RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : x
35 Menit
A.
Standar
Kompetensi :
5. Menggunakan Pecahan dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
5.1 Mengubah
pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya
C. INDIKATOR
Kognitif
1.
Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen
2. Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1.
Tanpa membuka buku, siswa dapat mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen
2.
Tanpa membuka buku, siswa dapat mengubah Pecahan Biasa Menjadi desimal
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan
bersemangat dalam melaksanakan tugas
b. Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Operasi penjumlahan dan pengurangan
§ Mengubah Pecahan Biasa
Menjadi Persen dan Sebaliknya
§ Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal dan sebaliknya
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Menceritakan tentang
kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan persen ( diskon harga dll).
Siswa diminta menceritakan pengalaman pribadinya yang berhubungan dengan
persen, diskusi kelas dengan membahas beberapa kasus sampai kesimpulan
didapat.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ
Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan rumus cara mencari persen dari kuantitas
dan mencari kuantitas dari persen dari contoh-contoh yang telah diberikan
oleh siswa.
ÿ
Guru
menguji keterampilan siswa dalam menentukan persen dan kuantitas dalam soal
cerita maupun soal isian.
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ Guru
menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan
membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secaara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
ÿ Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
ÿ Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan.
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
ÿ
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
ÿ Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif
/ kinerjanya baik
ÿ
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
Pertemuan
ke 3-4
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Mengingatkan kembali
macam-macam pecahan yang mereka ketahui atau yang telah mereka pelajari pada
kelas sebelumnya. Menjelaskan bahwa ada banyak pecahan yang akan di pelajari
pada pertemuan ini seperti persen dan desimal.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ
Guru
dan siswa bersama-sama mencari cara mengubah pecahan biasa ke persen maupun
ke desimal ataupun sebaliknya mengubah persen dan pecahan desimal ke pecahan
biasa, siswa diberi permasalahan guru memberikan arahan untuk menyelesaikan
permasalahan yang diberikan.
ÿ
Menjelaskan
tanda-tanda ketaksamaan seperti >, < dan = untuk membandingkan dua buah
pecahan yang berbeda jenis.
ÿ
Guru
menguji keterampilan dan kemampuan
siswa dalam mengubah pecahan biasa ke persen dan desimal dalam soal latihan.
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ Guru
menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan
membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secaara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
ÿ Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
ÿ Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan.
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
ÿ
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
ÿ Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif
/ kinerjanya baik
ÿ
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
C.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
D.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen
o Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal
|
Tugas Indvidu
|
Isian
|
o Jumlah siswa kelas v adalah 40 orang. Sebanyak 15
orang adalah siswa laki-laki dan sisanya adalah perempuan. Berapa persenkah
jumlah siswa laki-laki?
o Seorang pedagang buah mangga memiliki 60 kg mangga.
Sebanyak 70 %nya telah terjual berapa kg buah mangga yang talah terjual itu?
1.
20 % dari 8000 adalah
….35 % dari 10000 adalah….
o
Ubahlah ke dalam bentuk % dan pecahan desimal!
i.
= ………….. ii. = ………..
o Ubalah ke bentuk pecahan biasa yang paling
sederhana!
a. 45 % =……. b. 46%
= …… c. 34 % =…….
o Ubahlah kebentuk pecahan biasa yang paling
sederhana!
a. 0,6 b.
0,78 c. 0,340
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : x
35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
5. Menggunakan Pecahan dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
C. INDIKATOR
Kognitif
1.
Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
2.
Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
3.
Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal serta campuran
4.
Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan desimal
5.
Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
6.
Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
7.
Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari
pecahan campuran
8.
Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan berpenyebut tidak
sama secara berturut-turut
9.
Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama
10.
Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal
11. Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah sehari-hari
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1.
Tanpa membuka buku, siswa dapat menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak
sama
2.
Tanpa membuka buku, siswa dapat menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan
campuran
3.
Tanpa membuka buku, siswa dapat menjumlahkan pecahan campuran dengan
persen dan desimal serta campuran
4.
Tanpa membuka buku, siswa dapat menjumlahkan pecahan biasa dengan persen
dan pecahan desimal
5.
Tanpa membuka buku, siswa dapat menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut
tidak sama secara berturut-turut
6.
Tanpa membuka buku, siswa dapat mengurangkan pecahan dari bilangan asli
7.
Tanpa membuka buku, siswa dapat mengurangkan pecahan berpenyebut tidak
sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
8.
Tanpa membuka buku, siswa dapat mengurangkan dua pecahan campuran serta
tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
9.
Tanpa membuka buku, siswa dapat menjumlahkan dan pengurangan pecahan
berpenyebut tidak sama
10.
Tanpa membuka buku, siswa dapat mengurangkan pecahan dengan persen dan
desimal
11. Tanpa membuka buku, siswa
dapat menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap
masalah sehari-hari
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
b.
Keterampilan
Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Operasi Hitung Pecahan
Operasi
penjumlahan dan pengurangan
§ Menjumlahkan dan
mengurangkan berbagai bentuk pecahan.
§ Pemecahan masalah
sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Mengingatkan kembali
cara menjumlahkan pecahan yang telah dipelajari di kelas sebelumnya.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan
rumus cara mencari persen dari kuantitas dan mencari kuantitas dari persen
dari contoh-contoh yang telah diberikan oleh siswa.
ÿ Guru menguji keterampilan siswa dalam
menentukan persen dan kuantitas dalam soal cerita maupun soal isian.
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ Guru
menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan
membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secaara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
ÿ Melakukan diskusi mencari perbedaan
menjumlahkan pecahan berpenyebut sama dan yang berpenyebut beda, setelah muncul
permasalahan dari diskusit
guru memberikan arahan-arahan guna menyelesaikan permasalahan sampai
permasalahan itu terjawab.
ÿ Bersama-sama menyimpulkan cara
menjumlahkan pecahan yang
berpenyebut beda dan juga cara menjumlahkan pecahan campuran.
ÿ Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
ÿ
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
ÿ Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif
/ kinerjanya baik
ÿ
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
Pertemuan
ke 3-5
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Mengingatkan kembali
cara menjumlahkan pecahan yang telah dipelajari di kelas sebelumnya.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ Peserta didik dapat mengurangkan pecahan dengan persen dan desimal.
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ Guru
menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan
membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secaara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Melakukan diskusi mencari perbedaan
mengurangkan pecahan berpenyebut sama dan yang berpenyebut beda, setelah
muncul permasalahan dari diskusi tersebut guru memberikan arahan-arahan guna
menyelesaikan permasalahan sampai permasalahan itu terjawab.
ÿ Bersama-sama menyimpulkan cara
mengurangkan peahan yang berpenyebut beda dan juga cara menjumlahkan pecahan
campuran.
ÿ Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan
penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru mengulang kembali kegiatan yang
telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaan rumah, menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. .
|
Pertemuan
ke 6-8
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Mengingatkan kembali
cara mengurangkan dan menjumlahkan pecahan yang telah di bahas pada
pertemuan sebelumnya.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ Peserta didik dapat Menjumlahkan dan
mengurangkan berbagai bentuk pecahan
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok
ÿ Mengingatkan kembali aturan-aturan dalam
operasi hitung campuran yang telah dipelajari sebelumnya, bersama-sama
membahas suatu persoalan yang melibatkan operasi hitung campuran pada
pecahan..Guru menguji keterampilan dan
kemampuan siswa dalam soal latihan.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Melakukan diskusi mencari perbedaan
mengurangkan pecahan berpenyebut sama dan yang berpenyebut beda, setelah
muncul permasalahan dari diskusi tersebut guru memberikan arahan-arahan guna
menyelesaikan permasalahan sampai permasalahan itu terjawab.
ÿ Bersama-sama menyimpulkan cara
mengurangkan peahan yang berpenyebut beda dan juga cara menjumlahkan pecahan
campuran.
ÿ Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan
penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru mengulang kembali kegiatan yang
telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaan rumah, menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. .
|
H. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1.
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
2.
Matematika SD untuk Kelas V 5 B
Esis
3.
Matematika Progesif Teks Utama SD
Kelas 5
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
o Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan
desimal serta campuran
o Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan
desimal
o Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama
secara berturut-turut
o Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan
pecahan biasa dari pecahan campuran
o Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan
berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut
tidak sama
o Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal
o Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap
masalah sehari-hari
|
Tugas Indvidu
|
Isian
|
o
o
o
o
o
o
o
o
o
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-6
Alokasi Waktu : 12 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
5. Menggunakan Pecahan dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
5.3 Mengalikan
dan membagi berbagai bentuk pecahan
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Menghitung perkalian dan
pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
2. Menghitung perkalian dan
pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
3. Menghitung perkalian dan
pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
4. Menghitung perkalian dan
pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
5. Menghitung perkalian dan
pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
6. Menghitung operasi hitung
campuran berbagai bentuk pecahan
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Tanpa membuka buku, siswa
dapat menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan
pecahan biasa
2. Tanpa membuka buku, siswa
dapat menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran
dan sebaliknya
3. Tanpa membuka buku, siswa
dapat menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal
dan sebaliknya
4. Tanpa membuka buku, siswa
dapat menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen
dan sebaliknya
5. Tanpa membuka buku, siswa
dapat menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan
sebaliknya
6. Tanpa membuka buku, siswa
dapat menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan
Afektif
c. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
d.
Keterampilan
Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Pecahan
Operasi Perkalian dan pembagian
§ Perkalian Pecahan
§ Pembagian pecahan
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
3. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Mengingatkan kembali
cara mengalikan bilangan asli dan menjelaskan arti perkalian pada pecahan.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ Melakukan Tanya jawab dan diskusi
mencari persamaan atau perbedaan mengalikan bilangan asli dan mengalikan
pecahan, setelah diskusi berjalan dan didapat kesimpulansiswa diuji
pengetahuaannya dengan mengerjakan soal-soal latihan
ÿ Guru menguji keterampilan siswa dalam
menentukan persen dan kuantitas dalam soal cerita maupun soal isian.
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secaara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
ÿ Melakukan diskusi mencari perbedaan
menjumlahkan pecahan berpenyebut sama dan yang berpenyebut beda, setelah
muncul permasalahan dari diskusit guru memberikan arahan-arahan guna menyelesaikan permasalahan sampai
permasalahan itu terjawab.
ÿ Bersama-sama menyimpulkan cara
menjumlahkan pecahan yang
berpenyebut beda dan juga cara menjumlahkan pecahan campuran.
ÿ Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
ÿ
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
ÿ Memberikan penghargaan terhadap kelompok
yang aktif / kinerjanya baik
ÿ
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
Pertemuan
ke 3-6
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Mengingatkan kembali
cara mengalikan bilangan asli dan menjelaskan arti perkalian pada pecahan.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ
Peserta didik dapat mengalikan
dan membagi berbagai bentuk pecahan dengan mengerjakan
soal-soal latihan
ÿ
Guru menguji keterampilan
siswa dalam menentukan persen dan kuantitas dalam soal cerita maupun soal
isian.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok
belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secaara efisien
ÿ
Siswa menulis laporan
berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan
tanya jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka
mengerjakan tugas
ÿ
Melakukan Tanya jawab dan
diskusi mencari persamaan atau perbedaan membagi bilangan asli dan membagi
pecahan pecahan, setelah diskusi berjalan dan didapat kesimpulan siswa diuji
pengetahuaannya dengan mengerjakan soal-soal latihan
ÿ
Bersama-sama menyimpulkan
cara menjumlahkan pecahan yang berpenyebut beda dan juga cara
menjumlahkan pecahan campuran.
ÿ
Guru menguji
keterampilan dan kemampuan siswa dalam
soal latihan.
ÿ
Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta
siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
ÿ Memberikan penghargaan
terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
H. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§ Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 5
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian
pecahan biasa dengan pecahan biasa
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa
dengan pecahan campuran dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa
dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa
dengan pecahan persen dan sebaliknya
o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran
dengan persen dan sebaliknya
o Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk
pecahan
|
Tugas Indvidu
|
Isian
|
o
o
o
o
o
o
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-4
Alokasi Waktu : 8 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
5. Menggunakan Pecahan dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
5.4 Menggunakan
pecahan dalam masalah perbandingan dan
skala
C. INDIKATOR
Kognitif
1.
Mengenal perbandingan sebagian dari
keseluruhan sebagai pecahan
2. Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
2.
Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan
skala
Afektif
e. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
f.
Keterampilan
Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
PECAHAN
Pecahan dan
perbandingan
§ Mengenal arti pecahan
sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan (Hlm. 51)
§ Operasi Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala (Hlm. 54)
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
4. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Mengingatkan kembali
cara mengalikan bilangan asli dan menjelaskan arti perkalian pada pecahan.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ Melakukan Tanya jawab dan diskusi
mencari persamaan atau perbedaan mengalikan bilangan asli dan mengalikan
pecahan, setelah diskusi berjalan dan didapat kesimpulansiswa diuji pengetahuaannya
dengan mengerjakan soal-soal latihan
ÿ Guru menguji keterampilan siswa dalam
menentukan persen dan kuantitas dalam soal cerita maupun soal isian.
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secaara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
ÿ Melakukan diskusi untuk memecahkan
masalah yang berhubungan dengan perbandingan dan mengadakan percobaan untuk
membuat skala dari ruangan sekitar (gedung sekolah) setelah diberi arahan
terlebih dahulu. Setelah itu siswa diuji kemampuan dan keterampilannya dalam
soal-soal latihan.
ÿ Bersama-sama menyimpulkan cara
menjumlahkan pecahan yang
berpenyebut beda dan juga cara menjumlahkan pecahan campuran.
ÿ Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
Memberikan penghargaan
ÿ Memberikan penghargaan terhadap kelompok
yang aktif / kinerjanya baik
ÿ
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
H. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1.
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
2.
Matematika SD untuk Kelas V 5 B
Esis
3.
Matematika Progesif Teks Utama SD
Kelas 5
I. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan
sebagai pecahan
o Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala
|
Tugas Indvidu
|
uraian
|
o Perbandingan permen Nita dan Arief adalah 4 : 3.
Jumlah seluruh permen nita adalah 48 buah. Maka jumlah seluruh permen Arief
adalah ….
o Peta Jawa Barat digambar dengan skala 1: 1.500.000.
Jarak Jakarta-Bandung pada peta itu adalah 6,5 cm. Maka jarak sesungguhnya
adalah ….
o Jarak antara terminal Bis dan rumah Andi pada sebuah
gambar adalah 42 cm. Jarak sesungguhnya adalah 1.440 m. Maka skala pada
gambar tersebut adalah……
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-4
Alokasi Waktu : 8 x 35
Menit
A.
Standar Kompetensi
:
6. Memahami
sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B.
Kompetensi
Dasar
6.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun datar
C.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat :
§ Mengetahui sifat-sifat bangun datar
dan bangun ruang
D. INDIKATOR
Kognitif
1. Mengetahui sifat-sifat bangun datar
dan bangun ruang
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
- Dengan diberikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan bangun datar/ruang, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
b.
Keterampilan
Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Sifat-sifat Bangun Datar dan Bangun Ruang,
Kesebangunan dan Simetri
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
5. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ elitian ke seluruh
ruang kelas mencari mana yang berbentuk bangun datar.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ Melakukan tanya jawab dan diskusi untuk menentukan
sifat-sifat bangun datar segitiga, persegi panjang, persegi, trapesium, jajar
genjang, lingkarang, belah ketupat, layang-layang .
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secaara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
ÿ Melakukan diskusi kelompok dengan arahan guru untuk menentukan
sifat-sifat bangun datar segitiga, persegi panjang, persegi, trapesium, jajar
genjang, lingkarang, belah ketupat, layang-layang .
ÿ Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ
Memfasilitasi
siswa berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
Memberikan penghargaan
ÿ Memberikan penghargaan terhadap kelompok
yang aktif / kinerjanya baik
ÿ
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
D.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
1.
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
2.
Matematika SD untuk Kelas V 5 B
Esis
3.
Matematika Progesif Teks Utama SD
Kelas 5
4.
Macam-macam bentuk bangun datar
E.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan
sebagai pecahan
o Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala
|
Tugas Indvidu
|
Pilihan ganda dan isian
|
o Berikut ini merupakan sifat-sifat dari persegi kecuali ....
a. Keempat
sisinya sama panjang
b. Besar
seluruh sudutnya 1800
c. Keempat
sudutnya berbentuk siku-siku
d. Besar
setiap sudutnya 900
o Berikut ini merupakan sifat-sifat dari
layang-layang kecuali …
a. Memiliki dua pasang sisi yang sama panjang
b.
Kedua diagonalnya tidak saling berpotongan
c.
Jumlah besar sudutnya 3600
d. Memiliki sepasang sudut yang sama besar.
o Daerah yang Berbentuk segitiga pada gambar di bawah
ini adalah……………….
a. Jari-jari
b. busur
c. Juring
d. Diameter
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-3
Alokasi Waktu : 6 x 35
Menit
A.
Standar Kompetensi
:
6. Memahami
sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B.
Kompetensi
Dasar
6.2
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun
ruang
C. INDIKATOR
Kognitif
1.
Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang
2.
Memahami sifat-sifat dan cara mengambar Bangun Ruang
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Dengan diberikan suatu permasalahan yang
berkaitan dengan bangun
datar/ruang, siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang
2. Dengan tanpa membuka buku, siswa dapat mengambar Bangun
Ruang
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
b.
Keterampilan
Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Sifat-sifat Bangun Ruang
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2.
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ elitian ke seluruh
ruang kelas mencari mana yang berbentuk bangun datar.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ Melakukan tanya jawab dan diskusi untuk menentukan sifat-sifat
bangun datar segitiga, persegi panjang, persegi, trapesium, jajar genjang,
lingkarang, belah ketupat, layang-layang .
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secaara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Memberikan contoh cara menggambar macam-macam
segitiga(sama kaki, sama sisi) dengan menggunakan jangka dan penggaris.
ÿ Memberikan contoh cara menggambar
lingkaran sesuai dengan sifat yang diminta dengan menggunakan jangka.
ÿ Memberikan contoh cara menggambar
macam-macam bangun datar yang lain (selain segitiga) dengan menggunakan
penggaris.
ÿ Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan
soal-soal latihan menggambar macam-macam bangun datar.
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
Pertemuan
ke 3-4
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Memberikan
arahan-arahan atau contoh-contoh bagun datar dan bangun ruang sehingga siswa
dapat membedakan mana yang disebut bangun datar dan bangun ruang.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ
Guru
memberi sedikit penjelasan dengan membawa kerangka kubus atau balok mengenai
rusuk, titik sudut dan rusuk untuk mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang.
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secaara efisien
ÿ
Siswa
menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal)
melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ
Melakukan
diskusi kelompok dengan arahan guru
untuk menentukan sifat-sifat bangun ruang tabung, prisma, kerucut,
limaMelakukan diskusi kelompok dengan
arahan guru untuk menentukan sifat-sifat bangun ruang tabung, prisma,
kerucut, lima.
ÿ
Guru
menguji keterampilan dan kemampuan
siswa dalam soal latihan.
ÿ
Memfasilitasi
siswa berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan
soal-soal latihan menggambar macam-macam bangun datar.
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
Pertemuan
ke 5-6
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Mengulang kembali
sekilas mengenai sifat-sifat bangun ruang juga bentuk-bentuk macam-macam
bangun ruang.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ
Guru
memberi sedikit penjelasan dengan membawa kerangka kubus/balok mengenai rusuk, titik sudut untuk
mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang.
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secara efisien
ÿ
Siswa
menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal)
melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ
Guru
memberikan langkah-langkah membuat bangun ruang, memberikan beberapa contoh
membuat kubus, prisma , limas, tabung atau kerucut.
ÿ
Guru
menguji keterampilan dan kemampuan
siswa dalam soal latihan.
ÿ
Memfasilitasi
siswa berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan
soal-soal latihan menggambar macam-macam bangun datar.
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
C.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
1.
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
2.
Matematika SD untuk Kelas V 5 B
Esis
3.
Matematika Progesif Teks Utama SD
Kelas 5
4.
Macam-macam bentuk kerangka bangun ruang
5.
Penggaris dan jangka.
D.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengidentifikasi sifat-sifat bangun prisma tegak,
Limas, dan Kerucut
o Menggambar bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut
|
Tugas Indvidu
|
uraian
|
·
Gambarlah segitiga ABC dengan panjang AB= 5 cm, BC = 6 cm dan AC= 6 cm!
·
Gambarlah segitiga
PQR dengan panjang PQ = 4 cm, QR = 4 cm dan PR = 4 cm!
·
Gambarlah sebuah
lingkaran yang diameternya 6 cm!
· gambarlah sebuah persegi yang semua sisinya 5 cm!
· Berikut ini manakah yang merupakan sifat-sifat limas
segi empat ....
a. Memiliki 6 titik sudut b. Memiliki 8 rusuk
c.Sisi alasnya bebentuk segitiga d. memiliki 3 sisi
· Berikut ini
manakah yang bukan merupakan sifat-sifat dari balok ....
a. Mempunyai 12 rusuk b. Memiliki 8 titik sudut
c.
Mempunyai 6 sisi yang sama d.Sisi yg berhadapan sama
· Gambarlah sebuah
kubus yang panjang sisinya 4 cm!
· Gambarlah sebuah
balok dengan panjang 6 cm, tinggi 4 cm dan lebar 3 cm!
· Gambarlah sebuah
Prisma tegak segi tiga! (ukuran bebas)
· Gambarlah sebual
Linas segitiga! (ukuran bebas)
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-3
Alokasi Waktu : x
35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan
antar bangun
B.
Kompetensi
Dasar
6.3 Menentukan
jarring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
C. INDIKATOR
Kognitif
1.
Mempelajari cara membuat jaring-jaring bagun ruang sederhana
2.
Memahami bahwa jaring-jaring bagun
ruang sederhana bisa dibuat lebih dari satu
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1.
Dengan diberikan suatu
permasalahan yang berkaitan dengan bangun datar/ruang, siswa
dapat membuat jaring-jaring
bagun ruang sederhana
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
b.
Keterampilan
Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Sifat2 Bangun Datar dan Bangun Ruang
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2.
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama, kedua dan ketiga
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Mengulang kembali
sekilas mengenai bangun ruang juga bentuk-bentuk macam-macam bangun ruang dan
bagaimana bangun ruang itu bisa terbentuk.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ Setiap siswa ditugaskan membawa kotak
bekas (tissu, sabun, dll). Melakukan praktek membongkar kotak tersebut
sehinga kotak berbentuk jarring-jaring setelah itu siswa mebuat sendiri
jarring-jaring kubus dan balok sesuai dengan kreasinya yang berbeda dari
jarring-jaring kubus dan balok yang telah ada.
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secaara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Guru mengulang kembali cara menggambar
macam-macam jarring-jaring bangun ruang, memberikan pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
ÿ Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam soal latihan.
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan
soal-soal latihan menggambar macam-macam bangun datar.
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
H. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1.
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
2.
Matematika SD untuk Kelas V 5 B
Esis
3.
Matematika Progesif Teks Utama SD
Kelas 5
4.
Macam-macam bentuk bangun ruang.
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Membuat jaring-jaring
bangun ruang sederhana
|
Tugas
Indvidu
|
uraian
|
o Buatkanlah
jaring-jaring bangun ruang sederhana ?
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-3
Alokasi Waktu : 6 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
6. Menentukan sifat-sifat bangun
dan hubungan antar bangun
B.
Kompetensi
Dasar
6.4 Menyelidiki
sifat-sifat kesebangunan dan simetri
C. INDIKATOR
Kognitif
3.
Mempelajari cara membuat jaring-jaring bagun ruang sederhana
4.
Memahami bahwa jaring-jaring bagun
ruang sederhana bisa dibuat lebih dari satu
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam melaksanakan
kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
2.
Dengan diberikan suatu
permasalahan yang berkaitan dengan bangun datar/ruang, siswa dapat membuat jaring-jaring bagun ruang sederhana
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
b.
Keterampilan
Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Sifat-sifat Bangun Kesebanguan dan Simetri pada
bangun Datar
1.
Menunjukkan kesebangun antarbangun datar
2.
Menentukan simetri lipat dan simetri putar
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2.
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama, kedua dan ketiga
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Mengulang kembali mengenai bangun-bangun datar juga sekilas
mengenai sifat-sifatnya.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ
Setiap
siswa ditugaskan membawa kotak bekas (tissu, sabun, dll). Melakukan praktek
membongkar kotak tersebut sehinga kotak berbentuk jarring-jaring setelah itu
siswa mebuat sendiri jarring-jaring kubus dan balok sesuai dengan kreasinya
yang berbeda dari jarring-jaring kubus dan balok yang telah ada.
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secaara efisien
ÿ
Siswa
menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal)
melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ
Bersama-sama
mendiskusikan masalah kesebangunan dengan bantuan arahan guru mencari
syarat-syarat kesebangunan.
ÿ
Setelah
kesimpulan di dapat guru mengadakan tanya jawab pada siswa mengenai
kesebangunan bangun datar.
ÿ
Memberikan
suatu permasalahan mengenai kesebangunan yang kemudian masalah tersebut
dipecahkan bersama-sama.
ÿ
Guru
menguji keterampilan dan kemampuan
siswa dalam soal latihan.
ÿ
Memfasilitasi
siswa berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan
soal-soal latihan menggambar macam-macam bangun datar.
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
Pertemuan
ke 3-4
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Peserta didik dapat menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ
Setiap
siswa ditugaskan membawa kotak bekas (tissu, sabun, dll). Melakukan praktek
membongkar kotak tersebut sehinga kotak berbentuk jarring-jaring setelah itu
siswa mebuat sendiri jarring-jaring kubus dan balok sesuai dengan kreasinya
yang berbeda dari jarring-jaring kubus dan balok yang telah ada.
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secaara efisien
ÿ
Siswa
menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal)
melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ
Melakukan
praktek membuat macam-macam bangun datar dengan kertas lipat atau karton,
kemudian siswa mengisi lembar kerja yang telah disediakan untuk mencari
simetri lipat dan membuat bingkai dari masing-masing bangun datar tersebut
untuk mencari simetri putar.
ÿ
Memfasilitasi
siswa berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan
soal-soal latihan menggambar macam-macam bangun datar.
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
H. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1.
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
2.
Matematika SD untuk Kelas V 5 B
Esis
3.
Matematika Progesif Teks Utama SD
Kelas 5
I. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Menunjukkan sifat-sifat kesebangun antarbangun
o
Menunjukkan dan menentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri
putar
|
Tugas
Indvidu
|
isian
|
o
Jelaskanlah sifat-sifat kesebangun antarbangun
o
Jelaskanlah dan Tentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri
putar ?
|
Instrumen/Soal
A.
3 cm
2 cm
5 cm
2,5 cm
Apakah kedua bangun diatas sebangun!
B. Banyaknya simetri lipat
dan putar pada bangun di bawah ini adalah……..
a.
b.
c.
d.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-3
Alokasi Waktu : 6 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
6. Menentukan sifat-sifat bangun
dan hubungan antar bangun
B.
Kompetensi
Dasar
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana
C. INDIKATOR
Kognitif
1.
Menghitung masalah yang berkaitan dengan bangun
datar dan bangun ruang sederhana
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Dengan diberikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan bangun datar/ruang, siswa dapat menghitung masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun
ruang sederhana
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
b.
Keterampilan
Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Sifat-sifat Bangun Datar
Masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan
bangun ruang sederhana
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2.
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama, kedua dan ketiga
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ Menjelaskan mekanisme
pembelajaran yang akan dilakukan, sikswa diajak berkeliling sekolah mencari
benda-benda yang berbentuk bangun datar dan bangun ruang.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ
Melakukan
diskusi mengenai bangun datar dan bangun ruang disekitar kemudian dihubungkan dengan masalah
matematika mencari sifat-sifatnya smietri lipat dan simetri putarnya juga
kesebangunanya dengan benda lain. Setelah itu mengerjakan lks, siswa diuji
keterampilannya dalam soal-soal latihan
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana cara
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secaara efisien
ÿ
Siswa
menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal)
melalui kegiatan tanya jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ
Bersama-sama
mendiskusikan masalah kesebangunan dengan bantuan arahan guru mencari
syarat-syarat kesebangunan.
ÿ
Setelah
kesimpulan di dapat guru mengadakan tanya jawab pada siswa mengenai
kesebangunan bangun datar.
ÿ
Memberikan
suatu permasalahan mengenai kesebangunan yang kemudian masalah tersebut
dipecahkan bersama-sama.
ÿ
Guru
menguji keterampilan dan kemampuan
siswa dalam soal latihan.
ÿ
Memfasilitasi
siswa berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
ÿ Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
ÿ Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan
soal-soal latihan menggambar macam-macam bangun datar.
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
H. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1.
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
2.
Matematika SD untuk Kelas V 5 B
Esis
3.
Matematika Progesif Teks Utama SD
Kelas 5
I. Penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar