Kamis, 22 November 2012

Study Kasus IPS


1. Pak Bima adalah seorang guru yang disegani, disiplin dan bertanggung jawab.
2. Pak Bima menerapkan kedisiplinan kepada siswa
3. Pak Bima menyampaikan topik jenis alat transportasi, bertanya tentang pelajaran sebelumnya dan tugas
    yang diberikan.
4. Pak Bima berkeliling memeriksa tugas siswa, menegur, menasehati dan memperingatkan Budi dan Ali
    agar tidak mengulangi lagi lalai dalam mengerjakan tugas.
5. Pak Bima bertanya jawab tentang alat transportasi. Pak Bima menjelaskan masalah angkutan di kota-kota
    kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberi komentar tentang hal tersebut.
6. Siswa mampu mengidentifikasi permasalahan angkutan di kota-kota besar dan menunjukkan pemecahan
    masalah angkutan.
7. Kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan tanya jawab sehingga aktifitas siswa lebih tinggi dan diskusi
    dengan Pak Bima sebagai pembimbing serta memberikan penjelasan hal-hal yang belum mendapat
    kesepakatan. Siswa membaca dan mengerjakan LKS.
8. Siswa mengemukakan jawaban pertanyaan dalam LKS. Pertanyaan yang tidak terjawab dengan baik siswa
    yang lain diminta untuk menjawab. Apabila jawaban belum sempurna, Pak Bima berusaha menjelaskan
    dengan baik.
9. Pukul 09.00 bel tanda istirahat siswa menghentikan kegiatan belajar dan berhamburan keluar kelas.

Kelemahan Pak Bima dalam proses pembelajaran

1. Tidak menggunakan media pembelajaran atau alat peraga karena dengan menggunakan media pembelajaran
    atau alat peraga untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan anak didik yang mendorong
    terjadinya proses belajar pada diri siswa sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas kegiatan
    pembelajaran
2. Tidak memberikan penguatan pada respon jawaban anak karena dengan penguatan akan menumbuhkan rasa
    percaya diri anak.
3. Tidak mengambil kesimpulan umum dari materi pelajaran.

Kelebihan Pak Bima dalam proses pembelajaran

1. Menyampaikan topik bahasan dan tujuan yang akan dipelajari sehingga siswa mengetahui apa
    yang akan dipelajari dan tujuan atau kompetensi pembelajaran tercapai serta memfokuskan
    siswa dengan pembelajaran yang akan dipelajari.
2. Memberikan apersepsi yang dikaitkan dengan keadaan lingkungan siswa untuk menggali
    pengalaman atau pengetahuan yang sudah dimiliki siswa.
3. Pembahasan materi dikaitkan dengan lingkungan anak sehari-hari sehingga siswa dengan
    mudah memahami materi.
4. Menggunakan variasi metode pembelajaran seperti tanya jawab, diskusi, sehingga aktifitas
    siswa menjadi lebih tinggi dan tidak membosankan.
5. Memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan teman sehingga
    pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan.

Hukuman yang diberikan pada Budi dan Ali kurang sesuai dengan tingkat kesalahan dan tujuan perbaikan pembelajaran karena kesalahan Budi tidak sama dengan kesalahan Ali. Kesalahan Budi disebabkan oleh Ali yang lupa membawa buku tugas Budi.


Fungsi pemberian hukuman secara umum dalam proses pembelajaran adalah:
untuk mengontrol tingkah laku siswa agar tugas-tugas sekolah dapat berjalan dengan optimal. Strategi dalam mengubah perilaku siswa agar tidak mengulangi kesalahan yang dibuat. Pemberian hukuman tidak bersifat badaniah, diberikan secara hormat, hukuman sesuai dengan kesalahan.








Langkah-Langkah Pembelajaran



Mata Pelajaran : IPS
Kelas : IV
Topik : Jenis alat transportasi


Kegiatan awal:
• Siswa menyanyikan lagu “Naik Kereta Api”
• Guru menyampaikan topik “jenis alat transportasi”
• Siswa menyebutkan alat-alat transportasi yang ada disekitarnya


Kegiatan Inti:
• Guru memperlihatkan gambar-gambar alat transportasi
• Melalui pengamatan siswa menjawab dan mengelompokkan keanekaragaman alat transportasi darat, air, dan udara dan perbandingan dari segi kecepatan, kenyamanan, keselamatan, dan pencemaran lingkungan
• Guru memperlihatkan keadaan lalu lintas kota
• Melalui diskusi kelompok siswa mengidentifikasi permasalahan angkutan kota dan menunjukkan pemecahan masalah angkutan
• Secara bergantian siswa melaporkan hasil diskusi di depan kelas dan siswa/kelompok lain memberi tanggapan.
• Siswa menyelesaikan soal-soal latihan


Kegiatan akhir:
• Siswa dengan bantuan guru menyimpulkan materi yang sudah dipelajari
• Guru memberi pesan-pesan moral tentang tertib berlalu lintas
• Memajang hasil kerja siswa
• Memberi tugas rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar