Rabu, 05 Desember 2012

Silabus IPS Kls. 5 Smt. 2



SILABUS  PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

NAMA SEKOLAH           :   SDN MOJOJEJER 02 MOJOWARNO JOMBANG
Mata Pelajaran                    :   ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Kelas / Semester                 :   V / 2
Standar Kompetensi            :   2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan  Indonesia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2
3
4
5
6
7
8
9
10
2.1.   Mendeskripsikan perjuangan para to-Koh pejuang pada pada penjajah Belanda dan Jepang














§ Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
§ Peranan sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
§ Melakukan diskusi mengenal sebab jatuhnya daerah- daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda Pengamatan peta wilayah-wilayah tanam paksa  
§ Bermain peran mengenai salah satu kisah perlawanan terhadap Belanda yang dipimpin oleh para tokoh daerah
§ Menjelaskan mengenai sebab-sebab meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia
§ Membuat rangkuman atau cerita pendek tentang sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang
§ Membuat profil riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional, seperti RA Kartini, Dewi Sartika, Ki Hajar Dewantara, dan Douwes Dekker
§ Membut laporan mengenai tokoh-tokoh yang ada di provinsi tempat tinggalnya dengan wawancara
§ Melakukan diskusi kelas tentang peristiwa sumpah pemuda khususnya tentang Konggres Pemuda I dan Konggres Pemuda II
§ Membuat catatan mengenai pernan tiga orang tokoh penting dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
§ Menjawab pertanyaan tentang peran sumpah pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
§ Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
§ Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat
§ Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
§ Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
§ Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
§ Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional
§ Membuat laporan tentang  tokoh pejuang yang ada di provinsinya
§ Menceritakan peristiwa sumpah pemuda
§ Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
§ Menceritakan peranan tokoh  dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia
Tertulis
Uraian
Jelaskan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
12 x 35 menit
pert 1 - 4
(4 minggu)
­                IPS Asy’ari Erlangga Kelas V
­                Gambar Para pejuang dan tokoh lain










2.2.  Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia

§Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara
§ Melakukan studi pustaka secara berkelompok untuk mencari lembaga-lembaga bentukan  Jepang dalam mempersiapkan mencapai kemerdekaan
§ Melakukan diskusi mengenai perlunya perumusan dasar negara
§ Mengidentifikasi beberapa tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan
§ Menuliskan bagaimana cara menghargai jasa para pahlawan dilanjutkan dengan presentasi
§ Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
§ Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
§ Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan   kemerdekaan
§ Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh   dalam mempersiapkan kemerdekaan
Tertulis
Uraian
Jelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
 12 x 35 menit
pert 5 - 8
(4minggu)


­  Buku IPS Asy’ ari kelas V Erlangga
­ Gambar para pejuang dan tokoh kemerde- kaan sda.
2.3.  Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia
§Proklamasi kemerdekan Indonesia
§ Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§ Mencari jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan  
§ Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§ Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokmasikan   kemerdekaan
Tertulis

Jawab Singkat
Sebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
12 x 35 menit
pert 9 - 12
4
mingg
­  Buku IPS Asy’ ari kelas V
­  
2.4.  Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem-pertahankan kemerdekaan
§Perjuangan para tokoh dalam mempertahan-kan kemerdekaan
§ Mencari contoh cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§ Membuat laporan secara kelompok cara menghargai perjuangan para tokoh dalam kehidupan sehari-hari
§ Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§ Menunjukkan sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
Tertulis
Jawab Singkat
Jelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mpertahankkemerdeka-an
12 x 35 menit
pert 13 - 16
(4 minggu)
­ Buku IPS Asy’ari V
­ Erlangga
­ Gambar
v Karakter siswa yang diharapkan :            Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar