Sabtu, 17 November 2012

Contoh RPP Matematika Versi PLPG Kelas 5


S  I  L  A  B  U  S

Nama sekolah
:
SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran
:
Matematika
Kelas / Semester
:
V / I
Standar Kompetensi
:
1.  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah


Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
Penilaian
Sumber / Alat /  Bahan
Jenis
Bentuk
Contoh (Lampiran)
1.2.Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.

Kognitif
1.   Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
2.   Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
Afektif
1.   Perilaku berkarakter.
Jujur dalam mengerjakan tugas
Saling menghargai pendapat orang lain pada saat diskusi maupun saat membacakan hasil kerja kelompok
2.   Keterampilan Sosial
Melakukan komunikasi meliputi bertanya, berpendapat, kerjasama dan diskusi dalam kelompok
1. Memahami sifat operasi komutatif pada penjumlahan
2. Memahami sifat operasi komutatif pada perkalian
3. Memahami sifat operasi asosiatif pada penjumlahan
4. Memahami sifat operasi asosiatif pada perkalian
5. Mempelajari sifat distribusi
6. Membulatkan bilngan ke satuan terdekatnya.
7. Membulatkan bilangan ke puluhan terdekatnya


OPERASI HITUNG BILANGAN

Sifat-Sifat Operasi Hitung
o Pengerjaan Hitung Campuran
(Hlm. 2
70
menit
Tugas kelompok dan perta
nyaan tulis
Menjawab pertanyaan (tes tulis)
1.    50 + 17  =
… + …

2.    –12 x 5  =
   x …

3.    12 + (14+70)=
(…+…) + …
4.    10 x (-19x5) = (…+…) + …
5.   –14x(15+40)= (...x…)+(…x…)
1.    LUSIA Tri Astuti
     Matematika 5: Untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
2.    Kancing      
   Baju 2 warna


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                   :   SDN Mojojejer II  Mojowarno Jombang   
Kelas / Semester                :   V / 1
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Alokasi Waktu                  :    10  x 35 Menit

A.    STANDAR  KOMPETENSI     :          
1.  Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah

B.     KOMPETENSI DASAR
1.2 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kognitif
1.      Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat.
2.      Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien.
Afektif
1.      Perilaku berkarakter.
Jujur dalam mengerjakan tugas baik tugas mengerjakan LKS maupun LES
Saling menghargai pendapat orang lain pada saat diskusi maupun saat membacakan hasil  
kerja kelompok tentang penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
2.      Keterampilan Sosial
Melakukan komunikasi meliputi bertanya, berpendapat, kerjasama dan diskusi dalam kelompok

D. TUJUAN PEMBELAJARAN.
Kognitif.
1.         Dengan memperhatikan penjelasan dari guru, siswa dapat mendemonstrasikan tentang operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan dan penaksiran
2.         Tanpa membuka buku, siswa dapat menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien.
Afektif
1.      Perilaku berkarakter.
Pada saat mengerjakan tugas baik mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) maupun Lembar Evaluasi Siswa (LES), siswa dapat menyelesaikan dengan jujur tanpa menyontek atau bertanya kepada teman dan kelompok lain.
Pada saat mempresentasikan hasil  kerja kelompok, siswa dapat saling menghargai pendapat orang lain
2.      Keterampilan Sosial.
Dengan terlibat dalam kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa  melalui   bertanya, berpendapat, kerja sama dan diskusi, siswa dapat melaksanakan tugas mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

E.  MATERI AJAR
Sifat Operasi hitung bilangan bulat
Dalam kehidupan sehari-hari, kita pernah mendengar bahwa kedalaman rata-rata Samudera Hindia adalah 3.980 meter di bawah permukaan air laut. Adapun ketinggian Gunung Merapi di Jawa Tengah adalah 2.911 meter.  Kedalaman dan ketinggian tersebut diukur dari permukaan
air laut. Dapatkah kalian menuliskan kalimat matematika untuk menyatakan kedalaman Samudera Hindia dan ketinggian Gunung Merapi tersebut? Pada bab ini kita akan mempelajari kembali
mengenai bilangan bulat.
Di kelas IV kita sudah mengenal bilangan bulat. Bilangan bulat terdiri atas bilangan negatif, nol, dan bilangan positif.
Perhatikan lagi gambar di samping ! Kedalaman Samudera Hindia dan ketinggian Gunung Merapi diukur dari permukaan air laut. Jadi permukaan air laut dianggap sebagai titik 0. Dalam kalimat matematika, kedalaman Samudera
Hindia dapat dituliskan -3.980, dan dibaca negatif tiga ribu sembilan ratus delapan puluh. Adapun, ketinggian Gunung Merapi ditulis 2.911, dibaca positif dua ribu sembilan ratus sebelas atau cukup dibaca dua ribu sembilan ratus sebelas (tanpa positif).
Sekarang, perhatikan garis bilangan berikut ini !
                  Bilangan bulat negatif                                Bilangan bulat positif







                                                       
           ·        ·        ·        ·        ·        ·        ·        ·        ·
           - 4           -3          -2           -1            0            1            2            3            4

Bilangan bulat di sebelah kiri nol adalah bilangan bulat negatif. Adapun bilangan bulat di sebelah kanan nol adalah bilangan bulat positif.
Misalnya:
-4 dibaca negatif empat.                                                                                                
-35 dibaca negatif tiga puluh lima.
15 dibaca positif lima belas atau lima belas.
Contoh  : 
Bejo sedang memancing di kolam. Tali pancing yang berada di dalam air sepanjang 80 cm. Sedangkan panjang tali dari ujung pancing ke kail 100 cm. Berapa cm panjang tali pancing yang berada di atas permukaan air?
Permasalahan di atas dapat kita selesaikan dengan cara penjumlahan bilangan bulat.
Panjang tali di dalam air 80 cm ditulis - 80.
Panjang tali semuanya 100 cm.
Dengan demikian, dapat dituliskan menjadi  - 80 + 100 = . . . .
Hasil penjumlahan bilangan bulat di atas dapat dicari dengan menggunakan garis bilangan. Garis bilangannya dapat digambarkan sebagai berikut :
                                                                                                                   20
                                                             100


 
1. 80
                                                       
         ·        ·       ·       ·       ·       ·       ·       ·       ·       ·       ·       ·
      -80       -70       -60       -50        -40        -30        -20       -10          0         10         20         30    
           - 80 + 100 = 20

          Jadi, panjang tali pancing yang berada di atas permukaan air 20 cm.

Pembulatan bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
Perhatikan contoh pembulatan bilangan berikut!
Bulatkan ke puluhan terdekat dari 48.






 
     40               48             50

              8                2
Bilangan 50 adalah puluhan terdekat dari 48. Jadi, 48 dibulatkan ke puluhan terdekat menjadi 50.
Dalam pembulatan bilangan ke puluhan, ratusan, dan ribuan terdekat, hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
1.  Pembulatan ke puluhan terdekat
Jika angka satuan kurang dari 5 maka dihilangkan, jika lebih dari atau sama dengan 5 dibulatkan menjadi 1 puluhan.
2.  Pembulatan ke ratusan terdekat
Jika angka puluhan kurang dari 5 maka dihilangkan, jika lebih dari atau sama dengan 5 dibulatkan menjadi 1 ratusan.
3.  Pembulatan ke ribuan terdekat
Jika angka ratusan kurang dari 5 maka dihilangkan, jika lebih dari atau sama dengan 5 dibulatkan menjadi 1 ribuan.
Contoh  :
7.564 dibulatkan ke    puluhan    terdekat menjadi    7.560
7.565 dibulatkan ke    ratusan     terdekat menjadi    7.600
7.566 dibulatkan ke     ribuan      terdekat menjadi   8.000

F.     MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.         Model Pembelajaran              :  Metode Kooperatif tipe STAD
2.         Metode Pembelajaran                        :  Tanya jawab, Pengamatan, Diskusi dan Pemberian Tugas

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN           :

Pertemuan Pertama dan kedua


Kegiatan Awal ( 20 menit)
Apersepsi
1.         Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
F  Mengingatkan kembali tentang macam-macam  bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
Kegiatan Inti ( 90 menit)
2.

3.


4.

Mempresentasikan Informasi
F Siswa dapat melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
F Menjelaskan langkah-langkah kegiatan dalam menyelesaikan  Lembar Kerja  Siswa dan membimbing setiap kelompok dalam mengerjakan LKS.
F Guru berkeliling mengadakan penilaian proses sambil memberikan bimbingan bila ada kesulitan
Membantu kelompok bekerja dan belajar
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 5 kancing Merah + 4 Kancing Putih apakah sama dengan  4 kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat komutatif penjumlahan). Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.

Kegiatan Akhir ( 30 menit )
5.

6.
Evaluasi
F Melakukan evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik

Pertemuan ke-3 - ke-5

Kegiatan Awal ( 30 menit)
Apersepsi
1.    Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
F Mengingatkan kembali tentang macam-macam  bilangan bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
Kegiatan Inti ( 135 menit)
2.







3.


4.
Mempresentasikan Informasi
F Siswa dapat melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran
F Menjelaskan cara membulatkan bilangan dan menaksir dengan menggunakan garis bilangan.


 
                    1       2        3       4      5       6     7      8      9     10






 
                      dibulatkan ke bawah            dibulatkan ke atas
F Kemudian melakukan diskusi mengenai cara mennaksir hasil operasi hitung, setelah itu siswa diuji leterampilannya dalam, membulatkan dan menaksir hasil operasi hitung.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
F Menjelaskan langkah-langkah kegiatan dalam menyelesaikan  Lembar Kerja  Siswa dan membimbing setiap kelompok dalam mengerjakan LKS.
F Guru berkeliling mengadakan penilaian proses sambil memberikan bimbingan bila ada kesulitan
Membantu kelompok bekerja dan belajar
F Melakukan percobaan dengan menggunakan kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa memahami sifat-sifat operasi hitung yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari, misalnya : 5 kancing Merah + 4 Kancing Putih apakah sama dengan  4 kancing Putih + 5 Kancing Merah ? (sifat komutatif penjumlahan). Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.

Kegiatan Akhir ( 450 menit )
5.


6.
Evaluasi
F Melakukan evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Memberikan penghargaan
F Memberikan penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik


H.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
·         Matematika SD untuk Kelas V  5 BSE
·         Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5
·         Kancing Baju
·         White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

I.       PENILAIAN
1.      Tekhnik Penilaian                    :
a.       Tes
b.      Unjuk kerja
2.      Bentuk Instrumen Penilaian    :
a.       LKS
b.      LP
Penilaian

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien dengan teliti
o  Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
o  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
Tes
Tugas IndVidu
dan Kelompok



Laporan buku pekerjaan rumah

1.   50 + 17 = …….+…….
2.   –12 X 5 = …….+……
3.   12 + ( 14 + 70) = (….+….) + ….
4.   10 X (-19 X 5)   = (….+…) + ….
5.   –14 X (15 + 40) = (….X…,) + (….X….)
o  dst


Tidak ada komentar:

Posting Komentar