RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 2
Alokasi Waktu : X 35
menit
A.
Standar Kompetensi
5. Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan
B.
Kompetensi Dasar
5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang
disampaikan secara lisan
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa dapat menjelaskan cerita tentang
peristiwa dan memberikan komentar/saran
yang logis dengan bahasa yang santun
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
- Tanpa membuka buku, siswa dapat memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
Afektif
a. Pendidikan Karakter
1.
Dengan terlibat secara aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan baik dalam kelompok dan dapat
mengembangkam sikap jujur dan bersemangat dalam melaksanakan tugas
2.
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan
bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b. Keterampilan Sosial
1.
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
·
Peristiwa
yang terjadi di sekolah
F. Model dan Metode Pembelajaran
- Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
- Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ
Untuk
membangkitkan Motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa
yang terjadi di sekolah
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ
Siswa
menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi
di sekolah dengan runtut melalui kegiatan ceramah dan tanya jawab
ÿ Menanggapi. penjelasan nara sumber.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ Siswa memberikan komentar atau saran dengan alasan
yang logis dan bahasa yang santun melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
ÿ memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
|
|
Kegiatan
Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan
keterampilannya yang berkaitan dengan materi
evaluasi dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru mengulang kembali kegiatan yang
telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR
|
H.
PENILAIAN
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Siswa mendengarkan cerita tentang suatu
peristiwa
·
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan
Guru
·
Siswa menanggapi suatu masalah di sekitar
|
Tes
Lisan dan tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Coba jelaskan masalah atau peristiwa yang
terjadi di sekolah dengan runtut
·
Berikan komentar atau saran dengan alasan
yang logis dan bahasa yang santun terhadap peristiwa yang terjadi di sekolah
!
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 / 2
Alokasi Waktu : X
35 menit
A.
Standar Kompetensi
5. Mendengarkan
Memehami cerita tentang suatu peristiwa dan
cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
B.
Kompetensi Dasar
5.1 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh,
tema, latar, amanat)
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa dapat menjelaskan memahami dan
menceritakan kembali isi cerita pendek dengan bahasa sendiri.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Tanpa
membuka buku, siswa dapat menjelaskan
memahami dan menceritakan kembali isi cerita pendek dengan bahasa sendiri.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan
bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan bertanggung
jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b. Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
·
Cerita
pendek anak
F. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran :
Kooperatif tipe STAD
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ
Untuk
membangkitkan Motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa
yang terjadi di sekolah
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ Siswa menentukan latar cerita dengan
mengutip.kalimat atau paragraf yang mendukung melalui kegiatan latihan dan
penugasan.
ÿ Menanggapi. penjelasan nara sumber.
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok
ÿ Siswa menentukan tema cerita melalui
kegiatan latihan dan penugasan
ÿ Siswa menentukan amanat yang terkandung
dalam cerita latihan dan penugasan.
ÿ Siswa menceritakan kembali isi cerita
dengan bahasa sendiri melalui kegiatan ceramah dan penugasan.
ÿ Siswa memberikan komentar atau saran dengan alasan
yang logis dan bahasa yang santun melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
F Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya
yang berkaitan dengan materi evaluasi
dengan meminta siswa menjawab soal yang ada di LKS
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru mengulang kembali kegiatan yang
telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR
|
C.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
·
Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum dan Standar Isi 2006
D.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa dapat mendengarkan pembaca
cerita.
· Siswa dapat bertanya jawab
tentang isi cerita yang di dengar
|
Tes
Lisan dan tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Jelaskan tokoh-tokoh cerita dan
sifat-sifatnya !
· Tentukan latar cerita dengan
mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung !
· Tentukan tema ceritanya !
· Jelaskan amanat atau pesan yang
terkandung dalam cerita !
· Ceritakan kembali isi cerita
dengan bahasa sendiri !
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
A.
Standar Kompetensi
6. Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain
drama
B.
Kompetensi Dasar
6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai
alasan yang mendukung dengan memperhatikan piiihan kata dan santun berbahasa.
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa dapat mengomentari persoalan faktual
disertai alasan yang logis.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
·
Tanpa membuka buku, siswa dapat mengomentari persoalan faktual disertai alasan
yang logis.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan
bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin
dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b. Keterampilan Sosial
1.
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
1. Persoalan faktual
F. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran :
Kooperatif tipe STAD
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ Memberikan motivasi dan
menjelaskan tujuan pembelajaran
ÿ
Untuk
membangkitkan Motivasi belajar, siswa menanggapi cerita tentang peristiwa
yang terjadi di sekolah
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ Siswa menanyakan tentang persoalan yang
dikemukakan teman sesuai dengan topik melalui kegiatan ceramah dan tanya
jawab.
ÿ Siswa memberikan pendapat dan saran
dengan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang dikemukakan teman
melalui ceramah dan tanya jawab.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ Siswa memberikan komentar atau saran dengan alasan
yang logis dan bahasa yang santun melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
ÿ memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
ÿ
Siswa
menyimpulkan pokok-pokok
persoalan yang dikemukakan teman melalui kegiatan diskusi dan latihan.
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
·
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru mengulang kembali kegiatan yang
telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR
|
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
2. Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit
umum dan Standar Isi 2006
E.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa dapat mencermati persoala atau
masalah yang diajukan
· Siswa dapat menanggapi masalah yang di diajukan
|
Tes Lisan dan
tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Coba identifikasi pokok-pokok persoalan yang
dikemukakan teman !
· Tanyakan tentang persoalan yang dikemukakan
teman sesuai dengan topik !
· Coba berikan pendapat san saran dengan
alasan yang logis terhadap persoalan factual yang dikemukakan teman!
· Berilah kesimpulan dari pokok-pokok yang
dikemukakan teman !
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima) / 2
(dua)
Alokasi Waktu : X 35 menit
A.
Standar Kompetensi
6. Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan
dalam diskusi dan bermain drama
B.
Kompetensi Dasar
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi,
penghayatan, dan ekspresi yang tepat.
.
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa dapat memerankan tokoh drama dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Tanpa membuka buku, siswa dapat Siswa dapat memerankan tokoh drama dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan
bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin
dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b. Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
1. Drama pendek
F. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran :
Kooperatif tipe STAD
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ
Untuk
membangkitkan motivasi beiajar, siswa membaca teks drama pendek.
ÿ Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
tentang unit pembelajaran.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ
Siswa
membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas melaiui kegiatan latihan dan demontrasi.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ
Siswa memerankan drama pendek anak-anak
dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai karakter tokoh
melaiui kegiatan ceramah, iatihan, dan demontrasi.
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
ÿ
Siswa
menyimpulkan pokok-pokok
persoalan yang dikemukakan teman melalui kegiatan diskusi dan latihan.
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
·
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan penghargaan
ÿ
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
ÿ Guru mengulang kembali kegiatan yang
telah dilakukan dan menyimpulkan lalu memberi PR
|
H.
Alat/Bahan/Sumber
Beiajar
1. Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit
umum , Naskah drama, dan Standar Isi 2006
I.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Memeran-kan tokoh drama
· Mengung-kapkan pendapat tentang drama
|
Tes
Lisan dan tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Bacalah dialog drama pendek dengan lancar
dan jelas.
·
Perankan drama pendek anak-anak dengan
lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai : karakter tokoh!
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
A.
Standar Kompetensi
7. Membaca
Memahami teks dengan
membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
B.
Kompetensi Dasar
7.1 Membandingkan
isi dua teks yang dibaca dengan membaca
sekilas
C. INDIKATOR
Kognitif
2. Siswa dapat membandingkan isi dua teks
melalui membaca sekilas
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Tanpa membuka buku, siswa dapat Siswa membandingkan isi dua teks melalui
membaca sekilas Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama dengan
baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan bersemangat
dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin
dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b. Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
1. Berbagai teks
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ
Untuk
membangkitkan motivasi beiajar, siswa membaca teks drama pendek.
ÿ Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
tentang unit pembelajaran.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ
Siswa
membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas melaiui kegiatan latihan dan demontrasi.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ
Siswa membandingkan isi kedua teks dengan
teliti
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
ÿ
Siswa
menyimpulkan pokok-pokok
persoalan yang dikemukakan.
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
·
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan
penghargaan
·
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
·
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu
memberi PR
|
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit
umum , Berbagai buku pengetahuan dan sastra, dan Standar isi 2006.
C.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Membaca dua bacaan
·
Mencatat persamaan dan perbedaan dari kedua
bacaan
|
Tes
Lisan dan tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Bacalah dua teks yang bertema sama!
·
Jelaskan garis besar isi teks yang kamu
baca !
Bandingkan isi antar teks dengan memberikan alasannya ! |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu : X 35 menit
A.
Standar Kompetensi
7. Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas,
membaca memindai, dan membaca cerita anak
B.
Kompetensi Dasar
7.2 Menemu-kan informasi secara cepat dari berbagai
teks khusus (buku petunjuk
telepon, jadwal perjalanan daftar acara, menu dll
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa
dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat serta menjelaskannya dengan
tepat.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1.
Tanpa membuka buku, siswa dapat menemukan informasi secara cepat dan tepat serta menjelaskannya dengan tepat
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan
bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin
dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b. Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Jadwal perjalanan, sarana transportasi, susunan acara, kamus, buku petunjuk
telefon, ensklopedia
F. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran :
Kooperatif tipe STAD
2.
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ
Untuk
membangkitkan motivasi beiajar, siswa membaca teks drama pendek.
ÿ Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
tentang unit pembelajaran.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ
Siswa
membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas melaiui kegiatan latihan dan demontrasi.
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ
Siswa membandingkan isi kedua teks dengan
teliti
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
ÿ
Siswa
menyimpulkan pokok-pokok
persoalan yang dikemukakan.
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
·
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan
penghargaan
·
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
·
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu
memberi PR
|
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Teks Cerita, Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , serta Standar isi 2006.
I. Penilalan
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Membaca
jadwal siaran lelevisi
·
Menjawab pertanyaan
· Menjelas-kan
jadwal dalam bentuk kalimat
|
Tes
Lisan dan tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Coba temukan secara cepat dan tepat
informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman
·
Jelaskan jadwal perjalanan kereta api dalam
bentuk uraian atau narasi !
·
Tuliskan jadwal perjalanan kereta api dari
bentuk narasi ke dalam bentuk bagan !
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 7
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
A.
Standar Kompetensi
7. Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas,
membaca memindai, dan membaca cerita anak
B.
Kompetensi Dasar
7.2 Menemu-kan
informasi secara cepat dari
berbagai teks khusus (buku
petunjuk telepon, jadwal perjalanan
daftar acara, menu dll
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa
dapat menjawab peratanyan
2. Siswa
dapat menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
2.
Tanpa membuka buku, siswa dapat menjawab peratanyan
3.
Tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan jadwal dalam bentuk kalimat
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan
bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin
dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b. Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Daftar
susunan acara
F. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran : Kooperatif
tipe STAD
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ Siswa dan guru berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
ÿ
Untuk
membangkitkan motivasi belajar, siswa mernbaca berbagai teks khusus.
ÿ Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
tentang unit pembelajaran.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ
Siswa dapat menjelaskan jadwal dalam bentuk
kalimat
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ
Siswa membandingkan isi kedua teks dengan
teliti
Membantu kelompok bekerja dan belajar
ÿ Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
ÿ
Siswa
menyimpulkan pokok-pokok
persoalan yang dikemukakan.
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
·
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan
penghargaan
·
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
·
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu
memberi PR
|
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Teks Cerita, Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Teks cerita dan Standar isi
2006.
I. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Membaca
jadwal siaran lelevisi
·
Menjawab pertanyaan
· Menjelaskan
jadwal dalam bentuk kalimat
|
Tes
Lisan dan tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Coba identifikasi isi cerita anak
!
· Jelaskan isi cerita anak di atas
!
· Buatlah kesimpulan dari isi
cerita anak !
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / 2
Alokasi Waktu : X
35 menit
A.
Standar Kompetensi
7. Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas,
membaca memindai, dan membaca cerita anak
B.
Kompetensi Dasar
7.3 Menyim-pulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa dapat mendengarkan cerita dan bertanya
jawab dgn baik.
2. Siswa dapat menuliskan kesimpulan
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1.
Tanpa membuka buku, siswa dapat mendengarkan cerita dan bertanya jawab dgn baik
2.
Tanpa membuka buku, siswa dapat menuliskan kesimpulan
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan
bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin
dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b. Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Cerita anak
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib
naslonal secara bersama-sama.
ÿ
Untuk
membangkitkan motivasi belajar, siswa mernbaca berbagai teks cerita anak.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ
Siswa
rnengidentifikasi isi cerita anak melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
ÿ
Siswa
menyimpulkan isi cerita anak
melalui kegiatan ceramah dan penugasan
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok
ÿ Guru
menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan
membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secaara efisien
Membimbing kelompok bekerja dan
belajar
ÿ Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
ÿ Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi
belajar
ÿ
Siswa
menyimpulkan pokok-pokok
persoalan yang dikemukakan.
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
·
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan
penghargaan
·
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
·
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan lalu
memberi PR
|
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
1.
Teks
Cerita, Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Teks cerita dan
Standar isi 2006.
I. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Membaca cerita
·
Menjawab pertanyaan
· Menuliskan
kesimpulan isi cerita
|
Tes
Lisan dan tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Tuliskan
kesimpulan isi cerita!
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
A.
Standar Kompetensi
8. Menulis
Mengungkapkan
pikiran , perasaan, informasi, dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan,
laporan, dan puisi bebas.
B.
Kompetensi Dasar
8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri
dengan memperhatikan penggunaan ejaan
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa dapat meringkas isi buku dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Tanpa membuka buku, siswa dapat meringkas isi buku dengan memperhatikan
penggunaan ejaan
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan
bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin
dan bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b. Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Buku pengetahuan
dan cerita.
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa serta dilanjutkan dengan menyanyikan salah satu lagu wajib
naslonal secara bersama-sama.
ÿ
Untuk
membangkitkan motivasi belajar, siswa membaca berbagai buku pengetahuan dan
cerita-cerita anak.
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
·
Siswa
rnengidentifikasi isi cerita anak melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
·
Siswa
menyimpulkan isi cerita anak melalui kegiatan ceramah dan penugasan
Mengorganisasikan
siswa dalam kelompok
ÿ Guru
menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan
membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secaara efisien
Membimbing
kelompok bekerja dan belajar
·
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada
saat mereka mengerjakan tugas
·
Memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
·
Memfasilitasi
siswa berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
·
Siswa
menyimpulkan pokok-pokok
persoalan yang dikemukakan.
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
·
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan
penghargaan
·
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
·
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Teks Cerita, Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , serta Standar Isi 2006.
I. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Memahami langkah-langkah dalam
kegiatar meringkas
· Membaca saksama bacaan yang akan
diringkas
·
Meringkas
bacaan atau buku
|
Tes
Lisan dan tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Tulislah pokok-pokok dari isi
buku !
· Tulislah ringkasan buku dalam
beberapa kalimat!
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
A.
Standar Kompetensi
8. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.
B.
Kompetensi Dasar
8.2 Menulis
laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan
memperhatikan penggunaan ejaan.
C. INDIKATOR
Kognitif
1. Siswa dapat menulis laporan pengamatan
atau kunjungan dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Tanpa membuka buku, siswa dapat menulis laporan pengamatan atau kunjungan
dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan
bersemangat dalam melaksanakan tugas
Dalam kegiatan diskusi, siswa dapat berdisiplin dan
bertanggung jawab dalam kerja kelompok, sesuai dengan norma yang berlaku.
b. Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Sistematika
penyusunan laporan.
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ
Untuk
membangkitkan motivasi belajar, siswa menyiapkan rancangan laporan
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Mempresentasikan Informasi
ÿ Siswa rnengidentifikasi isi cerita anak
melalui kegiatan tanya jawab dan latihan.
ÿ Siswa menyimpulkan isi cerita anak
melalui kegiatan ceramah dan penugasan
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ Guru
menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan
membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secaara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
ÿ Siswa memperbaiki tulisan berdasarkan
masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik melalui kegiatan tanya
jawab, diskusi dan penugasan.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
ÿ Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
ÿ Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan.
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
·
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan
penghargaan
·
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
·
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Buku Bina Bahasa
Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , dan Standar Isi 2006.
I. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Menyusun laporan peristiwa
·
Menyampaikan laporan secara lisan
· Memperbaiki tulisan laporan
|
Tes
Lisan dan tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Tulislah laporan berdasarkan tahapan (dari
catatan ke konsep awal/buram awal) !
·
Coba perbaiki tuiisan berdasarkan masukan
dari teman atau guru menjadi laporan yang baik
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Mojojejer II Mojowarno Jombang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Pertemuan Ke : 10
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
A.
Standar Kompetensi
8. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan dan puisi bebas.
B.
Kompetensi Dasar
8.3
Menulis puisi bebas dengan
pilihan kata yang tepat.
C. INDIKATOR
Kognitif
1.
Siswa dapat
menulis laporan pengamatan atau kunjungan dengan memperhatikan penggunaan
ejaan.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Menghargai pendapat teman
dan bersemangat dalam melaksanakan tugas bersikap jujur dan disiplin dalam
melaksanakan kegiatan
b. Keterampilan Sosial
Melaksanakan
presentasi, bertanya, dan berpendapat dalam diskusi kelas tentang organisasi.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif
1. Tanpa membuka buku, siswa dapat menulis laporan pengamatan atau kunjungan
dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
Afektif
a. Pendidikan Karakter
Dengan
terlibat secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat melakukan kerjasama
dengan baik dalam kelompok dan dapat mengembangkam sikap jujur dan
bersemangat dalam melaksanakan tugas
b. Keterampilan Sosial
Dengan terlibat aktif dalam
pembelajaran, siswa dapat melakukan komunikasi dengan benar dan santun yang
meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat tentang organisasi
E. Materi Ajar
Puisi.
F. Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pembelajaran : Kooperatif tipe STAD
2. Metode Pembelajaran :
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan
G. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama dan kedua
Kegiatan
Awal ( menit)
|
|
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ÿ
Siswa
berdo'a dan selanjutnya guru mengadakan apersepsi dengan cara mengabsen
kehadiran siswa
ÿ
Untuk
membangkitkan motivasi belajar, siswa diajak menyanyi
|
|
Kegiatan Inti ( menit)
|
|
2.
3.
4.
|
Menyajikan Informasi
ÿ Guru
menyajikan informasi kepada siswa tentang puisi
ÿ Siswa rnengidentifikasi isi puisi melalui kegiatan tanya jawab dan
latihan.
ÿ Siswa menyimpulkan isi puisi melalui kegiatan ceramah dan
penugasan
Mengorganisasikan siswa dalam
kelompok
ÿ Guru
menjelaskan kepada siswa bagaimana cara membentuk kelompok belajar dan
membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secaara efisien
ÿ Siswa menulis laporan berdasarkan
tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal) melalui kegiatan tanya
jawab, latihan dan diskusi.
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
ÿ Guru
membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas
ÿ Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
ÿ Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
ÿ Siswa menyimpulkan pokok-pokok persoalan yang dikemukakan.
|
|
Kegiatan Akhir ( menit )
|
5.
6.
|
Evaluasi
·
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya yang berkaitan dengan materi evaluasi dengan meminta siswa
menjawab soal yang ada di LKS
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Memberikan
penghargaan
·
Memberikan
penghargaan terhadap kelompok yang aktif / kinerjanya baik
·
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 5 B Penerbit umum , Naskah puisi,dan
Standar Isi; 2006.
I. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Membaca contoh puisi
· Menulis
puisi
|
Tes
Lisan dan tertulis
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Tentukan gagasan pokok berdasarkan
pengalaman !
·
Tulislah puisi berdasarkan gagasan pokok
dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar