SILABUS PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Nama Sekolah : SDN
MOJOJEJER 02 MOJOWARNO JOMBANG
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : V / 2
Standar
Kompetensi : 5. Memahami hubungan
antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
|||||||||||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||||||||||||||||
5.1
MMendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi
melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
|
Energi dan
Perubahannya
A. Gaya magnet (Hlm.102)
B. Gaya gravitasi (Hlm.114)
C. Gaya gesekan (Hlm.116)
|
o
Memahami
peta konsep tentang gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya gesekan
o
Memahami
istilah magnet
o
Melakukan
kegiatan 5.1 s.d 5.12
o
Mengerjakan
tugas 5.1 s.d 5.2
o
Menyebutkan
beberapa kegunaan dari magnet
o
Memahami
cara pembutan magnet dengan cara :
o
Memahami
gerak jatuh berbagai benda akibat pegaruh gaya gravitasi
o
Memahami
apa yang terjadi jika tidak ada gaya gravitasi
-
Segala
benda di Bumi menjadi kacau
-
Setiap
benda tidak lagi memiliki berat
-
Benda
akan bertubrukan dan terlempar dari permukaan Bumi
o
Memahami
bahwa ada gaya lain selain gaya gravitasi yaitru gaya gesek yang mempengaruhi
gerak benda.
o
Memahami
definisi gaya gesek yaitu hambatan yang terjadi ketika dua permukan saling
bersentuhan,.
o
Menyebutkan
kegunaan dari gaya gesek
-
Membantu
benda bergerak tanpa tergelincir
-
Untuk
menghentikan benda yang sedang bergerak
-
Menahan
benda-benda agar tidak bergeser.
o
Menyebutkan
benda yang dapat memperbesar gaya gesekan :
o
Menyebutkan
kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek
-
Menghambat
gesekan - Memboroskan energi
-
Mengikis
permukaan yang bergesekan
o
Mampu
mengatasi kerugian akibat gaya gesekan
-
Memasang
roda -
Memasang bantalan peluru
-
Menghaluskan
permukaan benda
-
Menghambat
gerakan
-
Mengikis
permukaan yang bergesekan
-
Memboroskan
energi untuk mengatsi gaya gesekan
|
o Mengelompokkan benda-benda
yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
o Menunjukkan kekuatan gaya
magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
o Memberi contoh penggunaan
gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
o Membuat magnet.
o Menyimpulkan bahwa gaya
gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
o Memprediksi seandainya tidak
ada gaya gravitasi di bumi.
o Membandingkan gerak benda
pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).
o Menjelaskan berbagai cara
memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.
o Menjelaskan manfaat dan
kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
Kegiatan 5.1
Hlm.102
Tugas 5.1
Hlm.104
Kegiatan 5.2
Hlm.104
Kegiatan 5.3
Hlm.105
Kegiatan 5.4
Hlm.106
Kegiatan 5.5
Hlm.107
Kegiatan 5.6
Hlm.108
Kegiatan 5.7
Hlm.109
Tugas 5.2
Hlm.111
Kegiatan 5.8
Hlm.112
Kegiatan 5.9
Hlm.112
Kegiatan 5.10
Hlm.113
Tugas 5.3
Hlm.114
Kegiatan 5.11
Hlm.115
Kegiatan 5.12
Hlm.116
|
|
SAINS V
Alat:
Magnet, peniti, paku payung, klip kertas,
kertas, karet saputangan, penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil,
selembar karton, mika, kardus, pensil, benang tipis, penggaris
Peniti, paku payung, klip kertas, saputangan,
kertas, karet penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, kelereng.
|
|||||||||||||||||
5.2
Menjelaskan
pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
|
Energi dan
Perubahannya
A. Pesawat sederhana (Hlm.120)
B. Jenis-jenis pesawat sederhana (Hlm.120)
|
o
Memahami
peta konsep tentang pesawat sederhana
o
Melakukan
kegiatan 5.13 s.d 5.16
o
Memahami
tujuan penggunaan pesawat sederhana
-
melipatgandakan
gaya atau kemampuan kita
-
mengubah
arah gaya yang kita lakukan
-
menempujh
jarak yang lebih jauh atau memperbesar kecepatan
o
Menyebutkan
jenis pesawat sederhana
o
Memahami
pengertian
o
Memahami
tuas gologan pertama, kedua, ketiga dan memberikan contohnya
o
Menyebutkan
keuntungan menggunak pesawat sederhana
o
Menyebutkan
bidang miring
o
Menyebutkan
jenis katrol
o
Menyebutkan
penggunaan katrol dan roda
|
o Mengidentifikasi berbagai
jenis pesawat sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan roda.
o Menggolongkan berbagai alat
rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.
o Mengidentifikasi kegiatan
yang menggunakan pesawat sederhana.
o Mendemonstrasikan cara
menggunakan pesawat sederhana.
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
Kegiatan 5.13
Hlm.121
Kegiatan 5.14
Hlm.122
Kegiatan 5.15
Hlm.123
Tugas 5.4
Hlm.124
Kegiatan 5.16
Hlm.126
Tugas 5.5
Hlm.129
Uji Kompetensi
Hlm.131
|
|
SAINS V
Alat:
- Kaleng cat yang
tertutup, obeng pipih, sendok.
- Dua buah sawo
mentah, alat pemecah buah, sapu lidi dengan gagang kayu
-
Meja, sebilah papan 1mx10cm, mobil mainan, karet
gelang, 10 buah kelereng.
|
Standar Kompetensi : 6. Menerapkan sifat-sifat cahaya
melalui kegiatan membuat suatu karya/model
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
|||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||||
6.1Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya
|
Cahaya Dan Sifat-Sifatnya
A. Sifat cahaya (Hlm.141)
B. Antara cahaya dan penglihatan saling
berhubungan. (Hlm.150)
|
o
Memahami
peta konsep tentang cahaya
o
Melakukan
kegiatan 6.1 s.d 6.9
o
Menyebutkan
sifat cahaya :
-
cahaya
merambat lurus -
cahaya menembus benda
bening
-
cahaya
dapat dipantulkan. - cahaya dapat dibiaskan
-
cahaya
putih terdiri dari berbagai warna
o
Memahami
sifat cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
o
Memahami
bayangan yang terjadi pada cermin datar, cermin cekung, cermin cembung.
o
Memahami
istilah dari pemantulkan teratur, bayangan semu, bayangan nyata, pembiasan,
medium, garis normal, spektrum.
o
Menyebutkan
contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
o
Memahami
bahwa benda terlihat oleh mata karena benda memantulkan cahaya
o
Memahami
bahwa mata tidak dapat melihat benda yang sangat kecil.
o
Mengetahui
cara menjaga mata agar tidak rusak
-
Membaca
di tempat terang
-
Tidak
memandang langsung sumber cahaya yang menyilaukan.
o
Mengetahui
cacat mata
o
Menyebutkan
alat-alat optik yang lain
|
o Mendemonstrasikan sifat
cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).
o Mendeskripsikan sifat-sifat
cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung).
o Menunjukkan contoh peristiwa
pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.
o Menunjukkan bukti bahwa
cahaya putih terdiri dari berbagai warna.
o Memberikan contoh peristiwa
penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
Kegiatan 6.1
Hlm.142
Kegiatan 6.2
Hlm.143
Kegiatan 6.3
Hlm.144
Kegiatan 6.4
Hlm.144
Kegiatan 6.5
Hlm.145
Kegiatan 6.6
Hlm.146
Kegiatan 6.7
Hlm.147
Kegiatan 6.8
Hlm.147
Kegiatan 6.9
Hlm.149
|
|
SAINS V
Alat:
SAINS V
Alat:
- Plastik, rantang,
panci besar, air, garam bongkahan es
- Kertas karton,
pelubang kertas, kotak air sendok
kecil, kertas koran.
- Bohlam, obeng,
olastik, karet
- , kertas kalkir,
paku, palu besi
- Kertas karton putih,
gelas bening,berwarna gelap, senter
- pasta gigi, potongan
kertas warna, karton, gunting, lem, dan penggaris,
-
Kartonputih, benang kelos dua utas, cat air merah,
jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu, gunting, penggaris,
kuas, jangka.
|
|||||
6.2 Membuat
suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan
menerapkan sifat-sifat cahaya.
|
Cahaya Dan Sifat-Sifatnya
C. Karya berteknologi sederhana (hlm.155)
Cahaya Dan Sifat-Sifatnya
C. Karya berteknologi sederhana
|
o
Membuat
kaca pembesar dari air (hlm.155)
o
Membuat
kaca pembesar dari bohlam (hlm.155)
o
Membuat
kamera lubang jarum (hlm.156)
o
Membuat
spektrum cahaya (hlm.157)
o
Membuat
kaleidoskop (hlm.157)
o
Membuat
cakram warna (hlm.158)
o
Membuat
periskop (hlm.159)
|
o Menentukan model yang akan
dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misal periskop, atau lensa
sederhana.
o Memilih dan menentukan
berbagai alat/bahan yang sesuai.
o Menggunakan bahan/benda yang
sesuai.
o Membuat karya/model yang
sesuai dengan rancangan.
o Menguji cara kerja model yang
dibuat.
o Memodifikasi hasil rancangan
untuk menghasilkan karya/model yang terbaik.
o Menerapkan prinsip
keselamatan kerja.
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
Membuat kaca pembesar
dari
-
Air
-
Bohlam
Membuat kamera lubang
jarum
Membuat spektrum cahaya
Membuat cakram warna
Membuat periskop
|
|
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan yang terjadi di
alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
||||||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||||||||
7.1 Mendeskripsikan proses pembentukan tanah
karena pelapukan
|
Bumi dan Alam Semesta
A. Proses pembentukan tanah. (Hlm.171
|
o
Memahami
apa itu pelapukan
o
Mengetahui
jenis pelapukan dan memahami prosesnya
-
Pelapukan
fisika · Pelapukan kimia · Pelapukan biologi
o
Menyebutka
jenis tanah berdasarkan komposisi penyusunnya
· Tanah berpasir
· Tanah berhumus
· Tanah liat · Tanah berkapur
|
o Menjelaskan proses
pembentukan tanah karena pelapukan.
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
|
||||||||||||
Mengidentifikasi
jenis-jenis tanah
|
Bumi dan Alam Semesta
B.
Proses
pembentukan tanah. (Hlm.171)
|
o
Mengetahui
jenis batuan berdasarkan cara pembentukkannya
o
Memahami
pembentukan batuan beku dan mengetahui contohnya
o
Memahami
pembentukan batuan sedimen dan mengetahui contohnya :
o
Memahami
pembentukan batuan metamorf dan mengetahui contohnya :
|
o Mengidentifikasi komposisi
dan jenis-jenis tanah, misalnya : berpasir, tanah liat, humus.
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
|
||||||||||||
7.2 Mendeskripsikan struktur bumi
|
Bumi dan Alam Semesta
A.
Mengenal
Struktur Bumi. (Hlm.170)
|
o
Memahami
peta konsep bumi
o
Mengetahui
lapisan-lapisan pada bumi
-
Lapisan
Atmosfer
- Lapisan
Kerak Bumi
-
Lapisan
Mantel Bumi - Lapisan
Inti Bumi Luar
-
Lapisan
Inti Bumi Dalam
o
Memahami
fungsi dari lapisan atmosfer
o
Mengetahui
bahwa lapisan atmosfer tersusun dari lapisan
-
Lapisan
Troposfer - Lapisan
Stratosfer
-
Lapisan
Mesosfer - Lapisan
Termosfer
o
Mengetahui
unsur pembentukan
-
Lapisan
Mantel bumi terbentuk dari mineral
silikat
-
Lapisan
Inti bumi luar terbentuk dari besi, nikel dan zat lain.
-
Lapisan
inti bumi terbentuk dari besi dan nikel padat.
|
o Menggambarkan secara
sederhana lapisan-lapisan bumi (lapisan inti, lapisan luar dan kerak).
*)
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
|
||||||||||||
7.3 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan
manusiaygdapat mempengaruhi-nya
|
Bumi dan Alam Semesta
B. Daur Air. (Hlm.178)
|
o
Memahami
peta konsep tentang air
o
Menyebutkan
kegunaan air
-
Minuman -
Pembersih -
Sarana olahraga
o
Memahami
daur air
o
Mengambar
skema daur air
|
o Menjelaskan pentingnya air.
o Menggambarkan proses daur air
dengan menggunakan diagram atau gambar.
|
Tugas Individu
|
Uraian Objektif
|
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
|
||||||||||||
7.4 Mendeskripsikan perlunya penghematan air
|
Bumi dan Alam Semesta
C. Daur Air. (Hlm.178)
|
o
Memahami
peta konsep tentang air
o
Memahami
kegiatan manusia terhadap daur air
o
Menyebutkan
kerusakan akibat kegiatan manusia
-
hujan
asam - air
limbah
o
Memahami
bahwa air tidak akan habis karena adanya daur air
o
Memahami
bahwa persediaan air bersih semakin
berkurang.
o
Menyebutkan
cara menghemat air. (Hlm.182)
|
o Mengidentifikasi kegiatan
manusia yang dapat mempengaruhi daur air.
o Melakukan pembiasaan cara
menghemat air.
|
|
Uraian Objektif
|
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
|
||||||||||||
7.5 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi
di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan
|
Bumi dan Alam Semesta
C. Peristiwa Alam di
Indonesia
D. Sumber daya Alam yg
tdk dapat diperbaharui dan yg dapat diperbaharui.
|
o
ahami
bahwa peritiwa alam ada yang dapat di cegah dan ada yang tidak dapat dicegah
o
Menyebutkan
aktivitas alam
-
Gempa
bumi -
Tsunami - Gunung
meletus
-
Banjir - Tanah
longsor -
Topan badai
o
Menyebutkan
cara mencegah banjir dan menghemat sumber daya alam
o
Menyebutkan
sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan yang dapat diperbarui
|
Membuat suatu laporan berdasarkan hasil pengamatan
atau pengalaman pribadi atau laporan surat kabar/media lainnya tentang
peristiwa alam misalnya banjir, gempa bumi, gunung meletus.
o Menjelaskan dampak dari
peristiwa alam terhadap kehidupan manusia, hewan dan lingkungan.
|
|
Uraian Objektif
|
Tugas 7.1
Hlm.185
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
|
||||||||||||
7.6 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia
yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
|
Bumi dan Alam Semesta
E. Cara menggunakan sumber daya alam. (Hlm.189)
|
o
Memahami
cara menggunakan sumber daya alam
-
Tumbuhan
dan hewan dipelihara dan
dikembangbiakan
-
Waduk
untuk pengairan dan tambak untuk perikanan
-
Bahan
tambang dibuat tempat penambangan
o
Memahami
apa yang harus dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian sumber daya alam.
-
Menghemat
penggunaan air dan listrik
-
Membuang
sampah pada tempat sampah
-
Menanami
lingkungan dengan tumbuhan
|
o Mengidentifikasi kegiatan
manusia yang dapat mempengaruhi permukaan bumi.
|
|
|
|
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:
|
||||||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar