S I L A B U S
Nama sekolah
|
:
|
SDN Mojojejer II Mojowarno
Jombang
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Matematika
|
Kelas /
Semester
|
:
|
V / I
|
Standar
Kompetensi
|
:
|
1. Melakukan Operasi Hitung
Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Materi Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Penilaian
|
Sumber / Alat /
Bahan
|
||
Jenis
|
Bentuk
|
Contoh (Lampiran)
|
||||||
1.2.Melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
|
Kognitif
1. Menggunakan
sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara
efisien
2. Membulatkan
bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
Afektif
1. Perilaku berkarakter.
Jujur dalam mengerjakan tugas
Saling menghargai pendapat orang
lain pada saat diskusi maupun saat
membacakan hasil kerja kelompok
2.
Keterampilan
Sosial
Melakukan komunikasi meliputi bertanya,
berpendapat, kerjasama dan diskusi dalam kelompok
|
1. Memahami sifat operasi
komutatif pada penjumlahan
2. Memahami sifat operasi
komutatif pada perkalian
3. Memahami sifat operasi
asosiatif pada penjumlahan
4. Memahami sifat operasi
asosiatif pada perkalian
5. Mempelajari sifat
distribusi
6. Membulatkan bilngan ke
satuan terdekatnya.
7. Membulatkan bilangan ke
puluhan terdekatnya
|
OPERASI
HITUNG BILANGAN
Sifat-Sifat
Operasi Hitung
o
Pengerjaan Hitung Campuran
(Hlm. 2
|
70
menit
|
Tugas
kelompok dan perta
nyaan
tulis
|
Menjawab pertanyaan
(tes tulis)
|
1. 50 + 17 =
… + …
2. –12 x 5 =
… x …
3. 12 + (14+70)=
(…+…) + …
4. 10 x (-19x5) =
(…+…) + …
5.
–14x(15+40)= (...x…)+(…x…)
|
1. LUSIA Tri Astuti
Matematika
5: Untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional, 2009.
2.
Kancing
Baju 2 warna
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno
Jombang
Kelas / Semester : V / 1
Mata Pelajaran :
Matematika
Alokasi Waktu :
10 x 35 Menit
A. STANDAR
KOMPETENSI :
1. Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam
pemecahan masalah
B. KOMPETENSI DASAR
1.2 Melakukan operasi hitung
bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kognitif
1.
Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan,
dan ratusan terdekat.
2.
Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan
distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien.
Afektif
1.
Perilaku berkarakter.
Jujur
dalam mengerjakan tugas baik tugas mengerjakan LKS maupun LES
Saling menghargai pendapat orang lain pada saat diskusi maupun saat membacakan hasil
kerja kelompok tentang penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
2.
Keterampilan Sosial
Melakukan komunikasi meliputi bertanya, berpendapat,
kerjasama dan diskusi dalam kelompok
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN.
Kognitif.
1.
Dengan memperhatikan penjelasan dari
guru, siswa dapat mendemonstrasikan tentang operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan dan penaksiran
2.
Tanpa membuka buku, siswa dapat menggunakan
sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara
efisien.
Afektif
1.
Perilaku berkarakter.
Pada saat mengerjakan
tugas baik mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) maupun Lembar Evaluasi Siswa
(LES), siswa dapat
menyelesaikan dengan jujur tanpa menyontek atau bertanya kepada teman dan
kelompok lain.
Pada saat
mempresentasikan hasil kerja kelompok, siswa dapat saling
menghargai pendapat orang lain
2.
Keterampilan Sosial.
Dengan terlibat dalam kegiatan belajar mengajar yang
berpusat pada siswa melalui bertanya, berpendapat, kerja sama dan diskusi, siswa
dapat melaksanakan tugas mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
E. MATERI
AJAR
Sifat Operasi hitung bilangan bulat
Dalam
kehidupan sehari-hari, kita pernah mendengar bahwa kedalaman rata-rata Samudera
Hindia adalah 3.980 meter di bawah permukaan air laut. Adapun ketinggian Gunung
Merapi di Jawa Tengah adalah 2.911 meter.
Kedalaman dan ketinggian tersebut diukur dari permukaan
air
laut. Dapatkah kalian menuliskan kalimat matematika untuk menyatakan kedalaman
Samudera Hindia dan ketinggian Gunung Merapi tersebut? Pada bab ini kita akan
mempelajari kembali
mengenai
bilangan bulat.
Di
kelas IV kita sudah mengenal bilangan bulat. Bilangan bulat terdiri atas
bilangan negatif, nol, dan bilangan positif.
Perhatikan
lagi gambar di samping ! Kedalaman Samudera Hindia dan ketinggian Gunung Merapi
diukur dari permukaan air laut. Jadi permukaan air laut dianggap sebagai titik
0. Dalam kalimat matematika, kedalaman Samudera
Hindia
dapat dituliskan -3.980, dan dibaca negatif
tiga ribu sembilan ratus delapan puluh. Adapun,
ketinggian Gunung Merapi ditulis 2.911, dibaca positif dua ribu sembilan ratus sebelas atau cukup dibaca dua
ribu sembilan ratus sebelas (tanpa
positif).
Sekarang,
perhatikan garis bilangan berikut ini !
Bilangan bulat negatif Bilangan bulat positif
· · · · · · · · ·
- 4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4
Bilangan bulat di sebelah kiri nol adalah bilangan bulat
negatif. Adapun bilangan bulat di sebelah kanan nol adalah bilangan bulat
positif.
Misalnya:
-4 dibaca negatif empat.
-35 dibaca negatif tiga
puluh lima.
15 dibaca positif lima belas atau lima belas.
Contoh :
Bejo sedang memancing di kolam. Tali pancing yang
berada di dalam air sepanjang 80 cm. Sedangkan panjang tali dari ujung pancing
ke kail 100 cm. Berapa cm panjang tali pancing yang berada di atas permukaan
air?
Permasalahan di atas dapat kita selesaikan dengan cara
penjumlahan bilangan bulat.
Panjang tali di dalam air 80 cm ditulis - 80.
Panjang tali semuanya 100 cm.
Dengan demikian, dapat dituliskan menjadi - 80 + 100 = . . . .
Hasil penjumlahan bilangan bulat di atas dapat dicari
dengan menggunakan garis bilangan. Garis bilangannya dapat digambarkan sebagai
berikut :
20
100
1. 80
· · · · · · · · · · · ·
-80
-70 -60 -50 -40 -30 -20
-10 0
10 20 30
- 80
+ 100 = 20
Jadi, panjang tali pancing yang berada di
atas permukaan air 20 cm.
Pembulatan
bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
Perhatikan contoh
pembulatan bilangan berikut!
Bulatkan ke puluhan
terdekat dari 48.
40 48 50
8 2
Bilangan 50 adalah puluhan terdekat dari
48. Jadi, 48 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 50.
Dalam pembulatan bilangan ke puluhan,
ratusan, dan ribuan terdekat, hal yang harus diperhatikan adalah sebagai
berikut :
1. Pembulatan
ke puluhan terdekat
Jika angka satuan kurang dari 5 maka
dihilangkan, jika lebih dari atau sama dengan 5 dibulatkan menjadi 1 puluhan.
2. Pembulatan
ke ratusan terdekat
Jika angka puluhan kurang dari 5 maka
dihilangkan, jika lebih dari atau sama dengan 5 dibulatkan menjadi 1 ratusan.
3. Pembulatan
ke ribuan terdekat
Jika angka ratusan kurang dari 5 maka
dihilangkan, jika lebih dari atau sama dengan 5 dibulatkan menjadi 1 ribuan.
Contoh :
7.564 dibulatkan ke puluhan
terdekat menjadi 7.560
7.565 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 7.600
7.566 dibulatkan ke
ribuan terdekat menjadi 8.000
F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.
Model Pembelajaran : Metode Kooperatif tipe STAD
2.
Metode Pembelajaran :
Tanya jawab, Pengamatan, Diskusi dan Pemberian Tugas
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
Pertemuan Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( 20 menit)
|
|
Apersepsi
1.
Menyampaikan tujuan dan
memotivasi siswa
F Mengingatkan kembali tentang
macam-macam bilangan bulat yang telah
dipelajari pada kelas sebelumnya
|
|
Kegiatan Inti ( 90 menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan
Informasi
F
Siswa
dapat melakukan operasi
hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan
penaksiran
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok
F Menjelaskan langkah-langkah
kegiatan dalam menyelesaikan Lembar
Kerja Siswa dan membimbing setiap kelompok
dalam mengerjakan LKS.
F Guru berkeliling mengadakan
penilaian proses sambil memberikan bimbingan bila ada kesulitan
Membantu
kelompok bekerja dan belajar
F Melakukan percobaan dengan menggunakan
kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi
hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 5 kancing
Merah + 4 Kancing Putih apakah sama dengan
4 kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat komutatif penjumlahan).
Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji
kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
|
|
Kegiatan Akhir ( 30 menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
F Melakukan
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
Memberikan penghargaan
F
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
|
Pertemuan ke-3 -
ke-5
Kegiatan
Awal ( 30 menit)
|
||||||||||||
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
F
Mengingatkan kembali tentang
macam-macam bilangan bulat yang telah
dipelajari pada kelas sebelumnya
|
||||||||||||
Kegiatan Inti ( 135 menit)
|
||||||||||||
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan
Informasi
F
Siswa
dapat melakukan operasi
hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan
penaksiran
F
Menjelaskan
cara membulatkan bilangan dan menaksir dengan menggunakan garis bilangan.
1 2 3 4
5 6 7
8 9 10
dibulatkan ke bawah dibulatkan ke atas
F Kemudian melakukan diskusi mengenai cara
mennaksir hasil operasi hitung, setelah itu siswa diuji leterampilannya
dalam, membulatkan dan menaksir hasil operasi hitung.
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
F Menjelaskan langkah-langkah
kegiatan dalam menyelesaikan Lembar
Kerja Siswa dan membimbing setiap
kelompok dalam mengerjakan LKS.
F Guru berkeliling mengadakan
penilaian proses sambil memberikan bimbingan bila ada kesulitan
Membantu kelompok bekerja dan
belajar
F Melakukan percobaan dengan menggunakan
kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi
hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 5 kancing
Merah + 4 Kancing Putih apakah sama dengan
4 kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat komutatif penjumlahan).
Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji
kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
|
|||||||||||
|
Kegiatan Akhir ( 450 menit )
|
|||||||||||
5.
6.
|
Evaluasi
F Melakukan
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru memberikan kesimpulan mengenai
materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Memberikan penghargaan
F
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
|
H. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas
5 .
·
Matematika SD untuk Kelas V 5 BSE
·
Matematika Progesif
Teks Utama SD Kelas 5
·
Kancing Baju
·
White board, papan tulis, spidol, kapur dan
penghapus papan tulis
I. PENILAIAN
1.
Tekhnik Penilaian :
a.
Tes
b.
Unjuk kerja
2.
Bentuk Instrumen Penilaian :
a.
LKS
b.
LP
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menggunakan
sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara
efisien dengan
teliti
o Membulatkan
bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
o Menaksir
hasil operasi hitung dua bilangan
|
Tes
Tugas
IndVidu
dan
Kelompok
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
1.
50
+ 17 = …….+…….
2.
–12
X 5 = …….+……
3.
12
+ ( 14 + 70) = (….+….) + ….
4.
10
X (-19 X 5) = (….+…) + ….
5.
–14
X (15 + 40) = (….X…,) + (….X….)
o
dst
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar