Rabu, 05 Desember 2012

Silabus PKN Kls.5 Smt. 2




SILABUS  PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013


SEKOLAH                                 :           SDN MOJOJEJER 02 MOJOWARNO JOMBANG
MATA PELAJARAN                :           PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
KELAS / SEMESTER                :           V / 2
STANDAR KOMPETENSI    :           3. Memahami kebebasan berorganisasi.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1. Mendekripsik-an pengertian organisasi

§  Pengertian organisasi.
§  Ciri-ciri organisasi.
§  Tujuan organisasi.
§  Anggota organisasi.
§  Menjelaskan pengertian organisasi.
§  Mendaftar nama-nama organisasi yang diketahui siswa.
§  Berdiskusi dan memperkirakan tujuan suatu organisasi.
§  Berdiskusi dan memperkirakan anggota suatu organisasi.
§  Mendeskripsikan pengertian organisasi.
§  Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
§  Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.
§  Tugas kelompok.
§  Observasi.
§ Penilaian tertulis.
§ Penilaian unjuk kerja (kepercayaan diri anak dalam berimajinasi).
§ Keterlibatan anak dalam diskusi.
§ Menurutmu, siapakah yang berhak menjadi anggota organisasi pecinta perangko?

4 x 35           
 menit.
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 60—62.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah, dst.
§  Ciri-ciri organisasi (lanjutan)
§  Struktur  organisasi.
§  Tata tertib organisasi.


§  Berdiskusi dan memperkirakan struktur suatu organisasi.
§  Berdiskusi dan
§  mendaftar sejumlah peraturan tentang suatu organisasi.
§  Menyusun suatu organisasi fiktif.
§  Merumuskan tujuan, anggota, struktur, dan peraturan organisasi fiktif tersebut.
§  Merumuskan contoh struktur organisasi.
§  Merumuskan contoh tata tertib organisasi.
§  Tugas kelompok.
§  Observasi.
§ Penilaian tertulis.
§ Penilaian unjuk kerja
§ (kepercayaan diri anak dalam berimajinasi).
§ Keterlibatan anak dalam diskusi.
§ Siapa pemegang jabatan tertinggi di sekolahmu?

3.2.   Menyebut-kan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.

§  Contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat beserta fungsinya.
§  Mendaftar contoh-contoh organisasi di sekolah dan masyarakat.
§  Menyebutkan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertibnya.
§  Menyebutkan fungsi organisasi-organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat.
§  Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.
§  Tugas kelompok.
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
§ Tujuan organisasi Pramuka adalah ...
   2 x 35           
 menit.
§ Buku paket hlm. 63—68.
§ Teman.
§ Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst.
§ Buku paket hlm. 69—73.
§ Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah, dst.
3.3. Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.

§ Contoh-contoh atau ilustrasi perilaku yang baik  dan buruk  dalam memilih dan memanfaatk
§ an organisasi yang ada di masyarakat.
§  Memfotokopi gambar pada buku pelajaran.
§  Mewarnai gambar yang menunjukkan sikap yang benar.
§  Menjelaskan gambar yang
§  telah diwarnai dan alasan memilih gambar tersebut.
§  Menjelaskan alasan pemilihan gambar.
§  Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
§  Tugas individu.

§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak memilih gambar dan krea-tivitas pewar-naan gambar)
§ Penilaian lisan ketika siswa menceritakan gambar dan alasan pemilihan gambar.
§ Untuk membantu menjaga kesehatan murid-murid di sekolah,  Made sebaiknya
§ bergabung dengan .... (gambar A atau gambar B).
2 x 35           
   menit.




STANDAR KOMPETENSI  :        4.       Menghargai keputusan bersama. 

Kompetensi Dasar
Materi Pokok Dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1.    Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.


§ Pengertian keputusan bersama.
§ Bentuk-bentuk keputusan bersama.
§ Kemauan bermusyawa-rah untuk mufakat.
§  Mendiskusikan pengertian dan bentuk-bentuk keputusan bersama.
§  Mendiskusikan manfaat musyawarah dan mufakat.
§  Memahami definisi keputusan bersama.
§  Memahami  bentuk-bentuk keputusan bersama.
§  Memahami  prinsip-prinsip  musyawarah dan mufakat.
§  Tugas individu.



§  Penilaian lisan.
§  Penilaian sikap.
§  Penilaian unjuk kerja
§ Mengapa keputusan bersama dianggap penting?
2 x 35           
 menit.
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 82—87.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
§ Buku paket hlm. 90—96.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah, dst.
4.2.    Memahami keputusan bersama.


§ Reaksi terhadap keputusan bersama.
§  Mengerjakan soal studi kasus tentang berbagai keputusan bersama.
§  Memahami definisi dan bentuk-bentuk keputusan bersama, serta musyawarah dan mufakat..
§  Menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.
§  Tugas individu
§  Penilaian sikap.
§  Penilaian unjuk kerja.
§ Keluargamu berbagi tugas membersihkan rumah. Kemu tidak senang membersihkan kamar mandi. Tetapi ayah menunjukmu membersihkan kamar mandi.
§ Apa pendapat Ayahmu tentang sikap ayahmu?
2 x 35           
 menit.
v  Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility)
Berani (courage), Integritas (integrity), Peduli (caring), Jujur (fairnes) dan Kewarganegaraan (citizenship)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar