RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : V/ 2
Alokasi Waktu :
x 35 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
ÿ Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
Kemerdekaan Indonesia
B.
KOMPETENSI DASAR
2.1 Mendeskripsikan perjuangan para tokoh
pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa dapat menjelaskan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan
Jepang
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan perjuangan para tokoh pejuang pada
penjajahan Belanda dan Jepang
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
b.
Keterampilan
Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
§ Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan
nasional Indonesia
§ Peranan sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam
mempersatukan Indonesia
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2.
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama, kedua dan ketiga
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Menjelaskan mekanisme
pembelajaran yang akan dilakukan
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ
Siswa dapat memahami peta konsep tentang perang dunia ke 2
ÿ
Memahami
istilah perang dunia ke 2
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi
secara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Menjelaskan sebab meletusnya perang dunia II dan
kedatangan Jepang ke Indonesia
ÿ Tanya jawab seputar tokoh-tokoh Islam
yang menentang kedatangan Belanda
ÿ Mengajak siswa memperhatikan peta
pendaratan pasukan Jepang ke Indonesia
ÿ Mengadakan tanya jawab mengenai lembaga-lembaga bentukan Jepang
ÿ Menjawab pertanyaan tentang sebab akibat pergerakan
tenaga romusa oleh Jepang
ÿ Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan
soal-soal latihan tentang magnet
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Menjelaskan mekanisme
pembelajaran yang akan dilakukan
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ
Siswa dapat memahami peta konsep tentang peranan pemuda
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Menjelaskan secara singkat latar
belakang munculnya pergerakan nasional
ÿ Menugaskan siswa untuk membuat profil
riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional, seperti RA Kartini,
Dewi Sartika, Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker
ÿ Menugasri siswa membuat laporan tentang tokoh
pejuang yang ada di
provinsi tempat tinggalnya
ÿ Melakukan diskusi kelas tentang
peristiwa sumpah pemuda (konggres
pemuda I dan II)
ÿ Menugaskan siswa membuat catatan
mengenal peranan tiga tokoh penting dalam peristiwa sumpah pemuda
ÿ Menugaskan setiap siswa menjawab
pertanyaan dan kesimputan mengenai peranan sumpah pemuda dalam mempersatukan
Indonesia
ÿ Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan
soal-soal latihan tentang magnet
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
H.
Alat Dan
Sumber Bahan
§ Alat Peraga : Gambar, Peta
§ Sumber :
Pengetahuan Sosial
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menceritakan
sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
§ Menjelaskan
sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat
§ Menceritakan
perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
§ Menceritakan
pendudukan Jepang di Indonesia
§ Menceritakan
sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk
Indonesia
§ Membuat
ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional
§ Membuat
laporan tentang tokoh pejuang yang ada
di provinsinya
§ Menceritakan
peristiwa sumpah pemuda
§ Menceritakan
peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
§ Menceritakan
peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam
mempersatukan Indonesia
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : V/ 2
Alokasi Waktu :
x 35 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Menghargai peranan tokoh pejuang
dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
B.
KOMPETENSI DASAR
2.2
Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa dapat menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia
Afektif
b. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Tanpa membuka buku, siswa dapat menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam
mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
ÿ Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
§ Persiapan kemerdekaan Indonesia dan
perumusan dasar negara
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2.
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama, kedua dan ketiga
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa berdo'a dan selanjutnya guru
mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
ÿ Bertanya jawab. dengan siswa mengenai
tokoh yang terlibat dalam perang kemerdekaan
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ
Siswa dapat memahami peta konsep tentang peranan pemuda
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Menjelaskan usaha dan kerja keras para
tokoh datam mempersiapkan kemerdekaan
ÿ Memberi tugas melakukan studi pustaka
secara berkelompok üntuk mencari lembaga-lembaga bentukan Jepang dalam
persiapan mencapai kemerdekaan
ÿ Menugaskan siswa mendiskusikan perlunya
perumusan dasar negara bagi Indonesia
ÿ Menugaskan siswa mengenai tokoh-tokoh
yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan
ÿ Menugaskan siswa untuk menuliskan
bagaimana cara menghargai para pahlawan
ÿ Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan
soal-soal latihan tentang magnet
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
H. Alat Dan Sumber Bahan
§ Alat : Gambar
§ Sumber :
Pengetahuan Sosial
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan
beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
§ Menjelaskan
perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
§ Mengidentifikasi
beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
§ Menunjukkan
sikap menghargai jasa para tokoh dalam
mempersiapkan kemerdekaan
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : V/
2
Alokasi Waktu :
x 35 menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI
2. Menghargai peranan tokoh pejuang
dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
B.
KOMPETENSI
DASAR
2.3 Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan
kemerdekaan Indonesia
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa dapat menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan
kemerdekaan Indonesia
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Tanpa membuka buku, siswa dapat menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam
mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
b.
Keterampilan
Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
§ Proklamasi kemerdekaan Indonesia
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2.
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama, kedua dan ketiga
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa berdo'a dan selanjutnya guru
mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
ÿ Bertanya jawab. dengan siswa tentang
proklamasi kemerdekaan
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ
Siswa dapat memahami peta konsep tentang peranan pemuda
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Siswa dapat Menghargai jasa dan peranan
tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
ÿ Menyebutkan tokoh-tokoh
dalammemproklamasikan kemerdekaan
ÿ Menugaskan siswa secara berkelompok
untuk mengidentifikasi dua tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
ÿ Menceritakan jasa dan peranan tokoh
dalam dalam memprokiamasikan kemerdekaan
ÿ Mengajak siswa mencari jasa dan peranan
tokoh dalam memproklamasikan
kemerdekaan
ÿ Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan
soal-soal latihan tentang magnet
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
H. Alat Dan Sumber Bahan
§ Alat : Gambar
§ Sumber :
Buku IPS kelas
Buku
penunjang yang relevan
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menyebutkan
tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§ Menceritakan
jasa dan peranan tokoh dalam memprokmasikan
kemerdekaan
|
Tertulis
|
Jawab
Singkat
|
Sebutkan
tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : V/ 2
Alokasi Waktu :
x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
2. Menghargai peranan tokoh pejuang
dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
B.
Kompetensi Dasar
2.4
Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa dapat menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Tanpa membuka buku, siswa dapat menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan
kemerdekaan
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
a.
Keterampilan
Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
§ Proklamasi kemerdekaan Indonesia
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2.
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama, kedua dan ketiga
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa berdo'a dan selanjutnya guru
mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
ÿ Untuk membangkitkan motivasi belajar
siswa, guru rnemperlihatkan gambar-gambar tokoh perjuangan, kemudian
mengajukan beberapa pertanyaan sesuai materi
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ
Siswa dapat memahami peta konsep tentang peranan pemuda
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya jawab,
latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Mengadakan tanya jawab tentang cara
mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
ÿ Guru menjelaskan cara bersikap
menghargai para tokoh perjuangan
ÿ Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
|
5.
6.
|
Evaluasi
a. Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
b. Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan
soal-soal latihan tentang magnet
Memberikan penghargaan
a.
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
b. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
2. Alat
Dan Sumber Bahan
§ Alat : Gambar
§ Sumber :
Buku IPS kelas V yang relevan
3. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan
cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§ Menunjukkan
sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
|
Tertulis
|
Jawab
Singkat
|
Jelaskan
cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar