Rabu, 05 Desember 2012

Silabus Bhs. Indonesia Kls. 5 Smt. 2


SILABUS  PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

SEKOLAH                     :           SDN MOJOJEJER 02 MOJOWARNO JOMBANG
MATA PELAJARAN    :           Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER    :           V / 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk
Contoh
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10



5.Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
5.1  5.1.Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan
Cerita
·  peristiwa
·  Siswa mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa
·  Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan Guru
·  Siswa menanggapi suatu masalah di sekitar
·  Mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa
·  Menjawab pertanyaan
·  Menanggapi masalah yang terjadi disekitar
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·Jawablah pertanyaan yang diajukan guru !
·Tanggapilah suatu masalah di sekitar!
1 x pertemuan
2 x 35 menit
·Buku  Bahasa Indonesia 5b
·Kumpulan Buku cerita Rakyat


·Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·Kumpulan Buku cerita Rakyat
5.2 5.2.Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, dan amanat)
Cerita pendek
·  Siswa dapat mendengarkan pembaca cerita.
·  Siswa dapat bertanya jawab tentang isi cerita yang di dengar
·  Mendengarkan cerita pendek
·  Bertanya-jawab tentang isi cerita
·  Menyebutkan tokoh, sifat tokoh, latar, dan amanat
·  Menceritakan kembali isi cerita
·  Menanggapi isi cerita
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·Jawablah tentang isi cerita yang di dengar!
1 x pertemuan
2 x 35 menit

6.Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa
Persoalan faktual
·  Siswa dapat mencermati persoala atau masalah yang diajukan
·  Siswa dapat menanggapi masalah yang di diajukan
·  Memperagakan percakapan
·  Menjawab pertanyaan
·  Memberikan pendapat
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·Buatlah komentar tentang  persoalan faktual !
1 x pertemuan
2 x 35 menit
·Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·Majalah
·Surat Kabar
6.2         Memeran-kan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi  yang tepat
Drama

·  Memerankan tokoh drama
·  Mengung-kapkan pendapat tentang drama
·  Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas
·  Memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekpresi yang sesuai dengan karakter tokoh
·  Siswa dapat mengungkapkan perasaan dan pikiran secara lisan
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·Ungkapkanlah pendapat tentang drama!
1 x pertemuan
2 x 35 menit
·Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·Kumpulan Buku cerita Rakyat


7.Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
7.1 Membandingkan isi dua teks yang  dibacadengan membaca sekilas
Dua bacaan
·  Membaca dua bacaan
·  Mencatat persamaan dan perbedaan dari kedua bacaan
·  Membaca dua teks yang bertema sama
·  Menjelaskan garis besar isi teks
·  Membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah catatan  persamaan dan perbedaan antara dua bacaan!
1 x pertemuan
2 x 35 menit
·Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·Kumpulan Buku cerita Rakyat
7.2 Menemukan informasi secara cepat dari  berbagai  teks khusus (buku petunjuk  telepon, jadwal perjalanan daftar acara, menu dll
Daftar susunan acara
·  Membaca jadwal siaran lelevisi
·  Menjawab pertanyaan
·  Menjelas-kan jadwal dalam bentuk kalimat
·  Mempergakan percakapan secara kelompok atau perorangan
·  Siswa dapat menjawab peratanyan
·  Siswa dapat menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Jelaskan-lah jadwal dalam bentuk kalimat!
1 x pertemuan
2 x 35 menit
·Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·Buku Telepon
7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
Cerita anak
·  Membaca cerita
·  Menjawab pertanyaan
·  Menuliskan kesimpulan isi cerita
·  Siswa dapat mendengarkan cerita dgn baik.
·  Bertanya jawab tentang cerita
·  Siswa dapat menuliskan kesimpulan
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Tuliskan kesimpulan isi cerita!
1 x pertemuan
2 x 35 menit
·Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·Kumpulan Buku cerita Rakyat
8.Menulis
Mengungkapkan pikiran , perasaan, informasi, dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
Ringkasan




·  Memahami langkah-langkah dalam kegiatar meringkas
·  Membaca saksama bacaan yang akan diringkas
·  Meringkas bacaan atau buku
·  Menulis pokok-pokok isi buku
·  Menulis ringkasan buku dalam beberapa
·  kalimat


Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah ringkasan  bacaan atau buku!
1 x pertemuan
2 x 35 menit
·      Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·      Kumpulan Buku cerita Rakyat
8.2 Menulis laporan pengamatan/kunjungan berdasar tahapan (catatan, konsep awal,  perbaikan, final) dengan memperhatikan pengguna-an ejaan
Laporan pengamatan
·  Menyusun laporan peristiwa
·  Menyampaikan laporan secara lisan
·  Memperbaiki tulisan laporan
·  Siswa dapat menyusun laporan peristiwa
·  Siswa dapat menyampaikan laporan
·  secara lisan
·  Siswa dapat memperbaiki laporan
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Susunlah sebuah  laporan peristiwa!
1 x pertemuan
2 x 35 menit
·      Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·      Kumpulan Buku cerita Rakyat
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
Puisi
·  Membaca contoh puisi
·  Menulis puisi
·  Menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman
·  Menulis puisi berdasarkan ungkapan perasaan dari pengalaman anak
·  Menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan yang tepat
Tes Lisan dan tertulis
Lembar penilaian
Produk
·  Buatlah puisi berdasar-kan ungkapan perasaan dari pengala-man anak!
1 x pertemuan
2 x 35 menit
·      Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·      Puisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar