Rabu, 14 November 2012

RPP PKN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran      :   Pendidikan Kewarganegaraan                         
Kelas / Semester    :   V / 2
Alokasi Waktu      :        x 35 menit (      pertemuan).

A.   STANDAR KOMPETENSI                
3. Memahami kebebasan berorganisasi.
B.   KOMPETENSI DASAR 
3.1. Mendekripsikan pengertian organisasi
C.  INDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi. 
2.      Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
3.      Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
4.      Siswa dapat menyebutkan contoh struktur organisasi.
5.      Siswa dapat merumuskan contoh tata tertib organisasi.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.      Tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi. 
  1. Tanpa membuka buku, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan dan anggota organisasi.
  2. Tanpa membuka buku, siswa dapat menyebutkan contoh struktur dan tata tertib organisasi.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
1.      Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
2.      Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.      Keterampilan Sosial
1.      Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E.  Materi Ajar
§  Pengertian organisasi
§  Ciri-ciri organisasi.
     Tujuan organisasi.   -  Anggota organisasi.     -  Struktur organisasi.   -  Tata tertib organisasi. 

F.  Model dan Metode Pembelajaran
  1. Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
  2. Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ   Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ   Guru bertanya pada siswa tentang organisasi yang ada di sekolah.
Kegiatan Inti (       menit)
2.




3.





4.

Mempresentasikan Informasi
ÿ  Guru memancing agar siswa mencoba membuat definisi kata “organisasi”. 
ÿ  Menanggapi. penjelasan nara sumber.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu mengundi nama jenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat untuk dibahas oleh tiap kelompok
ÿ  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat
ÿ  Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi

Kegiatan Akhir (      menit )
5.








6.
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR

H.  Sumber/Bahan Belajar
§  Gambar diagram struktur organisasi apa saja yang ada di lingkungan sekolah.
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§  Lingkungan sekolah.
§  Masyarakat sekitar dan lingkungan kehidupan siswa di luar sekolah.
I.       Penilaian 
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Mendeskripsikan pengertian organisasi.
§ Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
§ Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
§ Merumuskan contoh struktur organisasi.
§ Merumuskan contoh tata tertib organisasi.
§ Tugas kelompok.
§ Observasi.
§ Penilaian tertulis.
§ Penilaian unjuk kerja
§ Keterlibatan anak dalam diskusi.
§ Menurutmu, siapakah yang berhak menjadi anggota organisasi pecinta perangko?
§ Siapa pemegang jabatan tertinggi di sekolahmu?


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah     :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan                                 
Kelas                     :   V (Lima)
Semester               :   2 (Dua)
Alokasi Waktu    :      x 35 menit (    pertemuan).


Standar Kompetensi                  
3. Memahami kebebasan berorganisasi

Kompetensi Dasar
3.2  Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.

C.  INDIKATOR  
Kognitif
6.      Siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi. 
7.      Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
8.      Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
9.      Siswa dapat menyebutkan contoh struktur organisasi.
10.  Siswa dapat merumuskan contoh tata tertib organisasi.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.      Tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi. 
2.   Tanpa membuka buku, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan dan anggota organisasi.
3.   Tanpa membuka buku, siswa dapat menyebutkan contoh struktur dan tata tertib organisasi.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
3.                                                                              Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
4.                                                                              Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi

E.  Materi Ajar
§  Pengertian organisasi
§  Ciri-ciri organisasi.
     Tujuan organisasi.
     Anggota organisasi.
     Struktur organisasi.
     Tata tertib organisasi. 

F.  Model dan Metode Pembelajaran
  1. Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
  2. Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ   Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ   Guru bertanya pada siswa tentang organisasi yang ada di sekolah.
Kegiatan Inti (        menit)
2.




3.





4.

Mempresentasikan Informasi
ÿ  Siswa diajak menyebutkan berbagai organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat.
ÿ  Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang fungsi organisasi-organisasi di sekolah dan masyarakat.
ÿ  Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang manfaat bergabung dengan sebuah organisasi di sekolah atau masyarakat. .
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu mengundi nama jenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat untuk dibahas oleh tiap kelompok
ÿ  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
ÿ  Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi

Kegiatan Akhir (          menit )
5.








6.
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR

E.   Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
§  Teman.
§  Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst.


               F.   Penilaian 
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.
§ Tugas kelompok.
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Tujuan organisasi Pramuka adalah ...
§  Jelaskan perbedaan organisasi dan perkumpulan!
§  Sebutkan organisasi apa saja yang ada di sekolahmu!
§  Sebutkan organisasi masyarakat yang ada di sekitar rumahmu!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah     :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran    :  Pendidikan Kewarganegaraan                                  
Kelas                     :  V (Lima)
Semeste                 :   2 (dua)
Alokasi Waktu    :  2 x 35 menit (1 pertemuan).


Standar Kompetensi                  
3. Memahami kebebasan berorganisasi

Kompetensi Dasar
3.3. Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.

C.  INDIKATOR  
Kognitif
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi. 
2.      Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
3.      Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
4.   Siswa dapat menyebutkan contoh struktur organisasi.
  1. Siswa dapat merumuskan contoh tata tertib organisasi.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi. 

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
        i.            Tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi. 
2.   Tanpa membuka buku, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan dan anggota organisasi.
3.   Tanpa membuka buku, siswa dapat menyebutkan contoh struktur dan tata tertib organisasi.
Afektif
c.       Pendidikan Karakter
5.                                                                              Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
6.                                                                              Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
d.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi



E.  Materi Ajar
Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dan buruk dalam memilih dan memanfaatkan organisasi yang ada di masyarakat.

F.  Model dan Metode Pembelajaran
  1. Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
  2. Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ   Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ   Guru bertanya pada siswa tentang organisasi yang ada di sekolah.
Kegiatan Inti (        menit)
2.














3.





4.

Mempresentasikan Informasi
ÿ   Siswa menyiapkan pensil warna atau cryon, serta fotokopi gambar
ÿ   Siswa memilih gambar dan mewarnainya. 
ÿ   Siswa menceritakan gambar dan alasan mememilih gambar.
ÿ  Guru memberikan ceramah kepada siswa tentang manfaat bergabung dengan sebuah organisasi di sekolah atau masyarakat. .
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu mengundi nama jenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat untuk dibahas oleh tiap kelompok
ÿ  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
ÿ  Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi

Kegiatan Akhir (          menit )
5.








6.
Evaluasi
a.      Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
b.     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
c.      Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
d.     Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR

H.   Sumber/Bahan Belajar
§  Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§  Teman.
§  Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.



I.    Penilaian 


Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
§ Tugas individu.

§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar dan krea-tivitas pewar-naan gambar)
§ Untuk membantu menjaga kesehatan murid-murid di sekolah,  Made sebaiknya
§ Apabila Robert bercita-cita menjadi penegak hukum, di sekolah sebaiknya Robert bergabung dengan ....
§ Agar dapat mempelajari berbagai keterampilan untuk hidup di alam terbuka, di sekolah sebaiknya Dina bergabung dengan ....




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Nama Sekolah     :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan                                 
Kelas / Semester  :   V / 2
Alokasi Waktu    :         x 35 menit (       pertemuan).


A.  Standar Kompetensi            
4.   Menghargai keputusan bersama.  

B.  Kompetensi Dasar
4.1 Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.

C.  INDIKATOR  
Kognitif
1.      Memahami definisi keputusan bersama.
2.      Memahami  bentuk-bentuk keputusan bersama.
  1. Memahami  prinsip-prinsip  musyawarah dan mufakat.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang keputusan bersama 

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.      Tanpa membuka buku, siswa memahami definisi keputusan bersama.
2.      Tanpa membuka buku, siswa memahami  bentuk-bentuk keputusan bersama.
3.      Tanpa membuka buku, siswa memahami  prinsip-prinsip  musyawarah dan mufakat.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
7.                                                                              Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
8.                                                                              Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.      Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi

E.  Materi Ajar
§  Pengertian keputusan bersama.
§  Bentuk-bentuk keputusan bersama.
§  Kemauan bermusyawarah untuk mufakat.
F.  Model dan Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
2.      Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ   Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ   Guru bertanya kepada siswa tentang peraturan yang berlaku di rumah dan telah ditetapkan oleh oangtua, misalnya jam pulang sekolah, tugas menyiram bunga, dan tanggung jawab memberi makan hewan peliharaan.
Kegiatan Inti (        menit)
2.























3.








4.




Mempresentasikan Informasi
ÿ  Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengertian keputusan bersama, bentuk-bentuk keputusan bersama, dan musyawarah untuk mufakat. 
ÿ  Siswa dan guru membuat generalisasi definisi keputusan bersama berdasarkan definisi yang telah dibuat oleh tiap siswa.
ÿ  Siswa menyebutkan jenis-jenis keputusan bersama, dan guru menuliskannya di papan tulis.
ÿ  Siswa maju ke depan kelas satu per satu, lalu menuliskan satu manfaat tentang musyawarah dan mufakat.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menyiapkan kelas diskusi
ÿ  Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu mengundi nama jenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat untuk dibahas oleh tiap kelompok
ÿ  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
ÿ  Siswa menuliskan pemahamannya tentang definisi keputusan bersama pada secarik kertas, lalu mengumpulkannya kepada guru.
ÿ  Seorang siswa membacakan semua definisi yang ditulis teman, lalu semua siswa membahasnya bersama guru.
ÿ  Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi

Kegiatan Akhir (          menit )
5.








6.
Evaluasi
ÿ  Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
ÿ  Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ  Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR


H.    Sumber/Bahan Belajar
3.      Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
4.      Orang tua.
5.      Teman.



I.   Penilaian  
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Memahami definisi keputusan bersama.
§ Memahami  bentuk-bentuk keputusan bersama.
§ Memahami  prinsip-prinsip  musyawarah dan mufakat.
§ Tugas individu.



§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap.
§ Penilaian unjuk kerja
§ Mengapa keputusan bersama dianggap penting?



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Nama Sekolah     :   SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran    :   Pendidikan Kewarganegaraan                                 
Kelas / Semester  :   V / 2
Alokasi Waktu    :          x 35 menit.

A.  Standar Kompetensi                     
4.   Menghargai keputusan bersama.  

B.  Kompetensi Dasar                         
4.2.    Memahami keputusan bersama.

C.  INDIKATOR  
Kognitif
1.      Menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.
Afektif
a.      Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
b.  Keterampilan Sosial
Melaksanakan presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang keputusan bersama 
Psikomotor
1.      Menjalankan berbagai bentuk keputusan bersama, serta melaksanakan hasil musyawarah.

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1.      Tanpa selalu diperingatkan, siswa dapat menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.
Afektif
b.      Pendidikan Karakter
9.                                                                              Dengan terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
10.                                                                          Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
c.       Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
Psikomotor
1.      Dengan adanya tata tertib, siswa dapat menjalankan berbagai bentuk keputusan bersama, serta melaksanakan hasil musyawarah.

E.  Materi Ajar
§  Pengertian keputusan bersama.
§  Bentuk-bentuk keputusan bersama.
§  Kemauan bermusyawarah untuk mufakat.
F.  Model dan Metode Pembelajaran
d.      Model Pembelajaran               :  Kooperatif tipe STAD
e.       Metode Pembelajaran             :  Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan

G.  Langkah-langkah Kegiatan
      Pertemuan Pertama dan kedua

Kegiatan Awal (      menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ   Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ   Guru bertanya kepada siswa tentang pengalaman menerima peraturan yang ditetapkan oleh orangtua, misalnya tugas menjaga adik, pembatasan waktu bermain, atau pengurangan jumlah uang jajan
Kegiatan Inti (        menit)
2.
















3.








4.




Mempresentasikan Informasi
ÿ   Guru meminta siswa berkonsentrasi mendengarkan cerita/contoh kasus yang akan dibacakan oleh guru.
ÿ   Guru mengarahkan siswa lain untuk menanggapi jawaban teman mereka, mengoreksi benar/salah, memberikan masukan/saran tentang cara bersikap, serta memberikan persetujuan terhadap sikap yang dipilih teman, atau memuji keputusan teman dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ  Guru menyiapkan kelas diskusi
ÿ  Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu mengundi nama jenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat untuk dibahas oleh tiap kelompok
ÿ  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
ÿ  Siswa menuliskan pemahamannya tentang definisi keputusan bersama pada secarik kertas, lalu mengumpulkannya kepada guru.
ÿ  Seorang siswa membacakan semua definisi yang ditulis teman, lalu semua siswa membahasnya bersama guru.
ÿ  Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi

Kegiatan Akhir (          menit )
5.








6.
Evaluasi
ÿ  Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
ÿ  Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ  Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR





H.  Sumber/Bahan Belajar
a.       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.) 
b.      Orangtua.
c.       Teman.
d.      Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.

I.       Penilaian

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§ Memahami definisi dan bentuk-bentuk keputusan bersama, serta musyawarah dan mufakat..
§ Menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.
§ Tugas individu
§ Penilaian sikap.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Keluargamu berbagi tugas membersihkan rumah. Kemu tidak senang membersihkan kamar mandi. Tetapi ayah menunjukmu membersihkan kamar mandi.
§ Apa pendapat Ayahmu tentang sikap ayahmu?
§ Di kelasmu sedang ada pemilihan ketua kelas. Ada dua calon ketua kelas, yaitu kamu dan Robert. Kamu ingin menjadi ketua kelas. Akan tetapi, wali kelasmu langsung memilih Robert sebagai ketua kelas.
1.      Apa yang kamu rasakan ketika mendengar keputusan tersebut?
2.      Apa pendapatmu tentang sikap wali kelasmu?
                               





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar