Rabu, 05 Desember 2012

Silabus Matematika Kls.5 Smt. 2



SILABUS  PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Nama Sekolah                     : SDN Mojojejer 02 Mojowarno Jombang

Mata Pelajaran                  : MATEMATIKA

Kelas/ Semester                  : V / 2

Alokasi Waktu                    :          x 35 menit
Standar Kompetensi          : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk
Contoh
2
3
4
5
6
7
8
9
10
5.1.Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
PECAHAN
Operasi penjumlahan dan pengurangan 
o Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen dan Sebaliknya
o Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal dan sebaliknya
·   Memahami langkah pengubahan pecahan biasa menjadi persen dengan mengubah penyebutnya menjadi 100
     
·   Memahami langkah pengubahan pecahan biasa menjadi pecahan senilai yang memepunyai penyebut 10, 100, atau 1000
·   Memahami cara mengerjakan contoh soal Hlm. 5
o  Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen

o  Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal
Tugas IndVidu


Laporan buku pekerjaan rumah




Latihan 1
Hlm. 3

Latihan 2
Hlm. 3

Latihan 3
Hlm. 4

8 jp
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5B

 
Alat:
-  Buku
5.2.Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan
PECAHAN

Operasi penjumlahan dan pengurangan 
o Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan (Hlm. 4)


o Pemecahan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)
·        Memahami contoh soal hlm 13 s.d hlm 20
·        Mengerjkan latihan 5 s.d 22 dan pengayaan
·        Menjelaskan contoh soal hlm. 13
·        Memahami contoh soal Hlm. 17 yaitu menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut
·        Memahami contoh soal Hlm. 17 yaitu menyamakan penyebut dengan menentukan KPK dari tiga penyebut
·        Mempelajari contoh soal Hlm. 19
·        Mempelajari contoh soal Hlm. 20
 
·        Mempelajari contoh soal yang berkaitan dengan masalah sehari-hari Hlm. 21
·        Mengerjakan latihan pengayaan Hlm. 24
o  Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
o  Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o  Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal serta campuran
o  Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan desimal
o  Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o  Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o  Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
o  Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o  Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama
o  Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal
o  Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah sehari-hari
Tugas IndVidu dan Kelompok


Laporan buku pekerjaan rumah


Latihan 5
Latihan pengayaan Hlm. 24
Latihan 22
Hlm. 23

16 jp
Sumber:
Buku
MATEMATIKA 5B

 

Alat:
-   



si hitung pembagian yang lain ( bilangan nol dan satu
lompokkan,
5.3.Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan

PECAHAN
Operasi Perkalian dan pembagian
o Perkalian Pecahan (26)
o Pembagian pecahan (34)
o  Mempelajari langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi perkalian
-   pecahan biasa dengan pecahan biasa
-   pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
-   pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-   pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-   perkalian pecahan campuran dengan persen
o  Meurunkan rumus
o  Mengerjakn latihan 1 s.d 21
o  Menjelaskan langkah pengerjaan contoh soal soal, yaitu tingkat pengerjaan operasi pembagian  yaitu pengurangan berulang sampai habis pada :
-   pecahan biasa dengan pecahan biasa
-   pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
-   pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-   pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-   perkalian pecahan campuran dengan persen
o  Menjelaskan latihan pengayaan Hlm. 42
o  Mempelajari cara menjawab contoh Hlm. 46
o  Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
o  Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan

Tugas Indvidu








Laporan buku pekerjaan rumah

Uraian Objektif



Latihan 1
Latihan2,3
Latihan 4
Latihan 5
Latihan 6
Latihan 7
Latihan pengayaan

12 jp
Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B



Alat:
-   
5.4.   Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala

PECAHAN

Pecahan dan perbandingan
o Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan (51)
o Operasi Hitung dengan menggunakan Perbandingan dan skala (54)
·        Mempelajari langkah pengerjaan soal hlm. 51


 
Ada 3 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis
Ada 2 buah lingkaran putih dari 5 lingkaran ditulis
·        Mengerjakan latihan 1 Hlm. 51 dan latihan pengayaan
·        Mempelajari perbandingan pada suhu
Reamur(°R) : Celcius(°C) : Fahrenheit(°F) = 4 : 5 (+32°)
·        Mengerjakan latihan 2, 3 hlm 55
·        Memahami  soal cerita mengenai perbandingan dan skala
Skala = jarak pada peta : jarak benda
·        Mengerjakan latihan 4 Hlm. 56,
·        Mengerjakan latihan 5 Hlm. 57, dan latihan 6 Hlm. 58
·        Uji kompetensi Bab 4 Hlm. 61

o  Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan

o  Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala

Tugas IndVidu


Laporan buku pekerjaan rumah
Latihan 1
Hlm. 51
Latihan pengayaan
Latihan2,3
hlm 55
Latihan 4
Hlm. 56,
Latihan 5
Hlm. 57,
Latihan 6
Hlm. 58
Uji kompetensi Bab 4

8 jp

Sumber:
Buku MATEMATIKA 5B



Alat:
-   





Standar Kompetensi   : 6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
6.1.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
SIFAT-SIFAT BANGUN

Bangun Datar dan Bangun ruang

o  Bangun datar (Hlm. 64)
·      Memahami sifat-sifat segitiga dan menyebutkan macam segitiga :
-     segitiga sama sisi
-     segitiga siku-siku
-     segitiga sama kaki
-     segitiga sembarang
·      Mempelajari cara mengambar segitiga
·      Mengerjakan latihan 1 s.d 6
·      Menggambar persegi panjang
·      Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar trapesium dan jajaran genjang
·      Memberikan pertanyaan apakah lingkaran yang kamu buat berbentuk lingkaran yang sempurna ?
·      Menyebutkan benda-benda apa saja yang berbentuk lingkaran
·      Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar lingkaran
·      Menjawab tugas Hlm. 73
·      Mempelajari sifat-sifat dan cara menggambar belah ketupat dan layang-layang
·      Mengerjakan kegiatan Hlm. 75
o  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segitiga dan persegi panjang
o  Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang
o  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun trapesium dan jajargenjang
o  Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang
o  Mengidentifikasi sifat-sifat lingkaran
o  Menggambar lingkaran dengan jangka
o  Mengidentifikasi sifat-sifat belah ketupat
o  Menggambar belah ketupat
Tugas Indvidu

Laporan buku pekerjaan rumah
Latihan 1
hlm. 65
Latihan 2
Hlm. 67
Latihan 3
hlm. 68
Latihan 4
hlm. 68
Latihan 5
Hlm. 71
Tugas
Hlm. 73
Latihan 6
Hlm. 74
Kegitan
Hlm. 75
8 jp
MATEMATIKA 5B



Alat:
-  Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.
6.2.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
SIFAT-SIFAT BANGUN

Bangun Ruang
(Hlm. 75)
·      Memahami sifat-sifat dan cara mengambar  Bangun Ruang ;
·       Tabung
·       Limas segitiga
·       Prisma tegak segiempat
·       Kerucut
·       Limas segiempat

·      Mengerjakan latihan 11 s.d 12
·      Mengerjakan tugas
·      mengerjakan tugas dari guru latihan 7 hlm. 77, latihan 8 Hlm. 78 dan latihan 9 Hlm. 79
o  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut

o  Menggambar bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut
Tugas Indvidu


Laporan buku pekerjaan rumah
Latihan 7
hlm. 77
Latihan 8
hlm. 78
Latihan 9
Latihan 10
hlm. 80
Latihan 11
Latihan 12

6 jp
MATEMATIKA 5B
Alat:
-Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus
6.3.Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
SIFAT-SIFAT BANGUN

Bangun Ruang
(Hlm. 75
·      Mempelajari cara membuat jaring-jaring bagun ruang sederhana
·      Memahami  bahwa jaring-jaring bagun ruang sederhana bisa dibuat lebih dari satu
·      Mengerjakan tugas Hlm. 85
·      Menugaskan untuk mengerjakan latihan 13
o  Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana

Tugas Indvidu



Laporan buku pekerjaan rumah

tugas Hlm. 85

latihan 13 hlm. 86
6 jp
Mtk 5B
Alat:
-Busur derajat, penggarisjangka

6.4.Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
SIFAT-SIFAT BANGUN
Kesebanguan dan Simetri pada bangun Datar
o Menunjukkan kesebangun antarbangun datar(88)
o Menentukan simetri lipat dan simetri putar (Hlm. 91)
·      Menjelaskan simetri lipat dan cara mencari simetri lipat
·      Menjelaskan contoh soal Hlm. 92
·      Menugaskan mengerjakan latihan 1 s.d 2
·      Menjelaskan simetri putar dan cara mencari simetri lipat
·      Menugaskan untuk menyebutkan bangun yang memiliki simetri lipat dan putar
o  Menunjukkan sifat-sifat kesebangun antarbangun

o  Menunjukkan dan menentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar

Tugas IndVidu


Laporan buku pekerjaan rumah
Latihan 1
Hlm. 90

Latihan 2
Hlm. 92


6 jp
MTk 5B
Alat: Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus
v Karakter siswa yang diharapkan :            Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar