Rabu, 05 Desember 2012

Silabus IPA Kls. 5 Smt. 2


SILABUS  PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Nama Sekolah                 : SDN MOJOJEJER 02 MOJOWARNO JOMBANG

Mata Pelajaran                  : IPA

Kelas/ Semester                 : V / 2

Standar Kompetensi         : 5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1                                                                                                                MMendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)


Energi dan Perubahannya

A.   Gaya magnet (Hlm.102)

B.   Gaya gravitasi (Hlm.114)

C.   Gaya gesekan (Hlm.116)
o  Memahami peta konsep tentang gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya gesekan
o  Memahami istilah magnet
o  Melakukan kegiatan 5.1 s.d 5.12
o  Mengerjakan tugas 5.1 s.d 5.2
o  Menyebutkan beberapa kegunaan dari magnet
·Kompas
·      Pengunci kotak pensil
·   Dinamo
·      Alat pengangkut benda dari besi
o  Memahami cara pembutan magnet dengan cara :
·      Induksi
·   Gosokan
·   Aliran listrik
o  Memahami gerak jatuh berbagai benda akibat pegaruh gaya gravitasi
o  Memahami apa yang terjadi jika tidak ada gaya gravitasi
-   Segala benda di Bumi menjadi kacau
-   Setiap benda tidak lagi memiliki berat
-   Benda akan bertubrukan dan terlempar dari permukaan Bumi
o  Memahami bahwa ada gaya lain selain gaya gravitasi yaitru gaya gesek yang mempengaruhi gerak benda.
o  Memahami definisi gaya gesek yaitu hambatan yang terjadi ketika dua permukan saling bersentuhan,.
o  Menyebutkan kegunaan dari gaya gesek
-   Membantu benda bergerak tanpa tergelincir
-   Untuk menghentikan benda yang sedang bergerak
-   Menahan benda-benda agar tidak bergeser.
o  Menyebutkan benda yang dapat memperbesar gaya gesekan :
·   Bahan karet
·      Paku-paku atau pul
o  Menyebutkan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek
-   Menghambat gesekan    -  Memboroskan energi
-   Mengikis permukaan yang bergesekan
o  Mampu mengatasi kerugian akibat gaya gesekan
-   Memasang roda           -  Memasang bantalan peluru
-   Menghaluskan permukaan benda
-   Menghambat gerakan
-   Mengikis permukaan yang bergesekan
-   Memboroskan energi untuk mengatsi gaya gesekan
o  Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
o  Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
o  Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
o  Membuat magnet.

o  Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
o  Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi.

o  Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).


o  Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.

o  Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.


Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif


Kegiatan 5.1
Hlm.102
Tugas 5.1
Hlm.104
Kegiatan 5.2
Hlm.104
Kegiatan 5.3
Hlm.105
Kegiatan 5.4
Hlm.106
Kegiatan 5.5
Hlm.107
Kegiatan 5.6
Hlm.108
Kegiatan 5.7
Hlm.109
Tugas 5.2
Hlm.111
Kegiatan 5.8
Hlm.112
Kegiatan 5.9
Hlm.112
Kegiatan 5.10
Hlm.113
Tugas 5.3
Hlm.114
Kegiatan 5.11
Hlm.115
Kegiatan 5.12
Hlm.116







SAINS V
Alat:
Magnet, peniti, paku payung, klip kertas, kertas, karet saputangan, penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, selembar karton, mika, kardus, pensil, benang tipis, penggaris
Peniti, paku payung, klip kertas, saputangan, kertas, karet penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, kelereng.
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat

Energi dan Perubahannya

A.      Pesawat sederhana (Hlm.120)

B.      Jenis-jenis pesawat sederhana (Hlm.120)

o  Memahami peta konsep tentang pesawat sederhana
o  Melakukan kegiatan 5.13 s.d 5.16
o  Memahami tujuan penggunaan pesawat sederhana
-   melipatgandakan gaya atau kemampuan kita
-   mengubah arah gaya yang kita lakukan
-   menempujh jarak yang lebih jauh atau memperbesar kecepatan
o  Menyebutkan jenis pesawat sederhana
·   Tuas (pengukit)
·      Katrol
·   Bidang miring
·      Roda
o  Memahami pengertian
·   Tuas (pengukit)
·      Katrol
·   Bidang miring
·      Roda
o  Memahami tuas gologan pertama, kedua, ketiga dan memberikan contohnya
o  Menyebutkan keuntungan menggunak pesawat sederhana
o  Menyebutkan bidang miring
·   Kapak
·   Obeng
·   Sekrup
·   Pisau
·   Paku ulir
·   Linggis
o  Menyebutkan jenis katrol
Katroltetap
Katrolbebas
Katrolmajemuk
o  Menyebutkan penggunaan katrol dan roda
o  Mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan roda.

o  Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.

o  Mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana.

o  Mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat sederhana.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan

Uraian Objektif
Kegiatan 5.13
Hlm.121
Kegiatan 5.14
Hlm.122

Kegiatan 5.15
Hlm.123
Tugas 5.4
Hlm.124
Kegiatan 5.16
Hlm.126
Tugas 5.5
Hlm.129
Uji Kompetensi
Hlm.131

SAINS V
Alat:
-  Kaleng cat yang tertutup, obeng pipih, sendok.
-  Dua buah sawo mentah, alat pemecah buah, sapu lidi dengan gagang kayu
-  Meja, sebilah papan 1mx10cm, mobil mainan, karet gelang, 10 buah kelereng.
Standar Kompetensi          : 6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya

Cahaya Dan Sifat-Sifatnya

A.      Sifat cahaya (Hlm.141)

B.       Antara cahaya dan penglihatan saling berhubungan. (Hlm.150)
o  Memahami peta konsep tentang cahaya
o  Melakukan kegiatan 6.1 s.d 6.9
o  Menyebutkan sifat cahaya :
-   cahaya merambat lurus        -  cahaya menembus benda bening
-   cahaya dapat dipantulkan.    -  cahaya dapat dibiaskan
-   cahaya putih terdiri dari berbagai warna
o  Memahami sifat cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
o  Memahami bayangan yang terjadi pada cermin datar, cermin cekung, cermin cembung.
o  Memahami istilah dari pemantulkan teratur, bayangan semu, bayangan nyata, pembiasan, medium, garis normal, spektrum.
o  Menyebutkan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.
o  Memahami bahwa benda terlihat oleh mata karena benda memantulkan cahaya
o  Memahami bahwa mata tidak dapat melihat benda yang sangat kecil.
o  Mengetahui cara menjaga mata agar tidak rusak
-   Membaca di tempat terang
-   Tidak memandang langsung sumber cahaya yang menyilaukan.
o  Mengetahui cacat mata
-   Rabun jauh
-   Cacat mata tua
Rabun dekat
o  Menyebutkan alat-alat optik yang lain
·   Kaca pembesar
·   Kamera
·   Mikroskop
·   Teropong
·   Periskop
·   Overhead proyektor
o  Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).

o  Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung).

o  Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.

o  Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna.

o  Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif


Kegiatan 6.1
Hlm.142

Kegiatan 6.2
Hlm.143

Kegiatan 6.3
Hlm.144

Kegiatan 6.4
Hlm.144
Kegiatan 6.5
Hlm.145
Kegiatan 6.6
Hlm.146
Kegiatan 6.7
Hlm.147
Kegiatan 6.8
Hlm.147
Kegiatan 6.9
Hlm.149

SAINS   V
Alat:
SAINS V
Alat:
- Plastik, rantang, panci besar, air, garam bongkahan es
- Kertas karton, pelubang kertas, kotak  air sendok kecil, kertas koran.
- Bohlam, obeng, olastik, karet
- , kertas kalkir, paku, palu besi
- Kertas karton putih, gelas bening,berwarna gelap, senter
- pasta gigi, potongan kertas warna, karton, gunting, lem, dan penggaris,
- Kartonputih, benang kelos dua utas, cat air merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu, gunting, penggaris, kuas, jangka.
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.
Cahaya Dan Sifat-Sifatnya

C.    Karya berteknologi sederhana (hlm.155)
Cahaya Dan Sifat-Sifatnya
C.    Karya berteknologi sederhana
o  Membuat kaca pembesar dari air (hlm.155)

o  Membuat kaca pembesar dari bohlam (hlm.155)

o  Membuat kamera lubang jarum (hlm.156)

o  Membuat spektrum cahaya (hlm.157)

o  Membuat kaleidoskop (hlm.157)
o  Membuat cakram warna (hlm.158)
o  Membuat periskop (hlm.159)
o  Menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misal periskop, atau lensa sederhana.

o  Memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai.


o  Menggunakan bahan/benda yang sesuai.
o  Membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan.
o  Menguji cara kerja model yang dibuat.
o  Memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik.
o  Menerapkan prinsip keselamatan kerja.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan

Uraian Objektif
Membuat kaca pembesar dari
- Air
- Bohlam
Membuat kamera lubang jarum
Membuat spektrum cahaya
Membuat cakram warna
Membuat periskop

Standar Kompetensi          : 7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1  Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan
Bumi dan Alam Semesta

A.   Proses pembentukan tanah. (Hlm.171
o  Memahami apa itu pelapukan
o  Mengetahui jenis pelapukan dan memahami prosesnya
-   Pelapukan fisika    · Pelapukan kimia  ·  Pelapukan biologi
o  Menyebutka jenis tanah berdasarkan komposisi penyusunnya
·    Tanah berpasir               ·    Tanah berhumus
·    Tanah liat                       ·   Tanah berkapur

o  Menjelaskan proses pembentukan tanah karena pelapukan.

Tugas Individu


Uraian Objektif






Sumber:
Buku SAINS SD
 Kelas V

Alat:
Mengidentifikasi jenis-jenis tanah
Bumi dan Alam Semesta

B.   Proses pembentukan tanah. (Hlm.171)

o  Mengetahui jenis batuan berdasarkan cara pembentukkannya
·  Batuan beku
·  Batuan sedimen
·  Batuan metamorf
o  Memahami pembentukan batuan beku dan mengetahui contohnya
Batu apung
Batu obsidian
Batu basal
o  Memahami pembentukan batuan sedimen dan mengetahui contohnya :
-   Konglomerat
-   Batu gamping
-   Batu pasir Batuh serpih
-   Breksi
o  Memahami pembentukan batuan metamorf dan mengetahui contohnya :
Batu pualam
Batu sabak

o  Mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah, misalnya : berpasir, tanah liat, humus.


Tugas Individu


Uraian Objektif





Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V

Alat:


7.2  Mendeskripsikan struktur bumi


Bumi dan Alam Semesta

A.   Mengenal Struktur Bumi. (Hlm.170)



o  Memahami peta konsep bumi
o  Mengetahui lapisan-lapisan pada bumi
- Lapisan Atmosfer                                  -  Lapisan Kerak Bumi
- Lapisan Mantel Bumi                            -  Lapisan Inti Bumi Luar
- Lapisan Inti Bumi Dalam
o  Memahami fungsi dari lapisan atmosfer
o  Mengetahui bahwa lapisan atmosfer tersusun dari lapisan
- Lapisan Troposfer                                  -  Lapisan Stratosfer
- Lapisan Mesosfer                                   -  Lapisan Termosfer
o  Mengetahui unsur pembentukan
- Lapisan Mantel bumi  terbentuk dari mineral silikat
- Lapisan Inti bumi luar terbentuk dari besi, nikel dan zat lain.
- Lapisan inti bumi terbentuk dari besi dan nikel padat.

o  Menggambarkan secara sederhana lapisan-lapisan bumi (lapisan inti, lapisan luar dan kerak). *) 



Tugas Individu

Uraian Objektif




Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V

Alat:

7.3  Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusiaygdapat mempengaruhi-nya
Bumi dan Alam Semesta
B.   Daur Air. (Hlm.178)
o  Memahami peta konsep tentang air
o  Menyebutkan kegunaan air
-   Minuman     -  Pembersih        -  Sarana olahraga
o  Memahami daur air
o  Mengambar skema daur air

o  Menjelaskan pentingnya air.

o  Menggambarkan proses daur air dengan menggunakan diagram atau gambar.


Tugas Individu

Uraian Objektif



Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V
Alat:


7.4  Mendeskripsikan perlunya penghematan air


Bumi dan Alam Semesta
C.   Daur Air. (Hlm.178)
o  Memahami peta konsep tentang air
o  Memahami kegiatan manusia terhadap daur air
o  Menyebutkan kerusakan akibat kegiatan manusia
-   hujan asam                       -  air limbah
o  Memahami bahwa air tidak akan habis karena adanya daur air
o  Memahami bahwa persediaan air  bersih semakin berkurang.
o  Menyebutkan cara menghemat air. (Hlm.182)

o  Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air.


o  Melakukan pembiasaan cara menghemat air.



Uraian Objektif



Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas V

Alat:


7.5  Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan

Bumi dan Alam Semesta
C. Peristiwa Alam di Indonesia      
D. Sumber daya Alam yg tdk dapat diperbaharui dan yg dapat diperbaharui.
o  ahami bahwa peritiwa alam ada yang dapat di cegah dan ada yang tidak dapat dicegah
o  Menyebutkan aktivitas alam
-   Gempa bumi     -  Tsunami               -  Gunung meletus
-   Banjir                -  Tanah longsor      -  Topan badai
o  Menyebutkan cara mencegah banjir dan menghemat sumber daya alam
o  Menyebutkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan yang dapat diperbarui
Membuat suatu laporan berdasarkan hasil pengamatan atau pengalaman pribadi atau laporan surat kabar/media lainnya tentang peristiwa alam misalnya banjir, gempa bumi, gunung meletus.

o  Menjelaskan dampak dari peristiwa alam terhadap kehidupan manusia, hewan dan lingkungan.


Uraian Objektif


Tugas 7.1
Hlm.185


Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V

Alat:
7.6  Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)

Bumi dan Alam Semesta
E. Cara menggunakan sumber daya alam. (Hlm.189)
o  Memahami cara menggunakan sumber daya alam
-   Tumbuhan dan hewan  dipelihara dan dikembangbiakan
-   Waduk untuk pengairan dan tambak untuk perikanan
-   Bahan tambang dibuat tempat penambangan
o  Memahami apa yang harus dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian sumber daya alam.
-   Menghemat penggunaan air dan listrik
-   Membuang sampah pada tempat sampah
-   Menanami lingkungan dengan tumbuhan
o  Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi permukaan bumi.









Sumber:
Buku SAINS SD

Kelas V
Alat:

v Karakter siswa yang diharapkan :            Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar