1.
Pak Bima adalah seorang guru yang disegani, disiplin dan bertanggung jawab.
2. Pak Bima menerapkan kedisiplinan kepada siswa
3. Pak Bima menyampaikan topik jenis alat transportasi, bertanya tentang pelajaran sebelumnya dan tugas
2. Pak Bima menerapkan kedisiplinan kepada siswa
3. Pak Bima menyampaikan topik jenis alat transportasi, bertanya tentang pelajaran sebelumnya dan tugas
yang diberikan.
4. Pak Bima berkeliling memeriksa tugas siswa, menegur, menasehati dan memperingatkan Budi dan Ali
4. Pak Bima berkeliling memeriksa tugas siswa, menegur, menasehati dan memperingatkan Budi dan Ali
agar tidak mengulangi lagi lalai dalam mengerjakan tugas.
5. Pak Bima bertanya jawab tentang alat transportasi. Pak Bima menjelaskan masalah angkutan di kota-kota
5. Pak Bima bertanya jawab tentang alat transportasi. Pak Bima menjelaskan masalah angkutan di kota-kota
kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberi komentar
tentang hal tersebut.
6. Siswa mampu mengidentifikasi permasalahan angkutan di kota-kota besar dan menunjukkan pemecahan
6. Siswa mampu mengidentifikasi permasalahan angkutan di kota-kota besar dan menunjukkan pemecahan
masalah angkutan.
7. Kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan tanya jawab sehingga aktifitas siswa lebih tinggi dan diskusi
7. Kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan tanya jawab sehingga aktifitas siswa lebih tinggi dan diskusi
dengan Pak Bima sebagai pembimbing serta memberikan penjelasan hal-hal
yang belum mendapat
kesepakatan. Siswa membaca dan mengerjakan LKS.
8. Siswa mengemukakan jawaban pertanyaan dalam LKS. Pertanyaan yang tidak terjawab dengan baik siswa
8. Siswa mengemukakan jawaban pertanyaan dalam LKS. Pertanyaan yang tidak terjawab dengan baik siswa
yang lain diminta untuk menjawab. Apabila jawaban belum sempurna, Pak
Bima berusaha menjelaskan
dengan baik.
9. Pukul 09.00 bel tanda istirahat siswa menghentikan kegiatan belajar dan berhamburan keluar kelas.
Kelemahan Pak Bima dalam proses pembelajaran
9. Pukul 09.00 bel tanda istirahat siswa menghentikan kegiatan belajar dan berhamburan keluar kelas.
Kelemahan Pak Bima dalam proses pembelajaran
1. Tidak menggunakan media pembelajaran atau alat peraga karena dengan menggunakan media pembelajaran
atau alat peraga untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan
kemauan anak didik yang mendorong
terjadinya proses belajar pada diri siswa sehingga dapat digunakan untuk
meningkatkan efektifitas kegiatan
pembelajaran
2. Tidak memberikan penguatan pada respon jawaban anak karena dengan penguatan akan menumbuhkan rasa
2. Tidak memberikan penguatan pada respon jawaban anak karena dengan penguatan akan menumbuhkan rasa
percaya diri anak.
3. Tidak mengambil kesimpulan umum dari materi pelajaran.
Kelebihan Pak Bima dalam proses pembelajaran
3. Tidak mengambil kesimpulan umum dari materi pelajaran.
Kelebihan Pak Bima dalam proses pembelajaran
1. Menyampaikan topik bahasan dan tujuan yang akan dipelajari sehingga siswa mengetahui apa
yang akan dipelajari dan tujuan atau kompetensi pembelajaran tercapai
serta memfokuskan
siswa dengan pembelajaran yang akan dipelajari.
2. Memberikan apersepsi yang dikaitkan dengan keadaan lingkungan siswa untuk menggali
2. Memberikan apersepsi yang dikaitkan dengan keadaan lingkungan siswa untuk menggali
pengalaman atau pengetahuan yang sudah dimiliki siswa.
3. Pembahasan materi dikaitkan dengan lingkungan anak sehari-hari sehingga siswa dengan
3. Pembahasan materi dikaitkan dengan lingkungan anak sehari-hari sehingga siswa dengan
mudah memahami materi.
4. Menggunakan variasi metode pembelajaran seperti tanya jawab, diskusi, sehingga aktifitas
4. Menggunakan variasi metode pembelajaran seperti tanya jawab, diskusi, sehingga aktifitas
siswa menjadi lebih tinggi dan tidak membosankan.
5. Memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan teman sehingga
5. Memberi kesempatan pada siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan teman sehingga
pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan.
Hukuman yang diberikan pada Budi dan Ali kurang sesuai dengan tingkat kesalahan dan tujuan perbaikan pembelajaran karena kesalahan Budi tidak sama dengan kesalahan Ali. Kesalahan Budi disebabkan oleh Ali yang lupa membawa buku tugas Budi.
Fungsi pemberian hukuman secara umum dalam proses pembelajaran adalah:
untuk mengontrol tingkah laku siswa agar tugas-tugas sekolah dapat berjalan dengan optimal. Strategi dalam mengubah perilaku siswa agar tidak mengulangi kesalahan yang dibuat. Pemberian hukuman tidak bersifat badaniah, diberikan secara hormat, hukuman sesuai dengan kesalahan.
Hukuman yang diberikan pada Budi dan Ali kurang sesuai dengan tingkat kesalahan dan tujuan perbaikan pembelajaran karena kesalahan Budi tidak sama dengan kesalahan Ali. Kesalahan Budi disebabkan oleh Ali yang lupa membawa buku tugas Budi.
Fungsi pemberian hukuman secara umum dalam proses pembelajaran adalah:
untuk mengontrol tingkah laku siswa agar tugas-tugas sekolah dapat berjalan dengan optimal. Strategi dalam mengubah perilaku siswa agar tidak mengulangi kesalahan yang dibuat. Pemberian hukuman tidak bersifat badaniah, diberikan secara hormat, hukuman sesuai dengan kesalahan.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPS
Kelas : IV
Topik : Jenis alat transportasi
Kegiatan awal:
• Siswa menyanyikan lagu “Naik Kereta Api”
• Guru menyampaikan topik “jenis alat transportasi”
• Siswa menyebutkan alat-alat transportasi yang ada disekitarnya
Kegiatan Inti:
• Guru memperlihatkan gambar-gambar alat transportasi
• Melalui pengamatan siswa menjawab dan mengelompokkan keanekaragaman alat transportasi darat, air, dan udara dan perbandingan dari segi kecepatan, kenyamanan, keselamatan, dan pencemaran lingkungan
• Guru memperlihatkan keadaan lalu lintas kota
• Melalui diskusi kelompok siswa mengidentifikasi permasalahan angkutan kota dan menunjukkan pemecahan masalah angkutan
• Secara bergantian siswa melaporkan hasil diskusi di depan kelas dan siswa/kelompok lain memberi tanggapan.
• Siswa menyelesaikan soal-soal latihan
Kegiatan akhir:
• Siswa dengan bantuan guru menyimpulkan materi yang sudah dipelajari
• Guru memberi pesan-pesan moral tentang tertib berlalu lintas
• Memajang hasil kerja siswa
• Memberi tugas rumah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar