SILABUS PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
SEKOLAH : SDN MOJOJEJER 02 MOJOWARNO JOMBANG
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (
PKN )
KELAS / SEMESTER : V / 2
STANDAR KOMPETENSI : 3. Memahami kebebasan berorganisasi.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1. Mendekripsik-an
pengertian organisasi
|
§ Pengertian organisasi.
§ Ciri-ciri organisasi.
§ Tujuan organisasi.
§ Anggota organisasi.
|
§ Menjelaskan pengertian
organisasi.
§ Mendaftar nama-nama
organisasi yang diketahui siswa.
§ Berdiskusi dan
memperkirakan tujuan suatu organisasi.
§ Berdiskusi dan
memperkirakan anggota suatu organisasi.
|
§ Mendeskripsikan
pengertian organisasi.
§ Menyebutkan
contoh-contoh tujuan organisasi.
§ Menyebutkan
contoh-contoh anggota organisasi.
|
§ Tugas kelompok.
§
Observasi.
|
§ Penilaian tertulis.
§ Penilaian unjuk kerja
(kepercayaan diri anak dalam berimajinasi).
§ Keterlibatan anak dalam
diskusi.
|
§ Menurutmu, siapakah yang
berhak menjadi anggota organisasi pecinta perangko?
|
4 x 35
menit.
|
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 60—62.
§ Teman.
§ Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah, dst.
|
§ Ciri-ciri organisasi
(lanjutan)
§ Struktur organisasi.
§ Tata tertib organisasi.
|
§ Berdiskusi dan
memperkirakan struktur suatu organisasi.
§ Berdiskusi dan
§ mendaftar sejumlah
peraturan tentang suatu organisasi.
§ Menyusun suatu
organisasi fiktif.
§ Merumuskan tujuan,
anggota, struktur, dan peraturan organisasi fiktif tersebut.
|
§ Merumuskan contoh
struktur organisasi.
§ Merumuskan contoh tata
tertib organisasi.
|
§ Tugas kelompok.
§ Observasi.
|
§ Penilaian tertulis.
§ Penilaian unjuk kerja
§ (kepercayaan diri anak
dalam berimajinasi).
§ Keterlibatan anak dalam
diskusi.
|
§ Siapa pemegang jabatan
tertinggi di sekolahmu?
|
|
||
3.2. Menyebut-kan
contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
|
§ Contoh-contoh organisasi
di sekolah dan masyarakat beserta fungsinya.
|
§ Mendaftar contoh-contoh
organisasi di sekolah dan masyarakat.
§ Menyebutkan tujuan,
anggota, struktur, dan tata tertibnya.
§ Menyebutkan fungsi
organisasi-organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat.
|
§ Menjelaskan tujuan,
anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan
masyarakat.
|
§ Tugas kelompok.
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk kerja.
|
§ Tujuan organisasi
Pramuka adalah ...
|
2 x 35
menit.
|
§ Buku paket hlm. 63—68.
§ Teman.
§ Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst.
§ Buku paket hlm. 69—73.
§ Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah, dst.
|
3.3. Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di
sekolah.
|
§ Contoh-contoh atau
ilustrasi perilaku yang baik dan
buruk dalam memilih dan memanfaatk
§ an organisasi yang ada
di masyarakat.
|
§ Memfotokopi gambar pada
buku pelajaran.
§ Mewarnai gambar yang
menunjukkan sikap yang benar.
§ Menjelaskan gambar yang
§ telah diwarnai dan
alasan memilih gambar tersebut.
§ Menjelaskan alasan
pemilihan gambar.
|
§ Memahami prinsip-prinsip
mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
|
§ Tugas
individu.
|
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian anak memilih gambar dan krea-tivitas pewar-naan gambar)
§ Penilaian lisan ketika
siswa menceritakan gambar dan alasan pemilihan gambar.
|
§ Untuk membantu menjaga
kesehatan murid-murid di sekolah, Made
sebaiknya
§ bergabung dengan ....
(gambar A atau gambar B).
|
2 x 35
menit.
|
|
|
|
STANDAR KOMPETENSI : 4. Menghargai
keputusan bersama.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok Dan Uraian Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1. Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.
|
§ Pengertian keputusan bersama.
§ Bentuk-bentuk keputusan bersama.
§ Kemauan bermusyawa-rah untuk mufakat.
|
§ Mendiskusikan
pengertian dan bentuk-bentuk keputusan bersama.
§ Mendiskusikan manfaat
musyawarah dan mufakat.
|
§ Memahami definisi
keputusan bersama.
§ Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama.
§ Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat.
|
§ Tugas individu.
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap.
§ Penilaian unjuk kerja
|
§ Mengapa
keputusan bersama dianggap penting?
|
2 x 35
menit.
|
§ Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.)
hlm. 82—87.
§ Orang
tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluarga), sekolah, dst.
§ Buku paket
hlm. 90—96.
§ Orang tua.
§ Teman.
§ Lingkungan
rumah (keluar-ga), sekolah, dst.
|
4.2. Memahami keputusan bersama.
|
§ Reaksi terhadap keputusan bersama.
|
§ Mengerjakan soal studi
kasus tentang berbagai keputusan bersama.
|
§ Memahami definisi dan
bentuk-bentuk keputusan bersama, serta musyawarah dan mufakat..
§ Menentukan sikap yang
tepat terhadap keputusan bersama.
|
§ Tugas individu
|
§ Penilaian sikap.
§ Penilaian unjuk kerja.
|
§ Keluargamu
berbagi tugas membersihkan rumah. Kemu tidak senang membersihkan kamar mandi.
Tetapi ayah menunjukmu membersihkan kamar mandi.
§ Apa pendapat
Ayahmu tentang sikap ayahmu?
|
2 x 35
menit.
|
|
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility)
Berani (courage), Integritas (integrity), Peduli (caring), Jujur (fairnes) dan Kewarganegaraan (citizenship)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar