SILABUS PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
NAMA SEKOLAH
: SDN MOJOJEJER 02
MOJOWARNO JOMBANG
|
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
|
Kelas / Semester : V / 2
|
Standar Kompetensi : 2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan
dan mempertahankan kemerdekaan
Indonesia
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
2.1. Mendeskripsikan
perjuangan para to-Koh pejuang pada pada penjajah Belanda dan Jepang
|
§ Perjuangan melawan
penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
§ Peranan sumpah pemuda
28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
|
§ Melakukan diskusi
mengenal sebab jatuhnya daerah- daerah nusantara ke dalam kekuasaan
pemerintah Belanda Pengamatan peta wilayah-wilayah tanam paksa
§ Bermain peran mengenai
salah satu kisah perlawanan terhadap Belanda yang dipimpin oleh para tokoh
daerah
§ Menjelaskan mengenai
sebab-sebab meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia
§ Membuat rangkuman atau
cerita pendek tentang sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang
§ Membuat profil riwayat
hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional, seperti RA Kartini, Dewi
Sartika, Ki Hajar Dewantara, dan Douwes Dekker
§ Membut laporan mengenai
tokoh-tokoh yang ada di provinsi tempat tinggalnya dengan wawancara
§ Melakukan diskusi kelas
tentang peristiwa sumpah pemuda khususnya tentang Konggres Pemuda I dan
Konggres Pemuda II
§ Membuat catatan
mengenai pernan tiga orang tokoh penting dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt
1928
§ Menjawab pertanyaan
tentang peran sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
|
§ Menceritakan sebab jatuhnya
daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
§ Menjelaskan sistem
kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat
§ Menceritakan perjuangan
para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
§ Menceritakan pendudukan
Jepang di Indonesia
§ Menceritakan sebab dan
akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
§ Membuat ringkasan
riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional
§ Membuat laporan
tentang tokoh pejuang yang ada di
provinsinya
§ Menceritakan peristiwa
sumpah pemuda
§ Menceritakan peranan
tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
§ Menceritakan peranan
tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan
Indonesia
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan sebab jatuhnya
daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
|
12 x 35 menit
pert 1 - 4
(4 minggu)
|
IPS
Asy’ari Erlangga Kelas V
Gambar
Para pejuang dan tokoh lain
|
2.2. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan
kemerdekaan Indonesia
|
§Persiapan kemerdekaan Indonesia
dan perumusan dasar negara
|
§ Melakukan studi pustaka
secara berkelompok untuk mencari lembaga-lembaga bentukan Jepang dalam mempersiapkan mencapai
kemerdekaan
§ Melakukan diskusi
mengenai perlunya perumusan dasar negara
§ Mengidentifikasi
beberapa tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan
§ Menuliskan bagaimana
cara menghargai jasa para pahlawan dilanjutkan dengan presentasi
|
§ Menjelaskan beberapa
usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
§ Menjelaskan perlunya
perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
§ Mengidentifikasi
beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
§ Menunjukkan sikap
menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan
kemerdekaan
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan beberapa usaha dalam
rangka mempersiapkan kemerdekaan
|
12 x 35
menit
pert 5 - 8
(4minggu)
|
Buku
IPS Asy’ ari kelas V Erlangga
Gambar
para pejuang dan tokoh kemerde- kaan sda.
|
2.3. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan
kemerdekaan Indonesia
|
§Proklamasi kemerdekan Indonesia
|
§ Mengidentifikasi
beberapa tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§ Mencari jasa dan
peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
|
§ Menyebutkan tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan
§ Menceritakan jasa dan
peranan tokoh dalam memprokmasikan
kemerdekaan
|
Tertulis
|
Jawab Singkat
|
Sebutkan tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan
|
12 x 35 menit
pert 9 - 12
4
mingg
|
Buku
IPS Asy’ ari kelas V
|
2.4. Menghargai perjuangan para tokoh dalam
mem-pertahankan kemerdekaan
|
§Perjuangan para tokoh dalam
mempertahan-kan kemerdekaan
|
§ Mencari contoh cara
mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§ Membuat laporan secara
kelompok cara menghargai perjuangan para tokoh dalam kehidupan sehari-hari
|
§ Menjelaskan cara
mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§ Menunjukkan sikap
menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
|
Tertulis
|
Jawab Singkat
|
Jelaskan cara mengenang
perjuangan para tokoh dalam mpertahankkemerdeka-an
|
12 x 35 menit
pert 13 - 16
(4 minggu)
|
Buku
IPS Asy’ari V
Erlangga
Gambar
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar