RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / 2
Alokasi Waktu : x 35 menit ( pertemuan).
A. STANDAR
KOMPETENSI
3. Memahami kebebasan
berorganisasi.
B. KOMPETENSI
DASAR
3.1. Mendekripsikan pengertian organisasi
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa dapat menjelaskan
pengertian organisasi.
2. Siswa dapat menyebutkan
contoh-contoh tujuan organisasi.
3. Siswa dapat menyebutkan
contoh-contoh anggota organisasi.
4. Siswa dapat menyebutkan contoh
struktur organisasi.
5. Siswa dapat merumuskan contoh
tata tertib organisasi.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Tanpa
membuka buku, siswa dapat menjelaskan pengertian organisasi.
- Tanpa membuka buku, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan dan anggota organisasi.
- Tanpa membuka buku, siswa dapat menyebutkan contoh struktur dan tata tertib organisasi.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
1.
Dengan terlibat secara aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat
mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
2.
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan
bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b. Keterampilan Sosial
1.
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
§ Pengertian organisasi
§ Ciri-ciri organisasi.
–
Tujuan organisasi. - Anggota organisasi. - Struktur
organisasi. - Tata tertib organisasi.
F. Model dan Metode Pembelajaran
- Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
- Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ Guru bertanya pada siswa
tentang organisasi yang ada di sekolah.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ Guru memancing agar siswa mencoba membuat definisi kata
“organisasi”.
ÿ Menanggapi. penjelasan nara sumber.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu
mengundi nama jenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat
untuk dibahas oleh tiap kelompok
ÿ memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru mengulang kembali kegiatan yang
telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR
|
H. Sumber/Bahan Belajar
§ Gambar diagram struktur
organisasi apa saja yang ada di lingkungan sekolah.
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§ Lingkungan sekolah.
§ Masyarakat sekitar dan
lingkungan kehidupan siswa di luar sekolah.
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Mendeskripsikan pengertian organisasi.
§ Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
§ Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
§ Merumuskan contoh struktur organisasi.
§ Merumuskan contoh tata tertib organisasi.
|
§ Tugas kelompok.
§ Observasi.
|
§ Penilaian tertulis.
§ Penilaian unjuk kerja
§ Keterlibatan anak dalam diskusi.
|
§ Menurutmu, siapakah yang berhak menjadi anggota
organisasi pecinta perangko?
§ Siapa pemegang jabatan tertinggi di sekolahmu?
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester :
2 (Dua)
Alokasi Waktu
: x 35 menit ( pertemuan).
Standar Kompetensi
3. Memahami kebebasan berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.2 Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan
sekolah dan masyarakat.
C. INDIKATOR
Kognitif
6. Siswa dapat menjelaskan
pengertian organisasi.
7. Siswa dapat menyebutkan
contoh-contoh tujuan organisasi.
8. Siswa dapat menyebutkan
contoh-contoh anggota organisasi.
9. Siswa dapat menyebutkan contoh
struktur organisasi.
10. Siswa dapat merumuskan contoh
tata tertib organisasi.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1.
Tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan pengertian
organisasi.
2. Tanpa
membuka buku, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan dan anggota organisasi.
3. Tanpa
membuka buku, siswa dapat menyebutkan contoh struktur dan tata tertib organisasi.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
3.
Dengan terlibat secara aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat
mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
4.
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan
bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b.
Keterampilan
Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
§ Pengertian organisasi
§ Ciri-ciri organisasi.
–
Tujuan organisasi.
–
Anggota organisasi.
–
Struktur organisasi.
–
Tata tertib organisasi.
F. Model dan Metode Pembelajaran
- Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
- Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ Guru bertanya pada siswa
tentang organisasi yang ada di sekolah.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ Siswa diajak menyebutkan
berbagai organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat.
ÿ Guru memberikan ceramah
kepada siswa tentang fungsi organisasi-organisasi di sekolah dan masyarakat.
ÿ Guru memberikan ceramah
kepada siswa tentang manfaat bergabung dengan sebuah organisasi di sekolah
atau masyarakat. .
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu
mengundi nama jenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat
untuk dibahas oleh tiap kelompok
ÿ memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
F
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
F Guru mengulang kembali kegiatan yang
telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR
|
E. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§ Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
§ Teman.
§ Para pengurus dan anggota
organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat.
§ Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, masyarakat, dst.
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib
berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.
|
§ Tugas kelompok.
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
|
§ Tujuan organisasi Pramuka adalah ...
§ Jelaskan perbedaan organisasi dan perkumpulan!
§ Sebutkan organisasi apa saja yang ada di sekolahmu!
§ Sebutkan organisasi masyarakat yang ada di sekitar rumahmu!
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V
(Lima)
Semeste : 2 (dua)
Alokasi Waktu
: 2 x 35 menit (1 pertemuan).
Standar Kompetensi
3. Memahami kebebasan berorganisasi
Kompetensi Dasar
3.3. Menampilkan peran serta dalam
memilih organisasi di sekolah.
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa dapat menjelaskan
pengertian organisasi.
2. Siswa dapat menyebutkan
contoh-contoh tujuan organisasi.
3. Siswa dapat menyebutkan
contoh-contoh anggota organisasi.
4. Siswa dapat menyebutkan contoh struktur organisasi.
- Siswa dapat merumuskan contoh tata tertib organisasi.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
i.
Tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan pengertian
organisasi.
2. Tanpa
membuka buku, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh tujuan dan anggota organisasi.
3. Tanpa
membuka buku, siswa dapat menyebutkan contoh struktur dan tata tertib organisasi.
Afektif
c. Pendidikan Karakter
5.
Dengan terlibat secara aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat
mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
6.
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan
bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
d.
Keterampilan
Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik dan buruk
dalam memilih dan memanfaatkan organisasi yang ada di masyarakat.
F. Model dan Metode Pembelajaran
- Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
- Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ Guru bertanya pada siswa
tentang organisasi yang ada di sekolah.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ
Siswa
menyiapkan pensil warna atau cryon, serta fotokopi gambar
ÿ
Siswa
memilih gambar dan mewarnainya.
ÿ
Siswa
menceritakan gambar dan alasan mememilih gambar.
ÿ Guru memberikan ceramah
kepada siswa tentang manfaat bergabung dengan sebuah organisasi di sekolah
atau masyarakat. .
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu
mengundi nama jenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat
untuk dibahas oleh tiap kelompok
ÿ memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
a. Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
b.
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
c. Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif
/ kinerjanya baik
d.
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu
memberi PR
|
H. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta
sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
|
§ Tugas individu.
|
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar
dan krea-tivitas pewar-naan gambar)
|
§ Untuk membantu menjaga kesehatan murid-murid di
sekolah, Made sebaiknya
§ Apabila Robert bercita-cita menjadi penegak hukum, di
sekolah sebaiknya Robert bergabung dengan ....
§ Agar dapat mempelajari berbagai keterampilan untuk
hidup di alam terbuka, di sekolah sebaiknya Dina bergabung dengan ....
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / 2
Alokasi Waktu
: x 35 menit ( pertemuan).
A. Standar
Kompetensi
4.
Menghargai keputusan bersama.
B. Kompetensi
Dasar
4.1 Mengenal bentuk-bentuk
keputusan bersama.
C. INDIKATOR
Kognitif
1.
Memahami definisi keputusan bersama.
2.
Memahami
bentuk-bentuk keputusan bersama.
- Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang keputusan bersama
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1.
Tanpa membuka
buku, siswa memahami definisi keputusan bersama.
2.
Tanpa membuka
buku, siswa memahami bentuk-bentuk keputusan
bersama.
3.
Tanpa membuka buku, siswa memahami
prinsip-prinsip musyawarah dan
mufakat.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
7.
Dengan terlibat secara aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat
mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
8.
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan
bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b. Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
§ Pengertian keputusan bersama.
§ Bentuk-bentuk keputusan bersama.
§ Kemauan bermusyawarah untuk
mufakat.
F. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran :
Kooperatif tipe STAD
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ Guru bertanya kepada siswa tentang
peraturan yang berlaku di
rumah dan telah ditetapkan oleh oangtua, misalnya jam pulang sekolah, tugas
menyiram bunga, dan tanggung jawab memberi makan hewan peliharaan.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ Guru dan siswa bertanya jawab tentang
pengertian keputusan bersama, bentuk-bentuk keputusan bersama, dan musyawarah
untuk mufakat.
ÿ Siswa dan guru membuat generalisasi
definisi keputusan bersama berdasarkan definisi yang telah dibuat oleh tiap
siswa.
ÿ Siswa menyebutkan jenis-jenis keputusan
bersama, dan guru menuliskannya di papan tulis.
ÿ Siswa maju ke depan kelas satu per satu,
lalu menuliskan satu manfaat tentang musyawarah dan mufakat.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ Guru menyiapkan kelas diskusi
ÿ Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu
mengundi nama jenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat
untuk dibahas oleh tiap kelompok
ÿ memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
ÿ Siswa menuliskan pemahamannya tentang
definisi keputusan bersama pada secarik kertas, lalu mengumpulkannya kepada
guru.
ÿ Seorang siswa membacakan semua definisi
yang ditulis teman, lalu semua siswa membahasnya bersama guru.
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
ÿ Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif
/ kinerjanya baik
ÿ
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu
memberi PR
|
H.
Sumber/Bahan Belajar
3. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber
umum.)
4. Orang tua.
5. Teman.
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Memahami definisi keputusan bersama.
§ Memahami
bentuk-bentuk keputusan bersama.
§ Memahami
prinsip-prinsip musyawarah dan
mufakat.
|
§ Tugas
individu.
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap.
§ Penilaian unjuk kerja
|
§ Mengapa keputusan bersama dianggap penting?
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : V / 2
Alokasi Waktu
: x 35 menit.
A. Standar
Kompetensi
4. Menghargai keputusan bersama.
B. Kompetensi
Dasar
4.2. Memahami keputusan bersama.
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang keputusan bersama
Psikomotor
1. Menjalankan berbagai bentuk keputusan bersama, serta melaksanakan hasil
musyawarah.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Tanpa
selalu diperingatkan, siswa dapat menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.
Afektif
b. Pendidikan Karakter
9.
Dengan terlibat secara aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat
mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
10.
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan
bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
c. Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam pembelajaran,
siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang meliputi
presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
Psikomotor
1. Dengan adanya tata tertib, siswa dapat menjalankan berbagai bentuk
keputusan bersama, serta melaksanakan hasil musyawarah.
E. Materi Ajar
§ Pengertian keputusan bersama.
§ Bentuk-bentuk keputusan
bersama.
§ Kemauan bermusyawarah untuk
mufakat.
F. Model dan Metode Pembelajaran
d. Model Pembelajaran :
Kooperatif tipe STAD
e. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ Guru bertanya kepada siswa
tentang pengalaman menerima peraturan yang ditetapkan oleh orangtua, misalnya
tugas menjaga adik, pembatasan waktu bermain, atau pengurangan jumlah uang
jajan
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ
Guru
meminta siswa berkonsentrasi mendengarkan cerita/contoh kasus yang akan
dibacakan oleh guru.
ÿ Guru mengarahkan siswa lain untuk
menanggapi jawaban teman mereka, mengoreksi benar/salah, memberikan
masukan/saran tentang cara bersikap, serta memberikan persetujuan terhadap
sikap yang dipilih teman, atau memuji keputusan teman dalam menanggapi kasus yang diceritakan guru.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ Guru menyiapkan kelas diskusi
ÿ Guru menyiapkan kelas diskusi, lalu
mengundi nama jenis-jenis organisasi yang ada di lingkungan sekolah dan masyarakat
untuk dibahas oleh tiap kelompok
ÿ memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
ÿ Siswa menuliskan pemahamannya tentang
definisi keputusan bersama pada secarik kertas, lalu mengumpulkannya kepada
guru.
ÿ Seorang siswa membacakan semua definisi
yang ditulis teman, lalu semua siswa membahasnya bersama guru.
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
ÿ Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif
/ kinerjanya baik
ÿ
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu
memberi PR
|
H. Sumber/Bahan Belajar
a. Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
b. Orangtua.
c. Teman.
d. Lingkungan rumah (keluarga),
sekolah, dst.
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Memahami definisi dan bentuk-bentuk keputusan bersama,
serta musyawarah dan mufakat..
§ Menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.
|
§ Tugas individu
|
§ Penilaian sikap.
§ Penilaian unjuk kerja.
|
§ Keluargamu berbagi tugas membersihkan rumah. Kemu tidak
senang membersihkan kamar mandi. Tetapi ayah menunjukmu membersihkan kamar
mandi.
§ Apa pendapat Ayahmu tentang sikap ayahmu?
§ Di kelasmu sedang ada pemilihan ketua kelas.
Ada dua calon ketua kelas, yaitu kamu dan Robert. Kamu ingin menjadi ketua
kelas. Akan tetapi, wali kelasmu langsung memilih Robert sebagai ketua kelas.
1.
Apa yang kamu rasakan ketika
mendengar keputusan tersebut?
2.
Apa pendapatmu tentang sikap
wali kelasmu?
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar