SILABUS PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
SEKOLAH : SDN MOJOJEJER 02 MOJOWARNO JOMBANG
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER : V / 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
5.Mendengarkan
Memahami
cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara
lisan
|
5.1 5.1.Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di
sekitar yang disampaikan secara lisan
|
Cerita
·
peristiwa
|
· Siswa mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa
· Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan Guru
· Siswa menanggapi suatu masalah di sekitar
|
· Mendengarkan cerita
tentang suatu peristiwa
· Menjawab pertanyaan
· Menanggapi masalah yang
terjadi disekitar
|
Tes Lisan dan
tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
·Jawablah
pertanyaan yang diajukan guru !
·Tanggapilah suatu masalah di sekitar!
|
1 x pertemuan
2 x 35 menit
|
·Buku Bahasa Indonesia 5b
·Kumpulan Buku cerita Rakyat
·Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·Kumpulan Buku
cerita Rakyat
|
5.2 5.2.Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar,
dan amanat)
|
Cerita pendek
|
·
Siswa
dapat mendengarkan pembaca cerita.
·
Siswa
dapat bertanya jawab tentang isi cerita yang di dengar
|
·
Mendengarkan cerita pendek
·
Bertanya-jawab tentang isi cerita
·
Menyebutkan tokoh, sifat tokoh, latar, dan amanat
·
Menceritakan kembali isi cerita
·
Menanggapi isi cerita
|
Tes Lisan dan
tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
·Jawablah tentang isi cerita yang di dengar!
|
1 x pertemuan
2 x 35 menit
|
||
6.Berbicara
Mengungkapkan pikiran
dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
|
6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai
alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun
berbahasa
|
Persoalan
faktual
|
· Siswa dapat mencermati persoala atau masalah yang diajukan
·
Siswa dapat menanggapi
masalah yang di diajukan
|
·
Memperagakan
percakapan
·
Menjawab
pertanyaan
·
Memberikan
pendapat
|
Tes Lisan dan
tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
·Buatlah komentar tentang persoalan faktual !
|
1 x pertemuan
2 x 35 menit
|
·Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·Majalah
·Surat Kabar
|
6.2 Memeran-kan tokoh
drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
Drama
|
·
Memerankan
tokoh drama
·
Mengung-kapkan pendapat tentang drama
|
· Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas
· Memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan,
dan ekpresi yang sesuai dengan karakter tokoh
· Siswa dapat mengungkapkan perasaan dan pikiran secara lisan
|
Tes Lisan dan
tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
·Ungkapkanlah pendapat tentang drama!
|
1 x pertemuan
2 x 35 menit
|
·Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·Kumpulan Buku
cerita Rakyat
|
|
7.Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca
memindai, dan membaca cerita anak
|
7.1 Membandingkan isi dua teks yang dibacadengan membaca sekilas
|
Dua bacaan
|
· Membaca dua bacaan
· Mencatat persamaan dan
perbedaan dari kedua bacaan
|
· Membaca dua teks yang
bertema sama
· Menjelaskan garis besar
isi teks
· Membandingkan isi antar
teks dengan memberikan alasan
|
Tes Lisan dan
tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Buatlah catatan persamaan dan perbedaan antara dua bacaan!
|
1 x pertemuan
2 x 35 menit
|
·Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·Kumpulan Buku cerita Rakyat
|
7.2 Menemukan informasi secara cepat
dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan daftar acara,
menu dll
|
Daftar susunan
acara
|
· Membaca jadwal siaran lelevisi
· Menjawab pertanyaan
·
Menjelas-kan jadwal dalam bentuk kalimat
|
· Mempergakan percakapan
secara kelompok atau perorangan
· Siswa dapat menjawab
peratanyan
·
Siswa dapat menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat
|
Tes Lisan dan
tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Jelaskan-lah jadwal dalam bentuk kalimat!
|
1 x pertemuan
2 x 35 menit
|
·Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·Buku Telepon
|
|
7.3 Menyimpulkan isi cerita anak dalam
beberapa kalimat
|
Cerita anak
|
· Membaca cerita
· Menjawab pertanyaan
·
Menuliskan kesimpulan isi cerita
|
· Siswa dapat mendengarkan
cerita dgn baik.
· Bertanya jawab tentang
cerita
· Siswa dapat menuliskan
kesimpulan
|
Tes Lisan dan
tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Tuliskan kesimpulan isi cerita!
|
1 x pertemuan
2 x 35 menit
|
·Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
·Kumpulan Buku cerita Rakyat
|
|
8.Menulis
Mengungkapkan pikiran ,
perasaan, informasi, dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan
puisi bebas
|
8.1 Meringkas
isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan
|
Ringkasan
|
·
Memahami
langkah-langkah dalam kegiatar meringkas
·
Membaca
saksama bacaan yang akan diringkas
· Meringkas bacaan atau buku
|
· Menulis pokok-pokok isi
buku
· Menulis ringkasan buku
dalam beberapa
· kalimat
|
Tes Lisan dan
tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Buatlah
ringkasan bacaan atau buku!
|
1 x pertemuan
2 x 35 menit
|
· Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
· Kumpulan Buku cerita Rakyat
|
8.2 Menulis laporan pengamatan/kunjungan berdasar
tahapan (catatan, konsep awal,
perbaikan, final) dengan memperhatikan pengguna-an ejaan
|
Laporan
pengamatan
|
· Menyusun laporan
peristiwa
· Menyampaikan laporan
secara lisan
·
Memperbaiki
tulisan laporan
|
· Siswa dapat menyusun
laporan peristiwa
· Siswa dapat menyampaikan
laporan
· secara lisan
· Siswa dapat memperbaiki laporan
|
Tes Lisan dan
tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Susunlah sebuah laporan peristiwa!
|
1 x pertemuan
2 x 35 menit
|
· Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
· Kumpulan Buku cerita Rakyat
|
|
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
|
Puisi
|
· Membaca contoh puisi
·
Menulis puisi
|
· Menentukan gagasan pokok
berdasarkan pengalaman
· Menulis puisi
berdasarkan ungkapan perasaan dari pengalaman anak
·
Menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan
menggunakan pilihan yang tepat
|
Tes Lisan dan
tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Buatlah puisi
berdasar-kan ungkapan perasaan dari pengala-man anak!
|
1 x pertemuan
2 x 35 menit
|
· Buku Bina Bahasa Indonesia 5b
· Puisi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar