SILABUS PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Nama Sekolah : SDN Mojojejer 02 Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/ Semester : V / 2
Alokasi Waktu : x 35 menit
Standar Kompetensi :
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
|||||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
|||||||||
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
5.1.Mengubah pecahan ke bentuk
persen dan desimal serta sebaliknya
|
PECAHAN
Operasi penjumlahan dan pengurangan
o Mengubah
Pecahan Biasa Menjadi Persen dan Sebaliknya
o Mengubah
pecahan Biasa menjadi desimal dan sebaliknya
|
· Memahami
langkah pengubahan pecahan biasa menjadi persen dengan mengubah penyebutnya
menjadi 100
· Memahami
langkah pengubahan pecahan biasa menjadi pecahan senilai yang memepunyai
penyebut 10, 100, atau 1000
·
Memahami cara mengerjakan contoh soal
Hlm. 5
|
o Mengubah Pecahan Biasa Menjadi
Persen
o Mengubah pecahan Biasa menjadi
desimal
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 3
Latihan 2
Hlm. 3
Latihan 3
Hlm. 4
|
8
jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5B
Alat:
-
Buku
|
|||
5.2.Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai
bentuk pecahan
|
PECAHAN
Operasi
penjumlahan dan pengurangan
o Menjumlahkan dan mengurangkan
berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)
o Pemecahan masalah sehari-hari
yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)
|
·
Memahami contoh soal hlm 13 s.d hlm 20
·
Mengerjkan latihan 5 s.d 22 dan
pengayaan
·
Menjelaskan contoh soal hlm. 13
·
Memahami contoh soal Hlm. 17 yaitu
menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut
·
Memahami contoh soal Hlm. 17 yaitu
menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut
·
Mempelajari contoh soal Hlm. 19
·
Mempelajari contoh soal Hlm. 20
·
Mempelajari contoh soal yang berkaitan
dengan masalah sehari-hari Hlm. 21
·
Mengerjakan latihan pengayaan Hlm. 24
|
o
Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
o
Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o Menjumlahkan pecahan campuran
dengan persen dan desimal serta campuran
o Menjumlahkan pecahan biasa
dengan persen dan pecahan desimal
o Menjumlahkan tiga pecahan
berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o Mengurangkan pecahan dari
bilangan asli
o Mengurangkan pecahan berpenyebut
tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
o Mengurangkan dua pecahan
campuran serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o Penjumlahan dan pengurangan
pecahan berpenyebut tidak sama
o Pengurangan pecahan dengan
persen dan desimal
o Menghitung penjumlahan dan
pengurangan terhadap masalah sehari-hari
|
Tugas
IndVidu dan Kelompok
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 5
Latihan pengayaan Hlm. 24
Latihan 22
Hlm. 23
|
16
jp
|
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5B
Alat:
-
|
|||
5.3.Mengalikan dan membagi berbagai
bentuk pecahan
|
PECAHAN
Operasi Perkalian dan pembagian
o Perkalian Pecahan (26)
o Pembagian pecahan (34)
|
o Mempelajari
langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi perkalian
-
pecahan biasa dengan pecahan biasa
-
pecahan biasa dengan pecahan campuran
dan sebaliknya
-
pecahan biasa dengan pecahan desimal
dan sebaliknya
-
pecahan biasa dengan pecahan persen
dan sebaliknya
-
perkalian pecahan campuran dengan
persen
o Meurunkan
rumus
o Mengerjakn
latihan 1 s.d 21
o Menjelaskan
langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi
pembagian yaitu pengurangan berulang
sampai habis pada :
-
pecahan biasa dengan pecahan biasa
-
pecahan biasa dengan pecahan campuran
dan sebaliknya
-
pecahan biasa dengan pecahan desimal
dan sebaliknya
-
pecahan biasa dengan pecahan persen
dan sebaliknya
-
perkalian pecahan campuran dengan
persen
o Menjelaskan
latihan pengayaan Hlm. 42
o Mempelajari
cara menjawab contoh Hlm. 46
|
o
Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa
dengan pecahan biasa
o
Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan
campuran dan sebaliknya
o
Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan
desimal dan sebaliknya
o
Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan
persen dan sebaliknya
o
Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan
persen dan sebaliknya
o
Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
Uraian Objektif
|
Latihan
1
Latihan2,3
Latihan
4
Latihan
5
Latihan
6
Latihan
7
Latihan
pengayaan
|
12
jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B
Alat:
-
|
|||
5.4. Menggunakan pecahan dalam
masalah perbandingan dan skala
|
PECAHAN
Pecahan dan perbandingan
o Mengenal
arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan (51)
o Operasi
Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala (54)
|
·
Mempelajari langkah pengerjaan soal
hlm. 51
Ada 3 buah lingkaran putih dari
5 lingkaran ditulis
Ada 2 buah lingkaran putih dari
5 lingkaran ditulis
·
Mengerjakan latihan 1 Hlm. 51 dan
latihan pengayaan
·
Mempelajari perbandingan pada suhu
Reamur(°R) :
Celcius(°C) :
Fahrenheit(°F) = 4
: 5 (+32°)
·
Mengerjakan latihan 2, 3 hlm 55
·
Memahami soal cerita mengenai perbandingan dan skala
Skala =
jarak pada peta : jarak benda
·
Mengerjakan latihan 4 Hlm. 56,
·
Mengerjakan latihan 5 Hlm. 57, dan
latihan 6 Hlm. 58
·
Uji kompetensi Bab 4 Hlm. 61
|
o Mengenal perbandingan sebagian
dari keseluruhan sebagai pecahan
o Menghitung perbanding untuk
mengukur suhu dan skala
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 51
Latihan pengayaan
Latihan2,3
hlm 55
Latihan 4
Hlm. 56,
Latihan 5
Hlm. 57,
Latihan 6
Hlm. 58
Uji kompetensi Bab 4
|
8
jp
|
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B
Alat:
-
|
Standar Kompetensi : 6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan
antar bangun
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||
6.1.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
|
SIFAT-SIFAT BANGUN
Bangun
Datar dan Bangun ruang
o
Bangun datar (Hlm. 64)
|
·
Memahami sifat-sifat segitiga dan menyebutkan macam segitiga :
·
Mempelajari cara mengambar segitiga
·
Mengerjakan latihan 1 s.d 6
·
Menggambar persegi panjang
·
Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar trapesium dan
jajaran genjang
·
Memberikan pertanyaan apakah lingkaran yang kamu buat berbentuk
lingkaran yang sempurna ?
·
Menyebutkan benda-benda apa saja yang berbentuk lingkaran
·
Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar lingkaran
·
Menjawab tugas Hlm. 73
·
Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar belah ketupat dan
layang-layang
·
Mengerjakan kegiatan Hlm. 75
|
o Mengidentifikasi sifat-sifat
bangun segitiga dan persegi panjang
o Menggambar bangun segitiga dan
persegi panjang
o Mengidentifikasi sifat-sifat
bangun trapesium dan jajargenjang
o Menggambar bangun segitiga dan
persegi panjang
o Mengidentifikasi sifat-sifat
lingkaran
o Menggambar lingkaran dengan
jangka
o Mengidentifikasi sifat-sifat
belah ketupat
o Menggambar belah ketupat
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1
hlm. 65
Latihan 2
Hlm. 67
Latihan 3
hlm. 68
Latihan 4
hlm. 68
Latihan 5
Hlm. 71
Tugas
Hlm.
73
Latihan 6
Hlm. 74
Kegitan
Hlm.
75
|
8 jp
|
MATEMATIKA 5B
Alat:
-
Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.
|
||||||
6.2.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
|
SIFAT-SIFAT BANGUN
Bangun
Ruang
(Hlm.
75)
|
·
Memahami sifat-sifat dan cara mengambar Bangun Ruang ;
·
Mengerjakan latihan 11 s.d 12
·
Mengerjakan tugas
·
mengerjakan tugas dari guru latihan 7 hlm. 77, latihan 8 Hlm. 78
dan latihan 9 Hlm. 79
|
o Mengidentifikasi sifat-sifat
bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut
o Menggambar bangun prisma tegak,
Limas, dan Kerucut
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 7
hlm. 77
Latihan 8
hlm. 78
Latihan
9
Latihan 10
hlm. 80
Latihan 11
Latihan 12
|
6 jp
|
MATEMATIKA 5B
Alat:
-Pensil, jangka, penggaris, dan
penghapus
|
||||||
6.3.Menentukan jaring-jaring berbagai bangun
ruang sederhana
|
SIFAT-SIFAT BANGUN
Bangun
Ruang
(Hlm.
75
|
·
Mempelajari cara membuat jaring-jaring bagun ruang sederhana
·
Memahami bahwa
jaring-jaring bagun ruang sederhana bisa dibuat lebih dari satu
·
Mengerjakan tugas Hlm. 85
·
Menugaskan untuk mengerjakan latihan 13
|
o Membuat jaring-jaring bangun
ruang sederhana
|
Tugas
Indvidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
tugas Hlm. 85
latihan 13 hlm. 86
|
6 jp
|
Mtk 5B
Alat:
-Busur derajat, penggarisjangka
|
6.4.Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan
simetri
|
SIFAT-SIFAT BANGUN
Kesebanguan dan Simetri pada bangun Datar
o Menunjukkan kesebangun
antarbangun datar(88)
o Menentukan simetri lipat dan
simetri putar (Hlm. 91)
|
·
Menjelaskan simetri lipat dan cara mencari simetri lipat
·
Menjelaskan contoh soal Hlm. 92
·
Menugaskan mengerjakan latihan 1 s.d 2
·
Menjelaskan simetri putar dan cara mencari simetri lipat
·
Menugaskan untuk menyebutkan bangun yang memiliki simetri lipat
dan putar
|
o Menunjukkan sifat-sifat
kesebangun antarbangun
o Menunjukkan dan menentukan
sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar
|
Tugas
IndVidu
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
|
Latihan 1
Hlm. 90
Latihan 2
Hlm. 92
|
6 jp
|
MTk 5B
Alat: Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar