÿ  Siswa dapat memahami peta konsep tentang peranan pemuda
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
ÿ  Siswa menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ  Siswa dapat Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
ÿ  Menyebutkan tokoh-tokoh dalammemproklamasikan kemerdekaan
ÿ  Menugaskan siswa secara berkelompok untuk mengidentifikasi dua tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
ÿ  Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam dalam memprokiamasikan kemerdekaan
ÿ  Mengajak siswa mencari jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan  kemerdekaan
ÿ  Guru menguji keterampilan  dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ  Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar


Kegiatan Akhir (      menit )

5.



6.
Evaluasi
ÿ  Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ  Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan soal-soal latihan tentang magnet
Memberikan penghargaan
ÿ  Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

H.   Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat               :   Gambar
§  Sumber          :   Buku IPS kelas
                                      Buku penunjang yang relevan
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§  Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokmasikan   kemerdekaan
Tertulis

Jawab Singkat
Sebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   V/ 2
Alokasi Waktu             :             x 35 menit

A.  Standar Kompetensi
2.  Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mem­pertahankan Kemerdekaan Indonesia
B.  Kompetensi Dasar
2.4  Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem­pertahankan kemerdekaan
C.   INDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat menghargai perjuangan para tokoh dalam mem­pertahankan kemerdekaan
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.      Tanpa membuka buku, siswa dapat menghargai perjuangan para tokoh dalam mem­pertahankan kemerdekaan
Afektif
a.   Pendidikan Karakter
Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
a.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
§  Proklamasi kemerdekaan Indonesia
F.  Model dan Metode Pembelajaran
1.   Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
2.   Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama, kedua dan ketiga
Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ  Siswa berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
ÿ  Untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, guru rnemperlihatkan gambar-gambar tokoh perjuangan, kemudian mengajukan beberapa pertanyaan sesuai materi
Kegiatan Inti (       menit)
2.

3.





4.

Menyajikan Informasi
ÿ  Siswa dapat memahami peta konsep tentang peranan pemuda
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
ÿ  Siswa menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ  Mengadakan tanya jawab tentang cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
ÿ  Guru menjelaskan cara bersikap menghargai para tokoh perjuangan
ÿ  Guru menguji keterampilan  dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ  Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar


Kegiatan Akhir (      menit )

5.



6.
Evaluasi
a. Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
b.      Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan soal-soal latihan tentang magnet
Memberikan penghargaan
a.       Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
b.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

2.     Alat Dan Sumber Bahan
§  Alat               :   Gambar
§  Sumber          : Buku IPS kelas V yang relevan
3.     Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§  Menunjukkan sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
Tertulis

Jawab Singkat
Jelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar